Istilah-istilah pada lensa Nikon

Pemakai kamera SLR digital Nikon sebagian besar tentunya juga memakai lensa Nikon. Hal ini karena lensa Nikon memiliki kualitas optik yang amat baik dan tentunya banyak pilihan lensa yang tersedia. Dengan semakin berkembangnya teknologi lensa, kini istilah yang biasa dipakai pada lensa Nikon semakin banyak dan terkadang membingungkan untuk sebagian orang.

18-200

Sebagai contoh, bagaimana maksud dari istilah lensa Nikkor AF-S DX 18-200mm 1:3.5-5.6G VR IF ED? Barangkali catatan kecil ini ada gunanya.

  • Nikkor : Nama untuk lensa buatan Nikon.
  • AF-S : Lensa Nikon yang memiliki motor ‘SWM’ sehingga proses auto fokus dilakukan di lensa, bukan pada bodi kamera. Lensa AF-S diyakini lebih cepat dan akurat dalam urusan auto fokus dibanding lensa AF lainnya.
  • DX : Lensa Nikon khusus untuk DSLR Nikon berformat DX (memiliki sensor APS-C). Lensa ini memiliki lingkar gambar lebih kecil dari lensa Nikon lain, sehingga memiliki ukuran yang juga lebih kecil. Apabila lensa ini dipasang pada DSLR Nikon berformat FX seperti Nikon D3, maka akan terjadi vignetting.
  • G : Menyatakan ketiadaan aperture ring pada lensa. Pemilihan nilai aperture hanya bisa dilakukan melalui dial kamera (kamera SLR Nikon lama tidak kompatibel dengan lensa G ini).
  • VR : Vibration Reduction, teknologi stabilizer pada lensa untuk meminimalisir getaran tangan saat memotret pada kecepatan rendah. Dengan memakai lensa VR kemungkinan gambar blur dapat dihindari karena elemen VR akan mengkompensasi getaran, kemampuannya hingga 3-4 stop.
  • IF : Internal Focusing, proses auto fokus terjadi didalam lensa sehingga tidak ada bagian luar lensa yang berputar saat lensa mencari fokus. Ini memungkinkan penambahan filter tertentu pada bagian depan lensa.
  • ED : Extra low Dispersion, elemen lensa khusus yang ditujukan meningkatkan kontras dan ketajaman dengan meniadakan penyimpangan warna saat cahaya memasuki bagian lensa / chromatic aberration.

Jadi, lensa tadi memiliki arti lensa Nikon berformat DX yang memiliki motor fokus pada lensa, memiliki jangkauan zoom terdekat di 18mm, terjauh di 200mm dengan diafragma maksimal pada saat wide di f/3.5, terjauh di f/5.6, memiliki teknologi stabilizer VR, tidak memiliki aperture ring, dilengkapi elemen lensa ED dan sistem mekanisme auto fokusnya secara internal. Karena lensa DX dirancang untuk dipasang di kamera Nikon DSLR bersensor APS-C, maka akan terkena crop factor 1,5x sehingga jangkauan efektifnya setara dengan 27-300mm.

Untuk lensa Nikon lainnya, masih banyak istilah lain yang biasa dipakai. Inilah diantaranya :

  • SIC : Super Integrated Coating, lapisan khusus untuk menghilangkan flare saat lensa terkena cahaya matahari.
  • N : Nano crystal coat, lapisan lensa yang juga dipakai untuk mengurangi flare dan ghosting.
  • Asph : Aspherical lens, lensa khusus untuk mengurangi distorsi dan penyimpangan warna.
  • D : Distance information, untuk memberikan informasi tentang jarak objek ke kamera sehingga membantu kerja sistem Matrix metering dan iTTL flash.
  • DC : Defocus Control, untuk mengubah-ubah variasi bokeh sehingga foto portrait dapt memiliki background yang blurnya sesuai.
  • Micro : Istilah untuk lensa khusus makro.

Itulah beberapa istilah dari lensa Nikon, barangkali ada gunanya bagi anda para pemakai dan calon pemakai kamera SLR Nikon.

