Tamron SP AF60mm f/2.0 : buat makro oke, mau potret juga oke

Terobosan baru dilakukan oleh produsen lensa Tamron dengan meluncurkan lensa makro dengan bukaan ekstra besar, bernama SP AF60mm f/2 Di II LD (IF) MACRO 1:1 yang punya bobot cukup ringan, 400 gram saja. Lensa 1:1 yang didesain untuk DSLR APS-C ini punya tiga tipe mounting yaitu mounting Canon, Nikon (ada motornya) dan Sony. Keunggulan utama lensa ekonomis ini tentu adalah bukaan maksimalnya yang ekstra besar yaitu f/2.0 atau satu stop lebih besar dari pesaing yang umumnya di f/2.8 sehingga cocok dipakai di saat low light.

Tamron 60mm f/2

Tamron 60mm f/2

Berikut fitur lensa Tamron 60mm f/2.0 ini dikutip dari siaran persnya :

  • Medium telephoto 1:1 life-size macro lens featuring a fast maximum aperture of F/2.0 that strikes a fine balance between attractive out-of-focus effects and sharpness
  • Employment of special low-dispersion glass elements
  • Working distance of 100mm, the longest distance among lenses in this class
  • Meticulous countermeasures against ghosting and flare

Adapun sistem mekanik di dalam lensa ini :

  • Lightweight and compact macro lens boasts f/2.0 fast maximum aperture
  • Internal focusing system for enhanced ease of use
  • Full-time manual control mechanism
  • Simple and attractive outer design

Berikut spesifikasi mendasar lensa ini :

  • Focal Length – 60mm
  • Maximum Aperture -f/2.0
  • Angle of View (diagonal) – 26 degrees and 35 minutes (APS-C size equivalent)
  • Optical Construction – 14 elements in 10 groups
  • Minimum Focusing Distance – 0.23m (9.1in.)
  • Max. Magnification Ratio – 1:1
  • Minimum Working Distance – 100mm (3.94in.)
  • Filter Diameter – 55mm
  • Overall Length – 80mm (3.15in.)
  • Maximum Diameter – 73mm (2.9in.)
  • Weight – 400g (14.1oz.)
  • Diaphragm Blade Number – 7
  • Minimum Aperture – F/22
  • Standard Accessory – Lens Hood
  • Compatible Mounts – For Canon, Nikon (with built-in AF motor) and Sony

Dengan memiliki lensa ini, pemakai DSLR APS-C seperti Canon EOS 500D atau 50D, Nikon D5000, D90 hingga D300 atau Sony (selain A900) akan mendapatkan lensa makro kemampuan 1:1 yang ringan dan kecil, dan sekaligus mendapat lensa fix 60mm (equiv. 90mm) yang cocok untuk potret berkat bukaannya f/2.0 dengan bokeh yang tentunya juga baik. Cukup punya satu lensa, bisa buat makro, juga buat potret kan? Bahkan urusan low-light juga lensa ini bakal punya kinerja hampir sama dengan lensa 50mm f/1.8, misalnya. Sayangnya saya belum menemukan contoh hasil foto dari lensa ini, apabila pembaca punya info soal kualitas optik dari lensa ini silahkan berbagi melalui kolom komentar berikut ini.

26 comments

    1. Kabarnya yg mount nikon lensanya pake motor fokus jadi mestinya lensa ini BISA AUTO FOKUS di D40. Cuma jangan bayangkan kecepatan AFnya secepat lensa AF-S atau Sigma HSM ya.. (masih lebih baik daripada manual fokus..)

  1. mas gaptek.. Kalau tamron 70-300mm f/4.5-5.6 dgn nikon 70-300 dgn bukaan yg sama, ko harganya terpaut jauh bgt yah.. Apakah kualitasnya jg berbeda jauh? Tks mas gaptek..
    -salam

    1. Nikon 70-300 yg mana? Kalo yg versi AF-S / VR iya, terpaut jauh.. Alasannya ya tentu kualitas optik, hal yg sama berlaku utk lensa AF-S 17-55 f/2.8 (14 juta) vs Tamron 17-50 f/2.8 (5 juta) atau lensa lainnya (18-200mm, 24-70mm, 70-200mm dsb).

  2. mas gaptek..
    minta tlong rekomendasikan lensa wide dan tele yang punya kualitas bagus tapi hrganya miring donk…
    untuk nikon pastinya..
    thnkyu

    1. Lensa tele yg terjangakau sih banyak, semisal 70-300mm non VR, atau 55-200mm.

      Kalo mau yg wide itu yg agak repot, karena umumnya harganya diatas 6 juta, seperti tokina, sigma ataupun tamronn.

  3. klo lnsa 50mm itu bisa mnjangkau view wide angle ga???
    klo tele tamron 55 – 300 ato afs 55 – 200 ,pilih mana om???

