Kalau Nikon D3000 bisa rekam video, apa anda mau?

Nikon D3000 saat ini boleh dibilang adalah DSLR populer dan favorit di kalangan pemula, karena harganya yang murah atau karena kesederhanaannya dengan fitur-fitur dasar saja. Saking basic-nya, D3000 ini tidak dilengkapi dengan fitur movie, bahkan live-view pun tidak (bandingkan dengan kompetitor seperti EOS 1000D). Bila anda saat ini sedang merencanakan membeli D3000 namun berharap andai saja D3000 ini dilengkapi fitur movie, maka cobalah bersabar untuk membuktikan rumor kehadiran penerus D3000 yang kabarnya akan bernama D3100 dan konon akan diumumkan pada 19 Agustus 2010 mendatang.

Bila ini benar, kehadiran D3100 akan menjadi kabar baik bagi sebagian orang, namun bukan hal besar bagi sebagian yang lain. Bisa jadi memang ada dari kita yang memerlukan kemampuan video recording pada kamera DSLR yang paling basic sekalipun. Meski saya yakin masih lebih banyak fotografer yang mendambakan penyempurnaan fitur fotografi pada kamera DSLR pemula, setidaknya bisa mendekati DSLR kelas diatasnya.

Fitur movie di DSLR memang masih dalam tahap penyempurnaan. Soal klasik yang sering dikeluhkan adalah kemampuan auto fokus dalam merekam video. Kabarnya Nikon D3100 sudah memiliki fitur auto fokus yang terus bekerja selama merekam video, semoga saja kabar ini benar.

Namun bagi yang mendambakan peningkatan performa atau kinerja continuous shooting nampaknya harus mengelus dada karena sebagai DSLR murah, Nikon bakal tetap menjaga D3100 hanya memiliki kemampuan 3 fps saja.

Untuk rumor lainnya, Canon konon akan meluncurkan kamera DSLR yang terjepit di antara 50D dan 7D, yang diduga kuat akan bernama EOS 60D. Seperti yang sudah-sudah, diprediksi Canon akan memaksakan sensor APS-C ke batas kemampuannya dengan menjejali keping mungil itu dengan 18 juta piksel peka cahaya yang belum tentu diperlukan oleh sebagian dari kita.

Ayo share pendapat anda disini, seperti apa produk penerus D3000 ini semestinya menurut anda?

Update : Nikon D3100 resmi diluncurkan pada 19 Agustus 2010.

About these ads

12 comments

  1. mudah2an beneran ada penerus d3000 yg ada fitur movie dan live-view nya dan mudah2an jg hrg nya g terlampau jauh dr d3000….amien.
    jd g sabar nech tgg launching nya…hehehehe…
    (mudah2an tabungannya ckp)

    salam kenal y mas….

  2. Salam kenal… Kalau memang rumor ini benar, sebagai konsumen kita boleh bergembira karena paling tidak ada penambahan fitur. Tetapi buat saya pribadi yang paling penting untuk ditambahkan pada line up DSLR entry level Nikon adalah motor autofokus, yang secara fungsional akan sangat bermanfaat bila dibandingkan penambahan fitur video atau live view. Bagaimana mas…?

    1. Menurut saya motor AF didalam kamera sudah saatnya ditinggalkan karena terbukti motor di lensa lebih baik (cepat, halus) namun nikon harus konsisten membuat lensa dgn motor fokus AF-S. Untungnya merk lensa sigma mulai banyak memberi pilihan lensa dgn motor, bahkan tamron dan tokina kini mulai meniru jejak sigma.

  3. mudah-2an yaa, soalnya ini baru nyari-2 D5000 yg garansi resmi tp di toko mana-2 kok kosong yaa, smoga D3100 ini bisa lbh baik dari D5000, dan hrgnya bisa dibwh D5000, kami tunggu info brikutnya yaa :)

  4. Smoga nikon d3100 bkn hny d fitur movie, tp lbh k dslr pro, sprti peningkatn cntinous shooting min spt d5000 (4fps), serta perbaikan view finder, dan juga pergantian sensor ccd k cmos, sebabny saya adlh eks. Pemakai d3000, yg pling terasa adl kmampuan sensor dlm iso tinggi cukup buruk max iso 800 sdh agk brpasir.
    Smbil brtanya mas.., dmpak buruk pmakaian vertikal Grip pd perfoma kamera ad ngk?

  5. Mas Gaptek saya mau tanya, saya memakai Nikon D3000 dan baru2 ini saya dihadiahi adik,lensa 70-300mm 1:4-5.6 SIGMA APO DG bekas miliknya, yg jadi masalah kenapa lensa tersebut tidak bisa auto focus ? sebagai gambaran adik saya itu menggunakan Nikon D80 !!!. dan apakah lensa tersebut sebaiknya saya jual atau klo di upgrade gimana caranya ? tks sebelumnya

      1. mas maaf klo lensa 70-300mm 1:4-5.6 SIGMA APO DG yg saya punya itu sudah built in motordrive ? n sy pasang ke D80 punya adik sy itu langsung bisa AF, bingung jadinya saya ? yg terahir pilih mana mas Flash Nikon SB600 or Nissin Di622 soalnya Nissin GN nya 44 maaf ya klo saya nyusahin

        1. Di D80 bisa auto fokus karena D80 punya motor di dalam kamera. Kasus sama kalo pake lensa Nikon AF (bukan AF-S) maka lensa tsb bisa auto fokus di D80 tapi tidak di D3000. Lampu kilat SB600 memangnya masih ada? Kalau ada ya mending SB600 daripada Di622, soal TTL pasti lebih akurat.

Comments are closed.