About these ads

52 thoughts on “Istilah-istilah pada lensa Nikon

  1. keren
    makasi yah infonya
    gw baru belajar foto grafi nih……
    gw tunggu info yang terbarunya

  2. Mas terimakasih banyak info menarik untuk pemula DSLR.
    Saya punya D60, sedang cari wide angle lens. Karena harganya rata-rata cukup mahal, tipe apa yang paling ekonomis untuk D60?
    Terimakasih.
    Gracia

    Lensa wideangle harganya memang lumayan mahal, sekitar 4 jutaan. Utk D60 bisa pakai Nikon 12-24mm f/4. Utk merk lain yg bagus sebenarnya Tokina 12-24mm tapi tidak bia auto fokus di D60.

  3. untuk D80 yg udah cukup bagus apa tp yg tdk standard jg ? jgn yg mahal mengingat masih belajar.supaya beli ngga 2 kali,mas..

    Maksudnya gimana? lensa Nikon utk D80? Buat gantinya lensa kit 18-135 sih bisa ambil 17-55 f/2.8, atau kalo kemahalan bisa pakai Tamron / Sigma 17-70 f/2.8-f/4.5. Utk wide bisa pakai 12-24 f/4 dan untuk tele bisa pakai 70-300G. Salam..

  4. “Utk wide bisa pakai 12-24 f/4 dan untuk tele bisa pakai 70-300G. Salam..”
    hm..kalo wide 12-24 f/4 pasarannya berapa ya?tau g mas?

    regards

    12-24 DX nikon sekitar 9 juta.

  5. mas, mau nanya keunggulan nikon d 60 itu seperti apa, dan lensa yang pas tu seri berapa?
    satu lagi mas, seandainya d 60 di kombininasikan ama AF-s 18-135 gimana? bagus ga?

    Keunggulan : kecil, mudah, hasil foto bagus
    Lensa 18-135 oke aja, atau saya lbh suka 18-105VR.

    Kalo pake lensa kit, tambah saja dgn 55-200.

  6. mas saya mau tanya nie saya mau beli dslr nie nikon d80+lens 18-135 atau nikon d80+lens nikon 18-105 yang paling bagus dari kedua itu. thanks

  7. Mas Saya jadi beli lensa Nikon D300 sekarang , mgk 3 hari ini barang datang. lensa awal yang saya pesan nikon 18-200mm. saya baca tulisan Mas diatas lensa tersebut tdk cocok utk nikon D300 apa betul Mas. Mumpung barangnya belum datang. Terimakasih banyak Mas. Salam hormat.
    Aboe Basyeban.

    • Apa saya bilang begitu ya? Mestinya 18-200 itu baik-baik saja di D300, bahkan amat cocok bila dilihat secara proporsionalnya. (D300 kamera yg besar, dan 18-200 juga lensa yg besar.)

  8. Mas,kamera saya nikon d40. Saya berencana mau cari lensa yg bisa saya pake utk ambil foto candid & landscape jg (pokoknya multi fungsi deh). Semula saya terpikir u/ ambil yg 18-135mm tp liat penjelasan di atas kayaknya lebih baik 18-105 ya? Ato ada saran lain? Jgn yg mahal2 & rumit ya, saya msh pemula bgt…
    Di penjelasan ke mas Zulhakim “Kalo pake lensa kit, tambah saja dgn 55-200″ maksudnya bgmn ya?
    Makasih…

    • Kalau tidak mau menjual/mengganti lensa kit 18-55, cukup beli satu lagi lensa yaitu 55-200 dan secara teori 90% kebutuhan rentang fokal utk foto sehari-hari sudah bisa anda cover dgn punya dua lensa ini. Bila tidak ingin pakai 2 lensa, solusinya adalah satu lensa zoom yg rentang fokalnya panjang, seperti 18-105 VR, 18-135 atau 18-200 VR. Saran saya kalau ada dana tentu 18-200 VR, namun bila ingin yg baik dan terjangkau bisa ambil18-105 VR.

