Lima kamera saku keren harga dibawah satu juta

Sudah tidak sabar mau belanja kamera buat libur akhir tahun tapi dana terbatas? Mau cari kamera yang keren tapi dana belum cukup? Daftar yang akan saya sajikan ini mungkin bisa jadi solusi buat anda dimana dengan dana satu juta bahkan kurang, anda bisa membawa pulang kamera saku keren keluaran terbaru (tahun 2010) yang tidak malu-maluin. Tidak percaya? Langsung saja kita kupas..

Canon Powershot A3000 IS

Kamera saku keren dari Canon dengan lensa 4x zoom ini di pasaran dijual bervariasi dengan harga maksimal satu juta rupiah. Anda tidak perlu membayar lebih mahal untuk kamera lain karena si mungil ini sudah memiliki sensor 10 MP, prosesor Digic III, Image Stabilizer, layar 2,7 inci dan ditenagai baterai Lithium. Kalaupun ada kekurangan dari kamera A3000 IS ini mungkin adalah resolusi videonya yang cuma 640 x 480 piksel alias VGA movie. Tapi rasanya dengan harga satu juta bila kita meminta HD movie kok rasanya terlalu berlebihan ya..?

Panasonic Lumix DMC-F2

Dulu kamera Lumix tergolong mahal meski kini lambat laun harganya semakin terjangkau. Satu produk dari Panasonic bernama Lumix F2 ini punya fitur yang hampir sama seperti Canon A3000 IS di atas, yaitu sensor 10 MP dan lensa wide 28mm dengan 4x zoom yang sayangnya tidak dilengkapi dengan stabilizer OIS. Lumix F2 ini mampu merekam video resolusi WVGA (848 x 480) yang lebih lebar dari resolusi VGA biasa. Sebagai tambahan, layar Lumix F2 ini berukuran 2,7 inci dan ditenagai baterai Lithium. Harganya? Kurang dari satu juta, alias 990 ribu….

Update : Lumix F2 diluncurkan bersamaan dengan kembarannya bernama Lumix F3. Keduanya sama persis dalam bentuk dan spesifikasi dasar, namun bedanya F3 sudah memakai lensa wide 28mm, memakai sensor 12 MP dan bisa HD movie. Kini Lumix F3 dijual di harga 990 ribu dan F2 turun jadi 900 ribu. Kabar baik tentunya kan..?

Casio Exilim EX-Z16

Dengan harga 850 ribu, anda bisa membawa pulang kamera tipis khas Casio bernama Exilim EX-Z16 dengan lensa zoom 3x ini. Sulit mencari kamera lain dengan harga semurah ini, yang punya fitur sekelas EX-Z16 ini. Betapa tidak, sensor 12 MP dengan stabilizer saja sudah sulit dipercaya bisa dijual di harga 850 ribu. Belum lagi fitur lain seperti WVGA movie, layar 2,7 inci dan baterai Lithium. Apalagi ada empat warna untuk dipilih : hitam, silver, pink dan merah.

Kodak Easyshare M530

Merk Kodak memang lambat laun semakin jarang terdengar, namun tidak ada salahnya saya sampaikan kalau Kodak juga punya kamera 12 MP dengan lensa 3x zoom yang juga dijual di kisaran harga 850 ribuan. Kodak M530 juga memiliki layar 2,7 inci dan baterai Lithium. Sayangnya tidak seperti Exilim Z16 di atas, Kodak M530 ini tidak memiliki fitur stabilizer, dan urusan video juga hanya tersedia resolusi VGA saja.

Canon Powershot A495

Tidak suka kamera dengan baterai Lithium? Atau mau mencari kamera termurah tapi tidak murahan? Cobalah Canon A495 seharga 750 ribu ini. Resolusi sensornya sudah 10 MP, lensanya 3,3x zoom dengan prosesor Digic III. Namun harganya yang murah harus ditebus dengan hilangnya fitur Image Stabilizer dan layarnya yang agak kecil dengan 2,5 inci. Urusan video cukuplah di resolusi VGA yang untungnya bisa mencapai 30 fps.

