Samsung Galaxy 5 : Android murah untuk semua

Kalau bicara ponsel dengan layar sentuh, Samsung memang gak ada matinya. Dari kelas murah seperti Genoa (dan penerusnya : Champ), Corby, Star sampai Monte, semua sama baiknya. Tapi kesemua seri diatas belumlah pantas disebut sebagai smartphone, mengingat jeroan dan OS-nya masih relatif basic. Di lain pihak, hasrat kita memiliki smartphone memang sudah terlanjur identik dengan membayar lebih mahal, misalnya untuk teknologi prosesor dan biaya OS-nya. Syukurlah kini Google memiliki OS open source bernama Android yang gratis, sehingga harga smartphone bisa semakin murah.  Samsung belum lama ini telah meluncurkan smartphone layar sentuh bernama Galaxy 5 (I5500) dengan OS Android 2.1 yang dijual di harga kurang dari 2 juta, bahkan lebih murah dari merk Andorid murah seperti LG atau Nexian.

Galaxy 5 memang tidak sekeren Galaxy Spica apalagi Galaxy S, secara fisik masih mirip seperti Corby dengan ukuran layar hanya 2.8 inci saja. Meski begitu, ponsel berbobot 102 gram ini sudah dilengkapi fitur dasar sebuah smartphone seperti dukungan HSDPA serta dilengkapi dengan Wi-Fi untuk kemudahan akses internet. Prosesor 600 MHz tergolong pas-pasan untuk menjalankan aplikasi Andoid namun tergolong wajar mengingat harga jual Galaxy 5 yang murah ini. Toh Samsung tetap berupaya memberikan sejumlah fitur yang juga dimiliki oleh Galaxy Spica bahkan Galaxy S, seperti  fitur Write and Go yang mengenakan teknik Swype untuk pengetikan cepat (memakai metode predictive text input). Lalu ditambah juga dengan fasilitas SNS (Social Network Service) yang mengkombinasikan beberapa situs jejaring sosial dan blog mikro yang tengah jadi tren.

 

Qwerty keyboard saat mode landscape, nice..

Urusan multimedia adalah aspek pertama yang ditekan oleh Samsung guna menjaga harga jual Galaxy 5 ini tetap rendah. Sebagai hasilnya, kamera di ponsel ini hanya 2 MP, dan videonya hanya QVGA 15 fps yang tidak nyaman untuk ditonton. Bahkan kamera untuk video call juga tidak disediakan. Untungnya ponsel ini masih bisa memutar berbagai macam file video meski tidak mendukung DivX.

Fitur Galaxy 5 diantaranya :

  • layar sentuh capasitive
  • ukuran LCD 2,8 inci dengan resolusi 320 x 240
  • Andorid OS 2.1 Eclair (bisa diupgrade ke 2.2)
  • WiFi dan Bluetooth
  • HSDPA 7.2 Mbps
  • TouchWiz UI v3.0
  • Acellerometer (layar otomatis dirotasi mengikuti posisi ponsel)
  • Geotagging

Saya berkesempatan mencoba sebentar unit Galaxy 5 ini di sebuah toko di Jembatan Mal Pondok Indah. Memang ponsel ini terasa seperti Corby dengan ukuran yang hampir sama terutama soal layarnya. Tadinya saya pikir setelah Galaxy 5 masuk pasaran maka harga Samsung Monte bakal turun, ternyata keduanya masih dijual di harga yang sama yaitu 2 juta rupiah.

Preview Galaxy 5 dari beberapa situs review :

Update :

Sebagai penerus dari Galaxy 5 telah hadir Galaxy Mini, yang diperkenalkan berbarengan dengan galaxy lain seperti Galaxy Ace (penerus Spica), Galaxy Gio dan Galaxy Fit. Keempat Galaxy baru ini sudah memakai OS Froyo.

About these ads

27 thoughts on “Samsung Galaxy 5 : Android murah untuk semua

  1. Sebagai penerus dari Galaxy 5 telah hadir Galaxy Mini, yang diperkenalkan berbarengan dengan Galaxy lain seperti Galaxy Ace (penerus Spica), Galaxy Gio dan Galaxy Fit. Beberapa peningkatan dari Galaxy 5 ke Galaxy Mini diantaranya layar berukuran lebih besar, kameranya pun sudah naik dari 2 MP kini menjadi 3 MP dan tentunya versi OS yang lebih baru dari Android 2.1 ke Android 2.2.

Comments are closed.