Apakah Pentax akan bertahan?

Halo semua, saya tidak tahu bagaimana antusiasme di Indonesia mengenai Pentax, tapi saya pikir ini cukup penting dan menarik untuk ditulis. Tulisan ini juga di muat di blog saya radiantlite tapi dalam  bahasa Inggris.

Hari ini banyak pergunjingan tentang K7, kamera baru Pentax di internet. Gunjingan ini berasal dari beberapa forum terkenal dan kemudian dilaporkan kembali oleh RiceHigh, seorang pengamat Pentax melalui blognya. Dia melaporkan bahwa beberapa pengguna pertama K7 memiliki masalah dengan kamera tsb. Ada yang layar LCD-nya menampilkan gambar yang terpisah, dan juga ada kamera yang hasil fotonya tidak tajam dan noisenya sangat tinggi dibanding kamera versi sebelumnya.

Tidak hanya, itu RiceHigh juga memposting sebuah slide show buatan Christian Sandstorm, seorang kandidat phd dari Chalmers University of Technology, Gothenburg, Swedia. Kesimpulan dari slideshow ini adalah Pentax mengalami tantangan berat dan sekarang ini menjalankan bisnis yang tidak bisa bertahan lama. Hal ini tentunya bisa menakutkan banyak pengguna Pentax.

Sejarah Singkat Pentax

Pentax adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam fotografi yang bisa bertahan ketika terjadi pergeseran dari kamera analog/film ke kamera digital. Banyak perusahaan yang gagal untuk pindah ke film seperti Kodak, Polaroid, Hasselbald, Leica dan sebagainya. Pentax bekerjasama dengan Samsung sebagai pembuat komponen elektronik, sedangkan Pentax terkenal di optik. Awal-awalnya cukup menjanjikan. Di 2006, Pentax K10d, salah satu kamera DSLR Pentax, memenangi banyak penghargaan sebagai kamera yang inovatif. K10d memiliki sensor anti getar yang bernama Shake reduction dan juga memiliki badan kamera yang tahan cuaca, air, debu, salju, dan lain lain.

Pentax LX berlapis emas 18 Karat keluaran 1981 - Akankah Pentax jadi kenangan?

Pentax LX berlapis emas 18 Karat keluaran 1981 - Akankah Pentax jadi kenangan?

Tapi sayangnya, ini tidak cukup. Karena ketatnya persaingan, keuntungan dari penjualan lebih kecil daripada biaya yang harus dilakukan untuk biaya penelitian dan pengembangan. Di tahun 2007, Pentax dibeli oleh Perusahaan Hoya. Pentax sebagai perusahaan bubar dan kini hanya merupakan merek dari Hoya.

Banyak pemakai kamera Pentax (Pentaxians) sangat berharap bahwa Hoya akan berinvestasi besar-besaran untuk mengembangkan digital SLR Pentax, tapi sayangnya, keputusan mereka untuk membeli Pentax bukan karena mereka tertarik bisnis kamera tapi untuk memperoleh pengetahuan Pentax dalam hal optik  yang cukup disegani.

Dengan Hoya, Pentax aman, terutama dibidang finansial, tapi di tahun 2008, krisis keuangan global melanda, penjualan kamera DSLR yang termasuk barang “mewah” menurun atau stagnan. Hal ni cukup memperparah kondisi Pentax. Keparahan bertambah ketika Hoya memotong anggaran biaya penelitian dan perkembangan Pentax dan juga anggaran pemasaran Pentax (Kalau tidak salah, marketing Pentax sudah di alih daya).

Pentax K20D, kamera penerus K10, yang memiliki sensor 14.6 megapiksel (kamera DSLR yang paling besar resolusi di kelasnya di tahun 2008) idak dapat bersaing dengan kamera lain karena K20D dibandrol dengan harga terlalu tinggi yaitu $1400 meski sekarang harganya tinggal sekitar $635.

Lalu, menjelang akhir 2008, Pentax merilis Pentax K-m / K2000, sebuah kamera pemula yang berusaha untuk mencuri market share. Sayangnya, inisiatif ini beberapa tahun terlalu terlambat. Banyak kamera lain seperti Canon dan Nikon telah memiliki basis yang sangat kuat di kamera pemula.

Bulan lalu, Pentax mengumumkan Pentax K7, sebuah kamera canggih yang cukup kompak dengan fitur terbaru seperti kemampuan merekam video, bodi kamera tahan cuaca, kecepatan pemantik lima frame per detik sampai auto HDR (High Dynamic Range).

Meski kamera ini lebih baik dari K20D diberbagai aspek, tapi kompetisi sangat brutal terutama di harga. Pentax K7 dijual dengan harga $1250-1300 saat ini, namun dengan harga yang sama, Anda bisa mendapatkan  Canon 50D dengan lensa 28-135mm. 50D adalah kamera yang berusia hampir setahun. Kamera ini memiliki kecepatan auto fokus yang lebih cepat terutama dalam mengikuti objek foto dan juga memiliki kecepatan pemantik yang lebih cepat yaitu enam frame per detik. Kekurangan Canon 50D yaitu tidak memiliki video mode dan auto HDR.

