Bangunan tertinggi di Indonesia vs di Malaysia

Menghangatnya kembali wacana soal pendirian Menara Jakarta di Kemayoran, membuat saya tergoda untuk iseng-iseng mencari tahu hal-hal seputar bangunan tertinggi yang ada di Indonesia dan juga di negeri jiran Malaysia sebagai bahan pembanding. Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menambah runyam ketegangan yang mungkin ada antara negeri kita dengan negeri jiran itu, namun hanya sekedar mencari fakta bagaimana status bangunan tertinggi di kedua negara saat ini dan proyeksi ke depan nantinya.

Yang saya tahu bahwa Malaysia punya bangunan tertinggi yang entah peringkat ke berapa di dunia, yaitu menara kembar Petronas. Sementara untuk menjaga gengsi, dari dulu Indonesia sudah merencanakan akan membuat bangunan yang lebih tinggi dari Petronas yang akan didirikan di daerah Kemayoran, yang bernama Menara Jakarta. Anda juga mungkin sudah tahu kalau wacana Menara Jakarta ini kembali mencuat dan kini dalam tahap persiapan pembangunan pondasi seperti yang diungkapkan oleh Gubernur DKI awal Februari lalu.Tapi mungkin banyak diantara pembaca yang belum tahu, bangunan manakah sebenarnya yang hingga saat ini tercatat sebagai bangunan tertinggi di Indonesia (tidak termasuk Menara Jakarta tentunya..). Tahukah anda, meski sudah cukup banyak gedung-gedung perkantoran yang tinggi di Indonesia, ternyata faktanya menara pemancar televisi Indosiar (yang berada di daerah Kebun Jeruk, Jakarta Barat) adalah bangunan / struktur tertinggi di Indonesia dengan ketinggian menara total 395 meter, dan hebatnya menara yang didirikan tahun 2006  ini juga termasuk dalam katagori struktur dengan desain unik karena hanya ada satu-satunya di dunia (bersistem hybrid guyed-mast).

Bangunan tertinggi di Indonesia dan Malaysia
Bangunan tertinggi di Indonesia dan Malaysia

Namun bila dibandingkan dengan negeri Jiran, menara Indosiar ini masih sedikit kalah tinggi dengan menara televisi di Kuala Lumpur yang tingginya lebih dari 400 meter (lihat gambar di atas). Menara televisi ini tampaknya adalah bangunan tertinggi kedua di Malaysia setelah menara Petronas yang tingginya lebih dari 450 meter. Artinya, saat ini memang Indonesia belum punya bangunan apapun yang punya ketinggian melebihi menara Petronas itu. Nah, bila memang Menara Jakarta ini jadi dibangun, maka menara ini nantinya akan mengambil alih posisi bangunan tertinggi diantara Indonesia dan Malaysia dengan ketinggian diatas 550 meter. Kabarnya, menara di Kemayoran ini nanti akan difokuskan untuk menjadi pusat transmisi siaran televisi digital dan seluler terpadu untuk wilayah Jabotabek.

Bagi yang ingin melihat perbandingan ketinggian gedung atau struktur tinggi di seluruh dunia seperti contoh di atas, bisa berkunjung ke SkyScraper Page.

About these ads

41 comments

  1. ya pantesan tinggi juga orang penangkal petirnya aja panjangnya ga karuan, coba kalo dari ukuran gedungnya ga tau deh paling tinggi apa ga……
    ya tetep support saja….biar indonesia jaya dengan penangkal petir tertinggi didunia

  2. harus bersaing dong ah….tapi yg positif
    biar kita berharga dan disegani sama dunia luar…

    klo pasrah terus ga ada usaha, sama aja bohong…
    ngapain bikin negara, klo takut bersaing!?

    ayo Indonesia bisa!!!!

  3. kapan ya jadinya???

    tapi kalo untuk bikin bangunan tertinggi di dunia udah kalah duluan deh, secara bangunan tertinggi di dunia lagi dibangun tuh, kalo nggak salah mau dibangun di arab saudi, selain itu bangunan tertinggi di dunia saat ini bukannya ada di dubai?

    tapi nggak apalah, namanya juga usaha, lagian ada manfaatnya juga buat menara tipi.. :d

  4. ya mudah2an bangunanya cpet kelar nggak terhambat……..mungkin setelah bangunan itu jadi mungkin indonesia akan lbih modern dan bisa sejajar dengan negara luar…majulah indonesiaku

  5. Wahhh…..
    Hebat sekali bila menara jakarta benar2 terbangun.Dn jadi mnr tertinggi di Dunia KATANYA n ngalahin pemegang menara tertinggi sblmnya yt CN Tower Toronto
    Majulah INDONESIAKUU
    I love you Bibeh…

  6. gak usah lah saingan ma malingasia (malaysia)……apa yang dibanggakan oleh mereka ? masadepan malaysia toh bukan punya orang melayu tapi orang cina dan india yang ada di malaysia………

  7. kalau indonesia nak bersaing dengan malaysia,i thing is ok to me.but i’m so proud bcause m’sia still has the tallest twin tower building altough we r know indonesia have the plan to make the taller building than m’sia.tapi saya tak mahu masuk campur tangan about this bcause this is a my dad country.i just tell from my heart.onward singapore!!

  8. bangun yang lebih tinggi dari burj di dubai donk . . . .kalo ada di indonesia pasti keren

  9. baru bangga kalo saingan tentang kesejahteraan rakyat…menara buat apa? bisa bikin kenyang rakyat gak? buat turis? bukannya turis tuh maunya ngeliat sawah atau kerajinan? kalo dah jadi mudah2an di bom sama teroris…amin

  10. coba bisa ngalahin menara burj dubai yg tingginya 850 m lebih, wah indonesia tiada tanding…tapi klo dipikir butuh banyak uang khan…
    harusnya pemerintah mencanangkan hari wajib seribu setiap minggunya di jakarta, warganya khan lebih dari 8 juta jiwa, klo uang itu rutin en kumpul sampai sebulan lebih aja udah banyak banget, tukerin ma uang seratus ribuan di BI, bayangin klo pnduduk jakarta rutin 8.000.000 x 1.000 = 8.000.000.000 bahkan bisa lebih, itu aja baru sekali pemungutan nantinya bisa buat tambah2 biaya menara en hasilnya akan blik ke rakyat, toh uang yg sisa bisa di sumbang ke rakyat yg krang mampu…hehehe…pisss…
    cma bsa bedoa supaya indonesia bisa jadi bangsa the best dan dikenal oleh dunia…

  11. KOK PIKIRIN MENARA……….. LEBIH BAIK UANGNYA UNTUK KESEJAHTERAAN RAKYAT, MENGURANGI PENGGANGGURAN ………. OK GAK..

  12. bikin teruuuuus……………. langit \’kan masih jauh? biar Indonesia bisa jaga gengsi sama negara-negara lain di dunia.

  13. Indonesia ade wang ke nk bangunkan menara ni.. Lagi bagus wang itu di gunakan utk kebajikan rakyat indonesia…from MALAYSIA!

Comments are closed.