Paket internet murah dari AXIS

Tahun ini tren internet nirkabel memakai jaringan seluler sudah jadi hal yang umum dijumpai, dan bagi pihak operator selular adalah hal wajib bagi mereka untuk menggelar paket akses internet yang murah dan menarik. Bila selama ini nama operator yang kerap identik dengan variasi pilihan akses internet hanyalah Telkomsel (Flash), Indosat (IM2, IM3, Matrix) dan XL (unlimited), maka kali ini giliran operator baru bernama Axis yang ikut meramaikan persaingan dengan meluncurkan paket internet 3G sistem kuota yang tarifnya murah.

Paket baru yang bernama AKSES AXIS ini memiliki tiga pilihan, yang mana tiap pilihan mengharuskan kita untuk membeli kartu perdana Axis khusus internet. Paket yang disediakan adalah :

  • paket MAXI-lite (Rp. 188.000 tanpa modem, Rp. 988.000 bundling modem 3G)
  • paket MAXI-pro (Rp. 588.000 tanpa modem, Rp. 1.388.000 bundling modem 3G)
  • paket MAXI-mum (Rp. 1.488.000 tanpa modem, Rp. 1.988.000 bundling modem 3G)

Hal pertama yang perlu diketahui akan paket AXIS ini adalah bahwa sistem perhitungan tarifnya adalah memakai sistem kuota. Artinya, dengan membeli perdana internet, setiap bulannya kita akan mendapat jatah akses data dengan jumlah tertentu dan bila ternyata pemakaiannya melebihi batas maka dikenakan perhitungan tarif yang berbeda. Anda mungkin akan bertanya-tanya, mengapa kok ditengah banjir paket internet unlimited yang ada, paket sistem kuota seperti ini masih dianggap menarik? Alasan utamanya menurut saya adalah harganya yang murah. Lagipula tidak semua orang perlu akses internet dengan jumlah data yang besar, bahkan bagi mereka yang mengakses internet hanya dengan ponsel akan merasakan bahwa pemakaian data per bulannya tidaklah sebanyak yang dibayangkan.

AXIS

Screenshot di atas menggambarkan skema pilihan paket yang ditawarkan oleh AXIS. Perhatikan kalau hanya paket MAXI-lite saja yang berlaku selama enam bulan, sedangkan paket lainnya berlaku selama satu tahun. Artinya, paket MAXI-lite ini akan memberikan kita kuota pemakaian sebanyak 200 MB setiap bulannya selama 6 bulan, dan bila pemakaian dalam sebulan melebihi 200 MB akan dikenai tarif Rp. 1,5 / kB. Adapun paket MAXI-pro punya kuota sebesar 500 MB tiap bulan selama 12 bulan, dengan biaya kelebihan Rp. 0,7 / kB. Bila pemakaian internet anda sangat tinggi dan perlu kuota hingga 3 GB per bulan, pilihan paket MAXI-mum bisa dicoba dengan biaya kelebihan kuota Rp. 0,5 / kB (meski menurut saya daripada memilih paket kuota 3 GB lebih baik sekalian saja anda memakai paket unlimited dari operator lain).

Sebagai gambaran betapa murahnya tarif paket ini, saya coba membuat kalkulasi sederhana soal tarif akses paket MAXI-lite dan MAXI-pro :

  • Tarif paket MAXI-lite : Rp. 188.000,- untuk 6 x 200 MB, artinya tiap bulan anda sebenarnya hanya membayar Rp. 31.333,- untuk kuota 200 MB itu. Ingin tahu berapa yang harus dibayar bila memakai hitungan ‘normal’ Rp. 1,5 / kB? Dengan kuota 200 MB anda seharusnya membayar Rp. 1,5 x 200 MB = Rp. 300.000,-
  • Tarif paket MAXI-pro : Rp. 588.000,- untuk 12 x 500 MB, artinya tiap bulan anda sebenarnya hanya membayar Rp. 49.000,- untuk kuota 500 MB itu. Ingin tahu berapa yang harus dibayar bila memakai hitungan ‘normal’ Rp. 0,7 / kB? Dengan kuota 500 MB anda seharusnya membayar Rp. 0,7 x 500 MB = Rp. 350.000,-