Bahkan Pentax K20D sepertinya memberikan nilai yang lebih baik karena harganya hanya separuh dari K7. K20D memiliki kualitas gambar yang seprima K7 dan juga memiliki badan yang tahan cuaca. Kasus ini menunjukkan bahwa Pentax sedikit telat dalam mengejar ketinggalan dalam teknologi digital.

Lalu, karena prospek pengguna kamera bermerek lain untuk membeli kamera Pentax kurang baik, Pentax akan sangat tergantung bagi pengguna Pentax untuk membeli. Tapi bila perusahan hanya tergantung dari pengguna kamera untuk memperbaharui / upgrade dan tidak bisa mendapatkan basis pelanggan yang baru, bisnis ini mungkin tidak dapat berlangsung lama.

About these ads

13 thoughts on “Apakah Pentax akan bertahan?

    • Ironisnya, di kelas non DSLR dia juga keteteran. Lihat saja super zoom pertamanya yang disambut dingin, atau jajaran kamera sakunya yg tidak ada kelanjutan produk baru. Padahal Pentax kuat di produk outdoor/water proof lho. Mungkin kalo mau survive, dia harus merger dgn Samsung ya?

      • Samsung sepertinya malah agak cuek belakangan ini sama Pentax, contohnya pas Samsung mo kembangin NX, Pentax ga diajak. Denger2 rumor, malah optiknya akan dibuat oleh perusahaan yang tidak terkenal.

  1. berat .. berat .. dan menurut saya langkah utama adalah promosi besar besaran membangun image. Contoh nikon, walau kamera compact dan prosumernya tidak bagus tetep aja laku keras, apalagi kalo bukan jual merek Nikon

  2. Mas Gaptek,
    sebenarnya kualitasnya Pentak ini gimana seh? tadinya aku ngesir berat dengan K200D karena harganya yang realtif terjangkau dan sealed proof untuk bodi dan lensanya. Tapi kelemahan utama pentax ada di kecepatan uatofokusnya yang hampir selalu kalah dengan kompetitornya. Akhirnya aku pilih Lumix G1 karena autofokunya mengagumkan plus harganya yang kompetitif. Cuma lensanya memang usah dicari. Saya beli 45-200 mm lewat temen di amrik sana yang ternyata harganya cukup murah USD300.

    Beri pencerahan dong si Pentak ini. Oh ya, semua lensa lama katanya bisa dipake di kamera terbaru ya?

    • Soal pentax mas Enche Zein lebih tahu. Saya dulu hampir beli K100D tapi akhirnya berpaling ke Nikon D40. Keunggulan pentax salah satunya adalah stabilizer di bodi sehingga lensa pentax lama bisa punya efek stabilizer.

    • AF Pentax mungkin gak secepat / seakurat waktu tracking objek, tapi tetap lebih baik daripada G1 yang pakai live view.

      Pentax pakai K-mount yang memang banyak lensa legacy dari era film yang bisa dipakai.

  3. saya dari dulu malah suka banget pentak dibanding merek lain terutama canon, saya memakai pentak mulai dari k100 sampai k2 untuk slr sedang untuk dslr saya pake k100D secara gambar saya suka banget karena lebih cerah, mungkin karena kebiasaan di kita terlalu membesarkan merk, ya belum punya TV kalau belum sony atau NOKIA kalau hp, semuanya kembali keselera, mungkin saya termasuk yang gak tertarik dengan canon karena dari beberapa temnan saya atau saya dengar rata rata canon ada kelemehan di auto focusnya sering ngadat juga cerminnya yang suka gak mau turun, tapi itu gak jaminan, tapi dari bebrapa orang yang pake pnenyakitnya begitu, jadi kita lihat saja apakah nasib pentak sama dengan kodak

  4. semenjak dibeli oleh HOYA, PENTAX malah mengalami penurunan….

    padahal PENTAX mempunyai kualitas optik yg mumpuni….(SMC-HMC)

    oleh karena itu dibeli oleh HOYA

  5. Saya melihat satu ironi dari dunia marketing.
    Pentax merupakan barang bagus gak bisa jualan dengan baik (ini juga berlaku dengan Minolta dulu), sedangkan barang yang menurut saya so-so yang didukung dengan marketing canggih malah jualannya markotop ..

    untuk kualitas hasil foto, Pentax sangat dahsyat dan memiliki kualitas yang sangat bagus. Ambil Contoh Pentax K-7 yang baru dirilis, walau dengan harga USD 1300an, hasil fotonya boleh diadu dengan kamera FF sekalipun untuk warna, rendition maupun ketajamannya.
    Secara fitur, setara dengan Nikon D300 dengan tambahan HD Video, Digital Filter terintegrasi, body yang lebih slim lebih kecil dari Nikon D90 (!!) , shutter yang super halus.

    Ironis memang…

  6. Mas minta tolong dong dikomentarin Pentax K-x, krn dr bbrp ulasan yg sy baca kok hebat banget, sy tertarik ingin membeli krn di sini ada yg jual dng kit 2 lensa, sama diulas juga mas untuk lensa kitnya yg 55-300 baik nggak sih untuk sy yg sangat pemula ini, thanks.

Comments are closed.