Rumor DSLR di 2008, boleh percaya, boleh tidak…

Rumor akan munculnya kamera DSLR baru selalu menarik untuk diikuti. Kali ini dunia fotografi digital sedang hangat-hangatnya membahas kemunculan produk baru dari beberapa DSLR ternama. Beberapa dari rumor tersebut memang sudah mendekati kebenaran, meski ada juga yang murni masih prediksi saja. Rasanya dari sekian banyak pilihan kamera DSLR yang ada saat ini masih belum cukup memuaskan banyak kalangan sehingga rumor akan kamera baru begitu menyita perhatian banyak pihak.

Inilah diantara rumor yang hangat beredar :

  1. Menyadari produk DSLR ekonomisnya saat ini, EOS 450D masih berada di kisaran harga lumayan tinggi, Canon tampaknya tak ingin kehilangan pasar kamera DSLR murah-meriah sehingga rumor yang beredar dalam waktu dekat Canon akan meluncurkan EOS 1000D, kamera DSLR yang lebih murah dari EOS 450D, dengan spesifikasi yang hampir sama seperti 450D namun tentunya ada sedikit yang dikurangi. EOS 1000D (Rebel XS) diyakini diposisikan untuk bersaing merebut pasar Nikon D60, Pentax K200D, Olympus E420 dan Sony A200. Meski demikian ada saja pihak yang khawatir kalau Canon justru akan menemui masalah bila terlalu berani untuk bermain di sektor DSLR ekonomis. Update : Canon EOS 1000D resmi diluncurkan.

  2. Bayangkan sebuah kamera DSLR Full Frame dengan harga terjangkau. Bagi para profesional, ukuran sensor APS-C pada kamera DSLR menengah dirasa tidak mencukupi untuk kebutuhannya. Namun tidak semua fotografer profesional mampu membeli kamera DSLR Full Frame berkelas seperti EOS 1Ds mark III atau Nikon D3. Kalau begitu, pilihan paling rasional sampai saat ini adalah satu-satunya DSLR Full Frame dengan harga ‘agak’ terjangkau yaitu Canon EOS 5D. Kamera ini menjadi primadona banyak fotografer profesional meski dalam beberapa aspek masih banyak hal yang bisa disempurnakan. Oleh karena itu rumor akan munculnya generasi kedua dari EOS 5D ini begitu hangat, dengan harapan generasi EOS 5D mark II nanti akan memiliki kinerja lebih baik dengan harga yang masih bersahabat. Untuk menyaingi EOS 5D mark II ini, Nikon dirumorkan akan membuat produk pesaing serupa yaitu Nikon D10 D700 dengan sensor Full Frame / FX namun tidak secanggih dan semahal D3. Update : Nikon D700 resmi diluncurkan, apa kabar 5D mark II? Update lagi : Canon EOS 5D mark II resmi diluncurkan.

  3. Bagi pemakai setia Nikon D80 tentu menyadari bahwa hingga saat ini Nikon belum juga menunjukkan tanda-tanda akan membuat kamera penerus dari D80. Padahal untuk kelas pemula, sebagai pengganti D40 telah tersedia D60. Di kelas profesional, D300 telah menjadi kamera DSLR terbaik di kelas sensor APS-C, menggantikan D200. Kelas semi-pro yang selama ini diisi oleh D80, dengan ciri spesifikasi yang diusungnya cukup lengkap dengan kisaran harga 10 jutaan, saat ini belum ada produk penerusnya. Oleh karena itu banyak pihak mengharapkan Nikon segera meluncurkan produk pengganti D80 yang dirumorkan akan bernama Nikon D90. Update : Nikon D90 resmi diluncurkan, bersamaan waktunya dengan pesaing abadinya, Canon, yang juga meluncurkan EOS 50D sebagai tandingannya.

  4. Di kelas profesional Full-Frame, belum ada yang menyaingi resolusi dari Canon EOS 1 Ds mark III. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pesaing seperti Nikon dan Sony. Nikon dirumorkan akan meluncurkan D3x yang sebenarnya adalah D3 dengan sensor beresolusi 25 MP sementara Sony akan meluncurkan DSLR Full Frame pertamanya dengan resolusi 24 MP yang bernama Alpha A900. Tampaknya D3x dan A900 ini bukan hanya sekedar rumor, namun lebih cenderung akan segera menjadi kenyataan. Update : Sony A900 resmi diluncurkan, apa kabar Nikon D3x? :) Update : Nikon D3x akhirnya diluncurkan juga.