Jadi disini yang membuat paket ini menarik bukanlah masalah jumlah kuotanya melainkan skema tarifnya yang tergolong murah. Bila anda ingin menganggarkan dana untuk akses internet bulanan dibawah 50 ribu, tentu pilihan yang lebih rasional adalah paket sistem kuota seperti ini. Lain halnya bila memang ingin akses internet unlimited, mulai dari 100 ribu anda sudah bisa menjajal paket unlmited seperti IM2, XL atau Flash. Satu hal lagi, nomor Axis yang didapat saat membeli perdana ini bisa tetap dipakai buat menelepon dan SMS layaknya perdana Axis reguler. Bila anda membeli dengan paket bundle modem, akan mendapat bonus 1 GB memory card Micro SD.

Update 2010 :
Promo paket yang diulas di artikel ini sudah berakhir namun artikel ini masih meraih hits tinggi mungkin karena banyak yang mencari info soal tarif internet murah dari Axis.

Sebagai info, saya masih memakai Axis untuk sarana akses data saat saya mobile (selain pakai Fastnet di rumah). Meski demikian saya tidak melanjutkan paket Akses Axis yg saya pakai sebelumnya, tapi sejak Mei 2010 ini saya beli perdana Axis lagi lalu ikutan Paket Puas Internetan (dengan mengetik *123# pada ponsel). Sebagai pembanding, kalau operator lain sebulan memberi tarif 100 ribu dengan kuota antara 200-400 MB, maka Axis hanya memberi tarif sebulan cuma 40 ribu dengan kuota sebanyak 500 MB. Luar biasa, tarif ini setara dengan Rp. 0,01 / kB. Koneksi pun stabil meski di beberapa titik masih mentok di sinyal EDGE saja.

Dengan berakhirnya paket Akses Axis, kolom komentar di artikel ini resmi saya tutup.

Share

About these ads

86 comments

  1. Pingin murah… Pergi ke warung tetanggaku. Sambil minum teh hangat.. Internetan sampai puaaass.. Soalnya, dekat kantor KPU.. Bener2 free hotspot..

  2. bukannya tarif murah tsb sebesar Rp 200rb itu per bulan dan itu dibayar selama 6 bulan. Jadi total yang dibayar selama 6 bulan adalah Rp 200.000 x 6 bulan = Rp 1.200.000 (belum termasuk biaya kelebihan kuota).

  3. mas gaptek dah 2 hr ini saya cari informasi axis internet susah bgt…saya gk ngerti itung 2 an di axis…yg pasti sy mau pasang axis unlimited ada gak mas…tlp saya 021.971171**

    1. Waktu itu sih yg unlimited tarifnya 400 ribu per bulan, masih (sangat) mahal utk ukuran 3G. Saya kalau 3G unlimited pakai IM2, kalo utk back-up baru pake Axis maxilite, itupun masa aktifnya udah lewat 6 bulan dan sekarang saya sdt tidak lagi pakai axis.

      Dengan ini kolom komentar resmi saya tutup ya.. kita tunggu gebrakan axis di 2010.

  4. Update 2010 :
    Artikel ini masih meraih hits tinggi mungkin karena banyak yg mencari tarif internet murah dari Axis.

    Sebagai info, saya masih memakai Axis untuk sarana akses data saat saya mobile (selain Fastnet di rumah). Meski demikian saya tidak melanjutkan paket Akses Axis yg ada di artikel ini, tapi sejak Mei 2010 ini saya beli perdana Axis lagi lalu ikutan Paket Puas Internetan (*123#). Kalau operator lain sebulan memberi tarif 100 ribu dengan kuota antara 200-400 MB, maka Axis hanya memberi tarif sebulan cuma 40 ribu dengan kuota sebanyak 500 MB. Luar biasa, tarif ini setara dengan Rp. 0,01 / kB. Koneksi pun stabil meski di beberapa titik masih mentok di coverage EDGE saja.

Comments are closed.