  9. wah…asoy geboy bgt nie…
    semua informasi ttg slr tersedia disini, namun malang nasibku baru melihat situs ini karena slr sudah terbeli.
    mas, mau nanya donk. aku udah punya nikon d60 kit. dulu aku punya pemikiran untuk beli d60 bodinya aja pisah dengan lensanya. tapi aku pikir mesti beli slr yang standart harus dengan lensa 18-55 dulu baru bisa pake lensa yang lainnya.karena pemula. sory mas alna katrok….dan d60 ku itupun lensana tanpa VR, karena aku pikir semua lensa slr VR, ternyata ga…
    dan malangnya lg penjualnya itupun ga menjelaskan ! kesel aku setelah tau.
    pertanyaannya, apakah beda jauh bgt ya hasil gambar/ foto lensa VR dengan non VR.
    aku juga ada rencana beli lensa tambahan.
    pertanyaan, apakah bisa dipakai lensa 55-200 VR ke lensaku yang 18-55 non VR.
    terimaksih atas jawabannya.

    • “pertanyaan, apakah bisa dipakai lensa 55-200 VR ke lensaku yang 18-55 non VR.”

      Lensa tambahan jangan dibayangkan dipasang didepan lensa kit. Kalo punya lensa 55-200 ya anda harus melepas lensa 18-55 dulu, lalu ganti dengan yg 55-200.

      Ada beberapa penjual yg menjual D60 dengan lensa kit non VR, buat saya semestinya penjual bilang dong ke pembeli yg tidak tahu. Meski dia tidak ada unsur menipu, tapi kasian pembelinya kan? Lebih parah lagi kalau dia kasi lensa non VR tapi harganya harga VR, itu namanya penipuan. Lensa non VR dan VR utk 18-55 bisa terpaut 300 ribu lebih.

      Beda hasil foto sih sama aja, tapi lensa VR bisa utk motret di speed lebih rendah dari non VR. Sistem VR lebih diperlukan di lensa tele spt 55-200, 70-300 dsb.

  10. mas, apa sich artinya 55-200 / 70-300?
    terus mana lebiah baik antara dua lensa tersebut?
    dan mana yang terjangkau jika mempunyai bajet 4jt?
    terimakasih.

    • Ada ratusan produk lensa zoom di pasaran, semua ditandai dgn rentang fokal terdekat dan terjauh spt 18-55, 55-200, 70-300 dsb. Tidak ada yg lebih baik, tergantug perlu yg mana. 4 juta bisa ambil 70-300.

  11. tapi mereknya apa mas? yang 70-300…..
    mas saya ini di bali. harganya yang 55-200 yang merk nikor VR Rp 3.700.000,-
    yang non VR selisih lagi 1juta. jadi Rp 2.700.000,-
    terus gimana solusinya ?
    karena sudah beberapa toko saya datangi harganya memang segitu.
    dimana semestinya saya cari barang biar dapat lensa harga murah.
    terimakasih atas infonya.

    • Sori ternyata harga udah pada naik, 70-300 (AF-S, VR) sekarang diatas 5 juta. Tapi 55-200 tidak semahal itu, di toko online sekitar 3 juta kurang dikit. Kalo mau merk lain yg 70-300 ada Sigma APO sekitar 2.8 jt, tapi tanpa stabilizer di lensa.

  12. mas pertanyaan saya sangat sederhana,
    sebenarnya bagus mana digital camera yg memiliki 24 mm wide angle ato
    25 wide anlge? aku bingung, dan apa sih gunanya ato artinya ini semua? aku belum pernah punya camera dan pingin beli saya bingung antara panasonic tz-6 or 7 ato wamsung wb 500 or 550 ato canon SX200IS apa mas ada saran mungkin pengalaman, terima kasih banyak sebelumnya.
    jawabannya sangat saya harapkan.

    • 24 dan 25 sih sama aja, beda dikiiiiiit banget. Tapi kalo 25 sama 28 agak lumayan banyak bedanya. Semakin wide tentu semakin cocok utk landscape atau arsitektur, tapi akan semakin besar distorsi sehingga tidak cocok utk dipakai potret wajah. Menurut saya sih ukuran kamera saku punya lensa wide 28mm sudah mencukupi kok.

