Prediksi kamera digital 2011 ala Thom Hogan

Bagi anda yang memakai DSLR Nikon tentu sudah tak asing lagi dengan dua sosok Nikonian sekelas Thom Hogan maupun Ken Rockwell. Keduanya adalah fotografer serius yang tulisan dan fotonya dengan mudah dijumpai di internet. Khusus untuk Hogan, dia juga rajin membuat analisis, prediksi dan wish list yang sepertinya tidak dianggap sebagai angin lalu oleh Nikon. Kali ini dia membuat prediksi tren kamera digital di tahun 2011 yang bisa saja berguna buat menambah wawasan kita.

Sebelum membuat prediksinya untuk 2011, Hogan terlebih dahulu mencermati tren dan hal-hal khusus seputar kamera yang terjadi selama tahun 2010 ini. Berikut catatannya :

  • Tamatnya era kamera Four Thirds. Konsep miniatur yang awalnya digagas Olympus untuk membuat DSLR bisa lebih berukuran kecil justru kurang sukses dan bakal dikalahkan oleh format yang lebih kecil lagi yaitu Micro Four Thirds. Olympus masih akan membuat lensa 4/3 namun kamera DSLR E-5 tampaknya akan jadi kamera 4/3 terakhir yang pernah dibuat oleh Olympus.
  • Sony menganggap kalau era cermin yang bergerak naik turun pada kamera DSLR adalah masa lalu. Kamera modern menurut Sony adalah kamera dengan cermin fix (pellicle mirror) atau sekalian saja tanpa cermin (mirrorless). Hal ini akan membuat tren kamera masa depan semuanya memakai jendela bidik elektronik (EVF) yang belum tentu disukai oleh semua fotografer.
  • Nikon mulai percaya diri memproduksi sensornya sendiri. Sejak dulu Nikon memakai sensor buatan Sony termasuk sensor FX untuk kamera full framenya. Sejak hadirnya D7000, Nikon memakai sensor yang 100% buatan Nikon dan hasilnya ternyata tak kalah dengan sensor buatan Sony.
  • Tahun 2010 tidak ada kamera mirrorless dari Canon maupun Nikon. Hal yang sangat wajar mengingat mereka tak ingin kehilangan sales untuk kamera DSLR mereka. Namun hal yang berbeda mungkin akan terjadi di tahun 2011 nanti.

Hogan juga mengamati kebijakan dan strategi masing-masing produsen kamera dan sesekali mengkritik mereka lewat tulisannya. Kira-kira inilah yang dia tulis :

  • Canon terjebak dalam pola lama yang biasa mereka terapkan, seperti menambah megapiksel pada kamera generasi baru namun secara mendasar tidak banyak perbedaan berarti dalam kamera barunya. Bahkan Canon masih tetap ketinggalan dalam modul AF di kamera DSLR mereka.
  • Nikon yang kurang sukses dengan D3000 dean D5000, akhirnya melakukan hal yang tepat dengan D3100. Memang D3100 juga menambah megapiksel, namun banyak plus-plus lain yang patut diacungi jempol seperti AF dan metering.
  • Sony mengambil langkah berani dengan meninggalkan era DSLR tradisional, ke sistem mirrorless dan pellicle mirror. Namun Sony masih perlu menambah banyak koleksi lensanya untuk bisa sukses dengan usahanya itu.
  • Olympus juga menerapkan pola yang sama dengan Sony dengan mengambil resiko mengusung konsep Micro 4/3. Bedanya Olympus kuat dalam jajaran lensa dan ini adalah keuntungan besar buat dia. Bahkan adanya lensa buatan Lumix dengan mount yang sama, menambah banyak pilihan lensa buat kamera Micro 4/3 Olympus.
  • Panasonic yang tak punya sejarah membuat SLR film hanya punya harapan pada Micro 4/3 saja.
  • Pentax cukup baik dengan menjual kamera Medium format 645D meski tentu pembelinya hanya sedikit. Belum ada tanda kalau Pentax akan meluncurkan kamera full frame.
  • Fujifilm mencoba menyelamatkan diri dengan membuat kamera retro X100 yang berkelas, namun tetap saja Fuji semakin meredup dalam segala lini.

Nah, yang menarik, inilah prediksi Hogan untuk tahun 2011 nanti :

  • Kamera mirrorless yang awalnya adalah untuk membuat foto justru dijadikan format standar kamera video, setidaknya oleh Panasonic, Sony dan Samsung.
  • Kembalinya kamera bersensor besar (full frame). Kamera semacam D700 mungkin akan diupdate menjadi D700s atauD700x, meski sejujurnya kamera APS-C modern sudah sangat baik.
  • Nikon akan sangat kuat di 2011 dalam penjualan, dengan mengandalkan D3100, D7000, D3s dan D3x. Nanti di 2011 diprediksi Nikon akan meluncurkan D800 (full frame), D400 (APS-C flagship), D5100 (penerus D5000), D4 (full frame) dan Coolpix mirrorless (kamera saku sensor besar tapi bukan DX).
  • Sony akan melanjutkan A700 dengan produk baru yang ditunggu-tunggu. Rumornya Sony akan membuat sensor 24 MP yang membuahkan tanya berapa banyak lensa Sony yang mampu mendukung sensor sedetail ini.
  • Canon yang sudah membuat 60D dan 7D tidak banyak memproduksi kamera baru di 2011 kecuali penerus 550D. Canon juga kemungkinan membuat kamera mirrorless dengan bodi seperti G12 atau S95.
  • Olympus diprediksi akan meneruskan sukses mirrorlessnya dengan membuat E-P3 dan E-PL2. Nah, E-PL2 sendiri akan menarik sebab disinilah Olympus mencoba bermain di segmen mirrorless ekonomis.

Inilah kurang lebihnya yang diulas oleh Thom Hogan. Saya hanya mengutip dan menterjemahkannya secara asal-asalan, untuk tulisan sebenarnya sebaiknya baca sendiri saja tulisan dia di webnya. Intinya tren kamera kedepan akan semakin menarik, semakin canggih dan semoga semakin murah :)

About these ads

4 comments

  1. wait and see. Karena kita hanya pengguna. Jika bermanfaat ya sikat. Itupun kalau ada kebutuhan, JIka tidak, explore saja kamera lawat. Dalam fotografi nggak hanya perangkat yang bicara namun kreatifitas. Thanks infonya mas gaptek.

  2. salam kenal mas gaptek..
    saya mau bertanya ni mas..sebagai seorang pemula lebih baik memakai canon eos 550d atau d3100?
    dan menurut mas gaptek antara canon eos 550d dengan d3100 lebih bagus mana?
    tolong sarannya mas
    terimakasih..

Comments are closed.