Final update : Berhubung semua rumor DSLR di tahun 2008 ini telah benar-benar menjadi kenyataan, artikel ini resmi ditutup dan tidak diupdate lagi. Saya akan membuat judul baru untuk rumor DSLR baru di tahun mendatang.

About these ads

34 thoughts on “Rumor DSLR di 2008, boleh percaya, boleh tidak…

  1. Mau tanya aja nih saya punya budget 10 jt mau cari kamera DSLR pilihan sih maunya antara EOS 40D atau Nikon tapi gak tau type apa yg udh live view, pengennya sih EOS 50D tp blm launching euy… kalo gak salah sih kisaran 13-15 jt ya…over budget tuh.
    Bagus mana ya Canon sama Nikon??
    Thanks.

    Utk live-view pilihannya EOS 40D. Nikon D80 lebih terjangkau tapi belum ada live-view, sementara D90 dan 50D masih mahal (diatas 12 jt). Pilihan lain, EOS 450D seharga 6 juta, lebihnya beliin lensa yg bagus.

  2. Alow, g dah lama pgn bs pny kamera SLR,tp berhubung uang nya ga ad jd blum kesampean.nah skrg g mw nabung buat beli.qra2 g blh mnt saran ga buat beli cam yg terjankau n setidaknya spek cam nya bgs.g naksir canon 1000d,bgs ga tuh? Dan it brp ya harga nya? Kl ga ad yg mw jual cam second hand jg blh,tp ms bgs ya.berhubung g msh mahasiswa n g blum berpenghasilan jd g cari yg murah2 aj dl.thx yo

    Baca review 1000D disini.

    Kalo soal dana mepet, bisa cari 400D bekas.

  3. hi, mau nanya ni mas, klo buat kamera SLR Fuji bagus gak? seri brp mas recomendnya? klo yang di bawah 4 juta kamera SLR ada gak ya mas? aku lg pingin bli canon S5is, nurut mas Ok gak?
    thx.

    DSLR baru dibawah 4 juta ya nggak ada, tapi coba cari yg second spt EOS 400D atau Nikon D40. Canon S5 IS oke aja untuk ukuran prosumer.

  4. salam,
    maaf mas sebelumnya saya mohon maaf mas
    mau nanya nih kelemahan dan kekurangan canon eos 1000D apa saja mas soalnya rencana mau beli sih.
    maaf mas ya masih newbie jadi pertanyaannya katrok banged
    thx and mohon bimibingannya
    -=faisal=-

    Sudah banyak dibahas kok.
    Plus : murah, hasil foto baik, mudah dipakai, ada live-view
    Minus : tanpa spot metering

    Pertimbangkan juga : Nikon D60, Sony A200, Olympus E420, Pentak K-m

  5. ada isyu D3x ga bro? rumor akhir tahun ini brojol..valid ga tuh? kisaran USD 5800, firmware 6048×4032.. 24.4 MP coyyyy… gw nikoners hahaha udah sebel ama canon udah 20MP+

    Udah coba D90? apa colors sebaik D300? plz review nya bro..

    -han-

  6. owm saya mau diberi petunjuk… saya mau beli dslr tapi cuman sekali seumur hidup dengan dana yang sangat pas2an bwanget dan yang saya taksir dari nikon D60 clo dari canon 400D, 1000D dan saya tertarik dengan 1000D karena fitur2 yg dimiliki sama dgn EOS profesional dan harganya sangat terjangkau untuk orang seperti saya. trus gimana donk dengan 400D saya pernah baca artikel, katanya bisa di upgrate menjadi kamera profesional. trus D60 mirip dengan 400D. bingung bwanget nih owm… tolong saya di bantu untuk memutuskan satu pilihan yang membuat saya tidak menyesal seumur hidup…

    Soal 400D yg bisa diupgrade, saya belum tahu.

    Pilihan memiliki kamera adalah untuk kesenangan (pleasure/fun) atau untuk mencari uang, dan bukan untuk investasi, akan selalu ada barang baru di kemudian hari. Sekali seumur hidup terlalu berlebihan rasanya. Kamera akan usang, teknologinya akan tertinggal. Nikon D700 pun akan jadi barang usang di kemudian hari. Investasilah di lensa DSLR.