    1. 50mm tergolong punya rentang fokal normal, jadi bukan wide atau tele. Soal tamron, cuma ada 55-200 deh, dan dia tanpa stabilizer di lensa jadi saya milih AF-S 55-200 VR aja.

    1. Saya tidak tahu lensa tamron apa itu, tapi prinsipnya semua lensa tamron / sigma / tokina dgn mount nikon bisa dipasang di DSLR nikon (termasuk D60). Kalo pertanyaannya apa bisa auto fokus di D60, itu soal lain. Carilah lensa yg ada motor fokus didalamnya, bila ingin bisa auto fokus di D60.

  4. salam kenal untuk semua. saya baru tadi sore beli lensa 17-55/2.8 saya mau pakai untuk hari minggu pernikahan temen. kira-kira bagus ngak siih di camera saya D300 ? rencana saya mau beli juga lensa nikon 14-24/2.8 gimana komentarnya dari semua ?

  5. terima kasih mas gaptek, atas komennya, saya sudah bilang bahwa hari minggu saya mau photo pernikahan, ternyata hasilnya saya suka banget, hanya saja ketika udah kurang lebih 30 kali motret speed flash nya ngak mau kerja sepertinya hang gitu, tapi saya tunggu kurang lebih 2 atau 3 menit baru hidup lagi. speed flash saya pakai SB 900. memang batery nya panas. Yang saya ingin tanyakan , bagaimana caranya suypaya selama motret ngak mati flash nya ? terima kasih atas bantuan informasinya .

    1. SB900 tergolong baru dan jadi flagship flashnya nikon, agak heran juga kalau digeber 30 kali jadi hang. Mungkin powernya diset full ya? Terus terang saya tidak tahu cara mencegah masalah itu, tapi mungkin dgn mengurangi power dan jarak antar shot. Coba diskusikan di forum kamera-gue, mungkin teman2 ada yg bisa bantu.

  6. mas gaptek yg baik, soal speed flash sb 900 saya sudah tanya ke toko tempat saya beli itu, dan katanya memang kemampuannya secara continue ngak bisa lebih , jadi harus rest dulu sekitar 1 menit, ngak apa ko karena jarang2 moto seperti itu.Oh ya saya udah beli lensa nikon 14-24/2.8 hasinya wide banget /super wide dan sangat berguna sekali ketika itu , karena event pernikahan. Sekalian saya minta advice nya kayanya saya serius nih karena udah keracunan jeprat -jepret. 1/ rencana saya mau beli lens zoom . pilih mana Tamron 18-270 atau Nikon 18-200 . 2/ saya mau beli camera satu lagi, tapi agak bingung baiknya yg mana antara EOS D1 Mark III atau Nikon D3 , maklum saya juga pingin punya Canon tapi berabe nanti saya harus belanja lensa lagi utk canon. mohon sarannya mas ….. terima kasih.

  7. mas gaptek yang baik, gw pemula lagi bingung milih lensa nich? antara tamron 17-50 or 18-200 , gw seneng banget foto landscape n model…..mohon masukannya

    1. Suka bukaan konstan (sering moto di low light) atau suka main zoom panjang? Utk foto model, selama anda tidak masalah pake 50mm sih lensa 17-50 sudah oke. Tapi kalo motret modelnya suka pake 85mm atau 105mm ya lensanya tentu 18-200 aja.

  8. Lensa ini sudah lama dibahas tapi ternyata baru bulan Maret 2010 muncul di majalah CHIP FOTO VIDEO, memang lensa ini jadi lensa yang perlu dimiliki karena ternyata memang bagus, hanya saja harga agak mahal sekitar 5 jutaan di Toko Camzone
    banyak kok reviewnya contoh di http://www.photozone.de/nikon–nikkor-aps-c-lens-tests/481-tamron_60_20_nikon, ada contoh hasil bidikannya tapi pake D3X kurang tahu juga di D40 bagaimana hasilnya.
    mungkin teman-teman ada yang sudah punya kasih contoh dong, anyway thanks

  9. Mas Gaptek, kelihatannya diantara Tamron, Tokina, Sigma dan Vivitas (apakah masih ada?), yang terbaik adalah Tamron ya? Tetapi tetap masih jauh dibawah lensa Nikon ya? Seberapa jauhkah perbedaan kualitas antara Tamron dengan lensa Nikon? Terima kasih sebelumya.

    1. Tamron itu pilihannya lengkap, kalo sigma banyak punya produk di lensa tele, kalo tokina jago di lensa wide/fisheye. Lensa semacam ini memang masih dibawah lensa nikon terutama dalam hal rancang bangun (build quality), corner softness, flare, coating dan issue ‘bad copy’ (lolos quality control) jadi suka ada yg back focus/front focus.

Comments are closed.