Tren baru : kamera plus GPS

Hadirnya kamera saku dengan antena penerima sinyal GPS terintegrasi tampaknya bakal jadi tren di tahun ini, setidaknya untuk produk kelas elit dari merk-merk papan atas. Setelah Sony meluncurkan Cybershot HX5, yang tak lama berselang Samsung juga meluncurkan HZ35W, kini Panasonic juga meluncurkan Lumix TZ10 (ketiganya sudah dilengkapi GPS). Uniknya, ketiga produk ini juga punya spesifikasi yang hampir mirip (dan sangat baik) yaitu mengandalkan lensa super zoom yang sangat lebar, layar LCD 3 inci dan HD movie. Meski saya bisa saja menulis artikel ini dengan judul : Sony HX5 vs Samsung HZ35W vs Lumix TZ10, namun saya coba fokuskan bahasan hanya di aspek GPS saja. Soal perbandingan fitur ketiga kamera ini saya ulas singkat saja.

Lumix TZ10/ZS7

Kita tahu kamera digital semakin ‘mentok’ dalam hal resolusi sensor, setelah menembus batas psikologis 10 MP. Padahal resolusi ini adalah faktor utama bagi produsen untuk ‘menjual’ produknya. Kini mereka melakukan terobosan dalam hal lain yang diharap bisa mendongkrak penjualan, seperti mendesain lensa yang lebih wide (dan sekaligus lebih tele) serta menjejali fitur baru yang belum tentu diperlukan (seperti GPS ini). Kita kupas ketiganya secara singkat :

GPS sendiri kita sederhanakan sebagai pengenalan lokasi berbantuan satelit. Selama kita berada di daerah cakupan satelit GPS, dengan penerima GPS kita bisa mengetahui setidaknya tiga hal : koordinat (bujur dan lintang), elevasi (ketinggian tanah terhadap permukaan laut) dan waktu setempat. Fungsi GPS yang lebih umum dijumpai saat ini lebih kepada pemandu navigasi dengan peta digital, meski GPS masih banyak diaplikasikan untuk hal-hal lain seperti pelacak armada kendaraan (bila digabungkan dengan GSM/GPRS), keperluan militer seperti rudal dan juga untuk fotografi (khususnya foto outdoor dan landscape).

Dengan kemampuan mendapatkan informasi koordinat melalui GPS, kamera selanjutnya akan menuliskan info koordinat tersebut pada setiap foto yang kita ambil. Di tingkat lanjut, kamera juga bisa menampilkan peta lokasi pemotretan di layar LCD hingga menunjukkan arah kompas. Saat foto di share di situs foto online semisal Flickr pun data EXIF yang mengandung info koordinat ini bisa ditampilkan peta lokasi pengambilan foto.

Seberapa perlu kita akan fitur ini tentu tergantung keperluan fotografi yang kita lakukan. Bila sering berpetualang di alam terbuka dan berpindah-pindah tempat, fitur ini bakal berguna. Tapi kalau kamera dipakai di dalam ruangan maka fitur GPS tidak bisa berfungsi karena sinyal satelit terhalang.

Share

About these ads

15 comments

  1. sesuai anjuran id erwinmul akhirnya saya diskusiin disini:

    gmn om dari keempat kamera pocket dibawah ini yg rekomended:

    Sony Cyber-shot DSC-WX1
    Sony Cyber-shot DSC-HX5
    Fujifilm FinePix F70EXR
    Canon S90

    klo canon sbnrnya mantep soalnya ada fungsi manualnya…cuma sayang zoom nya standar bgt. nah sisanya nih yg blm tau..mohon pencerahan om.

    oh iya klo prosumer G11 sndiri gmn om??

    1. WX1 ternyata noisenya tidak sebaik yg dijanjikan. F70 EXR (dan penerusnya F80EXR) tergolong sensor yg bagus utk low light plus dynamic range. HX5 sendiri belum tahu kinerjanya. Canon S90 sudah banyak direview dan umumnya positif, meski sensornya biasa saja (tanpa teknologi aneh-aneh) tapi noisenya lumayan rendah.

      1. itu dia om klo S90 bagus…cuma zoom nya kecil bgt.

        brarti skrg tgl milih fuji F70EXR, HX5, ato S90.
        klo om sndiri dari F70 sama S90 prefer yg mana??

  2. haduh jawabannya “diplomatis” bgt om….jadi bingung nih!!!

    klo gt milih yg fuji ajalah…zoomnya gede soalnya. thanks ya om pencerahannya.

  3. Om klo toko kamera lengkap di mangdu di lantai brp yah??yg rekomended lah.
    Soalnya mgu2 ini saya ada ke jkt.

    Thanks

  4. Mas Gaptek , review canon S 90 dong, kok kamera ini tidak termasuk salahsatu peringkat kamera saku diweb mas gaptek?

  5. Mas Gaptek, mo tanya lg nih.
    1. Dari ke3 camera GPS di atas, kira2 yg punya kualitas gambar yg paling bagus yg mana ya mas?
    2. Trus klo dr GPS nya mana yg paling bagus jg? apakah GPSnya jg bisa di gunakakan sebagai navigasi?
    makasih bgt Mas Gaptek.

  6. Kamera ini menggunakan jenis batere apa ya Mas dan tolong berikan sampel cepretan kamera ini

  7. Oom Gaptek yg baik, saya ingin beli Kamera Digital Compact yg bisa upload file fotonya ke facebook atau youtube pakai Bluetooth. Apasaja merknya Oom? tolong dijelasin yg lengkap ya Oom.

Comments are closed.