    Belilah kamera apapun yang anda sukai, dan mulailah bersenang-senang.

  7. DSLR full frame itu apa sih? lalu apa bedanya dgn DSLR yang bukan full frame? bisa dijelasin gak mas?

    Singkatnya, DSLR full frame punya ukuran sensor setara ukuran film yaitu 35mm, sedangkan DSLR pada umumnya pakai sensor yg lebih kecil (APS-C). Biasanya full frame dipakai oleh para profesional.

  8. lensa yang bagus buat canon 450d apa ya?
    mm yang kira2 bisa disegala suasana trus ga mahal

    Yang ga mahal ya merk alternatif seperti tamron, sigma ,tokina dsb.

    Yang bisa di segala suasana (terang dan gelap) ya lensa bukaan cepat spt f/2.8

    Coba pertimbangkan Sigma HSM 17-70mm f/2.8-4.5, murah, lumayan bagus.

  9. Apa benar bahwa Nikon “memesan” CCD untuk kameranya dari SONY. Katanya sudah lama sebelum Sony bermain di kelas SLR.. masih pocket. kemudian setelah mengakuisisi Minolta… mereka manfaatkan teknologi CCDnya khusus buat Aplha ?

    Yup, sensor CCD DSLR nikon dipesan dari sony. Tapi sejak nikon memakai sensor CMOS, asli bikinan nikon.

  10. saya mau tanya, untuk kamera , merk mana yg paling baik..
    sony,nikon,atau cannon? serta tipenya
    saya butuh untuk kuliah fotografi saya.dan sekarang sedang bimbang.
    takut salah pilih dan menyesal nantinya. mohon petunjuknya.
    (masih pemula :D)
    walaupun pemula,sy tidak mau yg fitur terlalu basic. krn menurut saya bila sekalian, akan lebih baik. shg tidak usah sering keluar uang hny untuk ganti2 kamera. karena dslr mahal :(

    DSLR memang mahal, tapi lbh mahal lagi lensanya.
    Jangan memilih berdasar merk, kenali dulu kebutuhan anda.

  11. jadi kira2 apa yg cocok?
    saya butuh untuk kuliah fotografi saya.secara sy baru menjadi mahasiswa baru.

    Mata kuliah generasi sekarang sampai mengharuskan mahasiswanya punya DSLR ya? High-cost bgt ya?

    Orang beli DSLR umumnya karena hobi foto dan tidak puas akan hasil kamera saku. Sebagian lagi beli untuk dibisniskan. Tampaknya sekarang ada satu lagi alasan kenapa orang beli DSLR : untuk kuliah.

    Masalahnya setelah mata kuliah itu selesai, DSLR-nya mau diapakan? Kalau emang hobi foto sih tentu disimpan sendiri. Tapi kalo beli DSLR karena ‘terpaksa’ maka setelah selesai mata kuliahnya, kan DSLR itu dijual lagi ya? Bakal banyak DSLR bekas dong di pasaran :)

    Saya juga pernah lihat mahasiswa skrg dgn DSLR mereka, kadang bahkan mereka pakai yg kelas semi-pro. Luar biasa…

    Utk pilihan DSLR, tak peduli utk kuliah atau utk hobi, pilihannya adalah kelas entry level (Nikon D40/D60, EOS 1000D/450D, Pentax K-m/K200D, Sony A200/300 atau Oly E420/520), kelas menengah (Nikon D90, EOS 40D/50D, Pentax K20D, Sony A700 atau Oly E-30) atau kelas atas (Nikon D300/D700, EOS 5D/1D, Sony A900 atau Oly E-3).

    Bingung kan?

  12. fyi, ini bukan sekedar mata kuliah, tetapi jurusan. saya mahasiswa seni rupa, jurusan fotografi.
    saya sangat tertarik terhadap fotografi,tetapi belum terlalu banyak yg saya tau. untuk itu saya masuk di jurusan ini.saya mau mempelajari lebih dalam.
    tentunya setelah kuliah kamera akan saya gunakan entah untuk pekerjaan,meneruskan hobi,dll.
    mohon maaf kalo ada salah kata.

Comments are closed.