  13. makasih mas, tp maksudnya wide 28mm lebih bagus dr wide 25mm ? ato sebaliknya? barusan saya baca tulisan mas ada kata2 (wide Lumix dengan 25mm mampu lebih wide dari Canon yang 28mm ). Karena saya gaptek banget jadi saya bingung sekali, maklum saya seorang ibu rumah tangga yg kerjanya urusan RT, tolong dimaklumin.
    makasih berat sebelumnya

    • Spesifikasi fokal lensa dibuat sesuai kebutuhan, bukan untuk menunjukkan bagus tidaknya lensa. Ada orang yg perlu lensa wide, ada yg lbh perlu tele. Namun kamera saku umumnya punya wide di 35mm, dan belakangan ini semakin byk yg widenya lebih wide dgn 28mm (ingat kalau 28 itu lebih wide dari 35). Menjadi ibu rumah tangga itu pekerjaan mulia lho..

  14. ooooooooo, mantap jawabannya, saya sangat berterima kasih. sekarang saya tau kalo semakin kecil angkanya berarti semakin wide.. saya akan coba membaca tulisan2 mas diatas buat nambah ilmu.
    sekali lagi terima kasih banyak atas jawabannya.
    salam buat semua pembaca di sini.

  15. Mo nanya mas Gaptek,
    Saya baca dalam tuisan mas soal faktor perkalian 1.5 terhadap ukuran lensa misal 18-200 menjadi 27-300.. Kalo misalnya dua lens digabung gimana cara ngitungnya:
    kondisi:
    1. lensa 18-55 digabung dengan 55-200
    2. lensa 18-135 digabung dengan 70-200
    thx buat kesabarannya dalam menjawab hehe..

    • Tidak ada lensa yg digabung ya, kalo saya bilang gabungan lensa 18-55 dan 55-200 itu artinya kedua lensa tsb dipakai bergantian.

      Jadi lihat saja rentang fokal dari lensa yg anda mau hitung, lalu kalikan dengan crop factor sensor berikut :
      Canon APS-C : 1.6x
      Nikon DX : 1.5x
      Olympus Four Thirds : 2x

  16. Mas, mo nanya lagi ne (boleh ya:p)
    1. Apa yang dimaksud dengan lensa wide-angle?
    2. Darimana kita bisa membedakan sebuah lensa apakah dia wide-angle ato untuk telezoom, makro, dsb.. Apakah ada tips2 untuk membedakan lensa2 tersebut?

    Thx berat

    • Ada banyak sekali sumber informasi yg membahas soal jenis2 lensa, dan dari namanya sudah bisa ditebak kalo lensa wide berarti lensa lebar untuk mendapat kesan luas. untuk membedakan jenis lensa tentu dari fokalnya, dibawah 35mm itu wide dan diatas 100mm itu tele. Tipsnya simpel, kalo ada lensa lihat saja angka yg tertulis di lensa itu (fokalnya).

  17. Mas,
    Numpang nanyak boleh ga?
    Saya punya Nikon D60, untuk kebutuhan sehari-hari kalo mo ganti lensa biar bisa wide lebar kira2 6 meter dan tele kira2 jarak 15-20 meter utk tele pake lensa ukurannya berapa ya mas?
    Mungkin kalo ada penjelasan lensa ukuran a-b mm bisa utk wide sekian dan zoom sekian meter, sangat membantu bagi saya….
    Maklum mas… pingin coba2 belajar SLR

    Terima kasih sebelumnya

  18. Mas, asik juga membaca forum ini
    Aku mau tanya mas. Saat ini aku munya kamera D5000 dan punya 2 lenda yaitu 18-55 dan 70-300. Boleh kasih penjelasn sedikit donk mas untuk kondisi penggunaan 2 kamera tersebut secara spesifik
    Terima kasih

    • Lensa 18-55 utk sehari-hari, dari wide hingga medium tele. 70-300 dipakai kalau perlu tele atau potret wajah/model. Baik 18-55 ataupun 70-300 tidak utk foto low light atau aksi cepat.

Comments are closed.