Premium WordPress themes buatan lokal, 100% free

Karya lokal asli Indonesia sudah banyak terbukti bisa diakui dunia. Tahukah anda, Indonesia juga punya banyak web desainer yang jago membuat theme(s) untuk platform publishing atau CMS seperti WordPress dan Joomla? Saat platform seperti ini dibuat open source dan gratis, mungkin tidak demikian halnya dengan tampilan yang bisa dikustomisasi (atau theme) yang sebagian harus dibeli. Betul kalau telah tersedia banyak themes gratis yang bisa diunduh dimanapun, namun jujur saja tidak semua themes itu memenuhi kebutuhan dan selera kita. Meski demikian, terdapat beberapa themes WordPress berkualitas (premium) yang masih disediakan untuk diunduh secara gratis seperti Guzel Pro, Mimbo, Brandford/Wynton magazine dsb.

Dari hasil berkonsultasi dengan om Gugel, saya menemukan setidaknya ada lima themes lokal asli Indonesia yang menurut saya sudah tergolong kelas premium, namun bisa diunduh secara gratis. Ketiga premium WP themes ini tergolong sangat baik, dengan struktur layout yang apik, fitur lengkap dan dukungan akan CSS style yang banyak. Pada home page themes ini terdapat kotak-kotak berisi kutipan dari artikel yang disertai thumbnail khas theme premium. Bagi yang sedang sekedar mencari theme untuk blog anda, atau ingin membuat website sendiri, bisa pertimbangkan melihat-lihat themes berikut ini :

  • Arthemia versi 2.0 buatan Jubel Hutagalung, menjadi theme yang divaforitkan banyak orang, tersedia juga yang versi berbayar (Arthemia Pro) yang lebih lengkap.
  • Linoluna yang masih satu developer dengan Arthemia, menawarkan desain yang lebih sederhana namun lebih kental kesan magazine theme-nya.
  • Pemuda oleh Nurudin Jauhari, theme nuansa nasionalis yang kental akan warna merah putih ini adalah salah satu dari sekian banyak theme gratis buatannya. Untuk yang berbayar tersedia theme Pemuda Pro.
  • Indomagz dari Agus MU, dengan theme yang cocok untuk menampung banyak galeri foto. Untuk yang versi berbayar juga ada.
  • Majapahit (kini ada yang versi 2.0) yang tersedia untuk platform WP dan Joomla, dipersembahkan oleh Tobacamp, mengusung desain magazine seperti Linoluna (sepertinya magazine theme sedang jadi tren saat ini ya?)

Saya yakin sebenarnya masih banyak lagi themes buatan lokal yang berkualitas (dan gratis) yang belum sempat saya jelajahi, bila anda punya info silahkan beritahu saya. Themes lokal yang berkualitas ini bisa menjadi cara yang efektif untuk memperbaiki citra negeri ini, sehingga Indonesia akan dikenal sebagai negeri yang tidak gaptek di mata dunia.

About these ads

114 thoughts on “Premium WordPress themes buatan lokal, 100% free

  1. Mantap saya pake magazinenya magpress keliatannya linoluna ama arthemia boljug.
    tapi desainnya arthemia mirip mirip ama magpress sih.

Comments are closed.