Kesimpulan :

  • dengan dana kurang dari 1 juta, di tahun 2010 ini kita bisa mendapat kamera bermerk dengan resolusi 10-12 MP
  • hanya Lumix F3 yang dibekali fitur HD movie, lainnya bervariasi antara WVGA hingga VGA (namun menurut saya sih format WVGA sudah tergolong mencukupi untuk urusan rekam video)
  • umumnya kamera di atas memakai baterai Lithium dan layar 2,7 inci, kecuali A495 dengan baterai AA dan layar 2,5 inci
  • umumnya kamera di atas memakai lensa zoom 3-4x yang tergolong normal untuk kamera saku, hanya Lumix yang memberi lensa dengan fokal lebih wide (F2 = 33mm, F3 = 28mm)
  • ini yang penting : tidak banyak kamera murah yang memakai stabilizer, maka itu Canon A3000 IS dan Casio EX-Z16 patut diacungi jempol (sekaligus jadi top rekomendasi dari saya)
  • jangan harap fitur lebih dari kamera murah, umpamanya fitur manual mode. Untungnya fitur Auto dari kamera masa kini semakin baik, seperti bisa mendeteksi wajah, bisa mengenali suasana sekitar (scene recognition) dan bisa menentukan scene mode secara otomatis.

Pesan : Bila anda suka artikel ini dan berencana membeli kamera secara online, anda bisa membelinya pada sponsor blog ini melalui saya. Lebih praktis, aman dan sekaligus menunjukkan dukungan anda pada blog ini.

About these ads

38 comments

  1. mas panasonic lumix F3 kok gak masuk, kan hrgnya jg dibwh 1 jt?
    selain itu jg sdh bs merekam video res. 1280 x 720

    1. F2 dan F3 sama, bedanya di fokal lensa, resolusi sensor dan HD movie. Saat tulisan ini dibuat harga F2 990 ribu, sekarang F2 sudah turun jadi 900 ribu dan F3 jadi 990 ribu. Terima kasih atas masukannya, tulisan diatas sudah saya update.

      1. kira” Harga+ongkirnya kalok luar jawa berapa.
        & uangnya di transfer atau saat pengiriman……?
        Casio Exilim EX-Z16

  2. wah info yg bagus, buat lagi utk tahun 2011, kalo benq C1450 bagaimana, harga 800rb 14 mp ???

  3. hidup lumix f3, saya jadi makin mantap untuk ambil kamera itu. kalau ada yang mau beli dengan harga dibawah 800 hubungi saya

  4. Pingin beli yang :
    CASIO EXILIM EX-Z16 – MERAH

    minta data :
    1. harga
    2. ongkos kirim
    bintaro – Tangerang
    3. lama pengiriman

  5. Gan kamera Lumix DMC-F2 saya tertarik mau beli, maaf lama pengiriman biasanya berapa hari dan ada testimony gak dari yg udah beli kamera2 dar situs ini thanks…

  6. casio exilim’a dh gk d produksi lg y?
    tapi mau…kra”msh ad gk?
    harga brp?
    krim k depok…

  7. kamera akoh rusak kalo di benerin bisa nga yea? merk olympus 850sw, padahl kamera’a nga jatuh atau terbentur tapi rusak.. kata’a sih sensor kamera’a kena .. semnjak rusak saia nga bisa foto” lagi kalo sedang jalan” ma temen” :’(.. kalo di benerin biaya’a brapa yea mas :)

  8. kalo camera sensor lensa’a rusak padahal nga jatoh atau terbentur apapun tuh kena berapa yea biaya servis’a? merk camera’a olympus tipe 850sw

    terus kalo mau beli kamera yg di bawah 1 juta masih ada nga..? kalo masih ada sebaik’a saia beli kamera seperti apa..?

  9. MINTA SARAN NEH MAS GAPTEK:
    Bingung milih KamDig,mumpung ada promo KamDig di bawah 1juta. Minta rekomendasi dari casio ex-Z 2 : 765.000
    casio exilim z370 : 975.000
    kodak cd 44 : 899.000
    canon Power Shot A800 : 875.000….
    yang mana uda ada image stabilizernya???

    mohon dikasi penjelasn singkat. Suksme, matur Suwun b4..

    1. Untuk spek bisa dicek di internet saja mas, tapi untuk saat ini yg saya rekomendasikan adalah lumix s-1 dgn harga dibawah 1 jt udah stabilizer dan HD movie juga.

Comments are closed.