Peta digital Indonesia dari navigasi.net

Bangsa ini patut bangga, karena di hari jadinya yang ke 63 tahun, sebuah kado istimewa dihadiahkan oleh anak bangsa yang tergabung di komunitas pecinta navigasi dan pemetaan, yaitu berupa peta digital Indonesia yang lengkap dan gratis. Peta digital ini, yang bisa di download disini, merupakan peta yang bisa dijalankan pada perangkat GPS, ponsel GPS atau sekedar dibuka di komputer (dengan program MapSource). Peta digital ini sudah mencakup sebagian besar daerah di pulau Jawa dan beberapa kota besar di seluruh Indonesia.

Bagi yang telah memiliki perangkat GPS tentu merasakan betapa perlunya memiliki sebuah peta digital untuk ditampilkan pada GPSnya. Tanpa peta, perangkat GPS hanya bisa dipakai untuk menampilkan koordinat saja (seperti peranti GPS generasi awal). Masalahnya, peta yang disediakan pada paket pembelian GPS biasanya tidak lengkap, kalaupun ingin yang lengkap tentu ada biaya tambahan yang tidak sedikit. Nah, peta digital dari navigasi.net ini lengkap, karena dibuat dengan dasar referensi citra satelit dan disusun oleh tim map developer khusus yang tinggal di berbagai daerah di Indonesia, plus peta ini gratis karena tim tersebut tidaklah profit-oriented. Lebih istimewa lagi, peta ini adalah peta routeable, artinya peranti GPS yang telah diisi peta ini dapat mencari rute perjalanan yang akan dilalui, cukup dengan menentukan titik awal (start) dan titik akhir (destination) dari perjalanan. Penentuan rute terbaik dipilih berdasarkan preferensi pemakai dan database ruas jalan yang terdapat di peta. Dengan kata lain, setiap ruas jalan yang ada di peta ini memiliki database tersendiri, bayangkan saja betapa rumitnya proses pembuatan peta ini.

Berikut saya tampilkan beberapa screenshot dari peta digital tersebut apabila dibuka melalui komputer  :

Gambar diatas adalah tampilan depan (splash screen) dari program MapSource (versi 6.13.7).

Gambar diatas adalah tampilan peta Jakarta dengan skala 2 km, tampak jelas detil dan bentuk ruas jalan di ibukota (jalan warna biru adalah jalan tol). Klik pada gambar untuk melihat gambar dengan resolusi aslinya.

Gambar diatas adalah peta daerah Tangerang, tampak sungai Cisadane disebelah kiri yang berwarna biru muda dan padang golf Modern Land yang berwarna hijau muda.  Saya tertarik untuk mencoba fasilitas auto-route dengan cara meng-klik ikon route tool, saya tentukan titik start dari Banjar Wijaya (Hasyim Ashari) dan berakhir di Carrefour Cikokol. Program tersebut kemudian akan menyarankan rute terbaik yang harus saya tempuh (ditandai garis warna kuning). Bila saya klik kanan pada garis kuning tersebut, maka akan muncul sub-menu baru. Selanjutnya dari sub-menu itu saya klik ‘route properties’.

Yang terjadi selanjutnya, muncul properties dari rute yang akan saya lalui, lengkap dengan daftar ruas jalan yang akan dilalui lengkap beserta jarak tempuh dan koordinatnya (lihat gambar diatas). Bila peta ini dipakai pada perangkat GPS di kendaraan, maka fasilitas auto-route ini akan memandu kita sesuai rute yang telah disarankan sampai tiba di tujuan. Luar biasa!

Tentu saja peta ini adalah sebuah karya besar yang berguna bagi masyarakat Indonesia, sekaligus menjadi momentum bersejarah hadirnya peta digital yang bisa digunakan oleh siapapun secara cuma-cuma. Salut saya untuk mereka yang telah bekerja keras demi mewujudkan ini semuanya, keep up the good work…

Update :

Peta terbaru dirilis tepat di hari jadi ke-66 bangsa Indonesia (17-8-2011), kini dengan versi 2.11 dan berukuran sekitar 150 MB.

 

48 comments

  1. kok file nya bentuknya .exe ya?? berarti harus di install dulu ya?? Terus gmn cara bukanya via mapsource?? jadi bingung nie..
    Thanks..

    1. Ya, filenya exe (installer). Baca TOSnya, setujui dan instal. Pastikan anda sudah menginstal Garmin Mapsource di PC sebelumnya. Setelah terinstal, buka mapsource dan pilih peta di pojok kiri atas, ganti dari world map ke peta navigasi dotnet.

  2. Maaf, mau nanya. Gimana caranya/Langkah2 Utk menentukan luasan lahan (Luasan tanah) dari citra satelit ikonos menggunakan program matlab. Sedangkan lahan tersebut terdapat bangunan dan pohon2. Thanks

  3. Mas Gaptek yang baik dan pintar, saya sudah download file Garmin.sfx.part1 s/d part6, kemudian saya click garmin.sfx.part1 sehingga muncul file lagi [navigasi.netFree_IndonesiaGPS_Map-v1.68_NT(Garmin).
    Setelah saya click file “[navigasi.netFree_IndonesiaGPS_Map-v1.68_NT(Garmin)” dan muncul dialog box dan saya tick pada “I accept the agreement” lalu meneruskan perintah pada dialog box muncul comment sebagai berikut “the drive or UNC share you selected does not exist or is not accessible. Please select an other” Saya sudah coba browse ke folder yang lain tetapi comment di atas tersebut selalu muncul.
    Bagaimana mengatasinya agar bis di-install? Terima Kasih.

    1. Satu lagi pertanyaan,,,Di PC sudah ada SW mapsorce belum…ini sangat mempermudah transfer map dari PC ke PND/GPS…
      Kalau belum ada setelah DL lengkap dan di install ada beberapa pilihan.
      Kalau langsung untuk PND/GPS maka pilih .img….ini akan terbentuk sebuah file di c:mymaps dg nama gmapsubb.img
      File ini yg di copykan ke memory gps. Jangan lupa kalau anda mempunyai peta CN diamankan dulu.
      Kalau pakai mapsource ada pilihan send to device.
      Mungkin tread di nav.net bisa jadi acuan

  4. Mas Gaptek,
    saya sudah install petanya, tapi kok kebaca kotak2 ya jadinya, gak bisa natural kelihatan kaya peta biasanya.
    matur suwun mas…

  5. Mas Gaptek, saya ingin menggunakan peta mas gaptek di aplikasi web saya bisa ga ya? Saya memang sedang membutuhkan aplikasi peta digital, atau kalo mau kita kerja sama Mas Gaptek! Kalo tertarik japri saya ya.

    matur suwun mas.

    1. Peta ini yg bikin tim dari navigasi.net dan sifatnya gratis untuk didownload dan dipasang di GPS atau di ponsel/PC. Setahu saya utk aplikasi peta ini di web masih belum bisa, karena beda platform. Coba anda ikuti forum diskusi di navigasi.net utk lebih jelasnya.

  6. mas itu ada peta terrain / peta konturnya juga ga mas?
    ya minimal informasi ketinggian mas

    1. Untuk peta versi baru sudah ada data kontur tapi selang konturnya lebar karena tujuannya bukan untuk mengejar akurasi ketinggian tapi sekedar gambaran elevasi saja.

  7. yang aku cari itu aplikasi peta yang langsung bisa di buka dan digunakan secara offline maas kira2 sampeyan punya gaa????

Comments are closed.