Nikon D7000 vs Canon EOS 60D

Inilah pertarungan sengit antara dua kamera DSLR di kelas menengah untuk tahun ini. Nikon yang hadir dengan D7000 (penerus D90) melawan Canon yang mengandalkan EOS 60D (boleh dibilang penerus EOS 50D, walau dalam beberapa aspek penerus EOS 50D yang sesungguhnya adalah EOS 7D). Walau di awal saya sampaikan kalau keduanya sama bagusnya, tentu bedah fitur keduanya membuat kita penasaran kan? Yuk simak bagaimana duel raksasa kali ini.

Dilihat dari penampilan, D7000 tampak sedikit lebih kecil dibanding 60D. Perbedaan utamanya justru dari material bahan bodinya, dimana D7000 memakai magnesium alloy sedang 60D memakai polycarbonate resin (plastik). Suatu hal yang berkebalikan karena dulu D90 yang memakai plastik sedang 50D justru memakai magnesium. Keduanya memiliki desain yang mirip, terutama bagaimana penempatan mode dial dan layar LCD di bagian atas. Kamera Nikon kelas menengah memiliki tombol putar di bagian depan yang bisa diputar dengan jari telunjuk, sedang Canon selalu menempatkan tombol putar di dekat tombol shutter.

Lensa kit D7000 sedikit lebih pendek dibanding lensa kit 60D, sehingga pada perbandingan di atas 60D tampak lebih panjang. Dari gambar di atas nampak pula bahwa desain layar top LCD dari 60D tidak berbentuk persegi panjang, sementara untuk desain grip nampak D7000 lebih kecil dan sempit dibanding 60D. On-off di D7000 seperti biasa melingkari tombol shutter, sedang 60D kini menempatkan on-off di dekat mode dial di sebelah kiri.

Perbedaan utama yang nampak dari belakang adalah tata letak tombol. D7000 memiliki empat tombol yang berderet di sebelah kiri layar, sedang 60D dengan layar sistem lipatnya membuat tidak mungkin ada tombol apapun di sebelah kiri layar. Kendali putar di bagian belakang yang dioperasikan dengan jempol berbeda dalam desain, dimana 60D memakai sistem roda seperti layaknya DSLR Canon kelas profesional lainnya.

Sebelum membahas perbedaan fitur dan kinerja keduanya, ada baiknya melihat dulu ringkasan head-to-head dari D7000 dan 60D berikut ini :

Ditinjau dari sensornya, meski D7000 kalah dalam hal resolusi namun dalam kenyataan di lapangan perbedaan 16 MP dan 18 MP tidak signifikan (16 MP = 4928 x 3264 sedangkan 18 MP = 5184 x 3456). Kinerja burst keduanya juga relatif berimbang antara 5 hingga 6 fps yang tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat. Dari tabel di atas nampak keduanya juga berimbang dalam hal maksimum shutter speed dan flash sync, hanya sebagai catatan pada D7000 dengan FP mode nilai flash sync bisa dinaikkan ke 1/320 detik. Kemampuan ISO keduanya sama-sama maksimum di ISO 6400 (batas tertinggi untuk hasil foto yang masih layak) namun ISO keduanya bisa dipaksa melampaui angka tersebut dengan resiko gambar jadi jelek, sehingga rasanya ISO 12800 atau ISO 25600 semestinya tidak terlalu dibutuhkan.

Nikon D7000 di atas kertas lebih unggul soal auto fokus dan metering, dengan 39 titik AF (9 diantaranya cross type) dan 2016 piksel metering, plus 3D AF tracking yang akurat. Di lain pihak EOS 60D cuma memiliki 9 titik AF yang semuanya cross type (bahkan EOS 7D hanya punya 19 titik AF) sedang untuk metering 60D mengandalkan 63 area zona metering. Dalam dunia nyata, angka yang tinggi memang memungkinkan akurasi lebih baik, namun hasil sangat tergantung pada fotografer dan kondisi pemotretan.

Tampilan di layar LCD khususnya untuk menu sudah sangat lengkap dengan struktur menu khas Nikon untuk D7000 (list ke bawah) dan khas Canon untuk 60D (list ke kanan).

Menu D7000

Menu EOS 60D

Keunggulan utama Nikon D7000

Satu hal yang tak terbantahkan adalah kesan profesional yang dirasakan saat melihat dan memakai D7000. Bodi yang kokoh, dilindungi dengan weather seal, serta adanya dual memori slot menandakan kamera ini sanggup diandalkan oleh para profesional. Hal lainnya adalah adanya berbagai tombol dan kendali langsung yang disukai fotografer profesional.

Keunggulan utama Canon EOS 60D

Bila tujuan membeli DSLR adalah untuk dimaksimalkan dalam merekam video, maka 60D mengungguli D7000 dalam hal tersebut. Dengan layar LCD yang bisa dilipat dan diputar membuat merekam video (dan juga memotret dengan mode live-view) menjadi mudah dan nyaman. Belum lagi 60D memberi berbagai pilihan untuk resolusi video berikut frame rate-nya hingga maksimal 1920 x 1080 piksel dan 30fps. Keunggulan lain 60D terhadap D7000 adalah harga jualnya yang lumayan terpaut banyak, saat ini 60D kit dijual 11 juta sedang D7000 kit dijual 13 juta.

Kekurangan kecil Nikon D7000

Tidak ada gading yang tak retak. Beberapa hal kecil yang cukup disayangkan untuk kamera selengkap D7000 diantaranya adalah tidak ada histogram saat live view (bahkan semua kamera saku bisa melakukan ini) dan tidak menampilkan nilai ISO di viewfinder optik (sebaliknya, 60D bisa).

Kekurangan kecil Canon EOS 60D

Untuk kamera yang mewarisi semua fitur dari nama besar EOS ‘dua digit’ semestinya Canon tidak menghilangkan fitur micro AF adjust di 60D. Tanpa fitur ini, beberapa lensa yang mengalami front focus atau back focus tidak bisa dikalibrasi ulang (fitur ini ada di D7000).

Kesimpulan

Kedua kamera ini sama-sama mantap, bisa dimiliki sebagai kamera pertama anda maupun anda yang ingin upgrade (misalnya sudah punya Nikon D40/D60/D70/D80/D90/D3000/D5000 atau EOS 400D/450D/500D) namun anda yang punya 40D atau 50D lebih disarankan upgrade ke EOS 7D. Kualitas foto dan video yang dihasilkan keduanya tak perlu diragukan. Sensor keduanya sudah mampu dipakai untuk hasil cetak resolusi tinggi dan fitur videonya sudah mencukupi untuk membuat klip berkesan profesional. Kinerja keduanya juga cukup cepat, apalagi bila pemakainya bisa memaksimalkan tombol, kendali putar dan tuas yang terdapat di berbagai sisi kamera.

Nikon D7000 semestinya lebih akurat dalam urusan auto fokus dan metering, meski 60D tidak bisa dibilang kalah dalam aplikasi di lapangan. Pilihan lebih baik ditujukan dengan mengacu anggaran yang ada, rencana pemakaian kamera ke depan (lebih banyak outdoor atau hanya di studio), rencana pasangan lensa (bila membeli body-only) dan apakah anda perlu layar LCD lipat atau tidak. Terakhir, untuk memberi sedikit gambaran buat pembaca yang lain, luangkan waktu anda untuk mengisi polling saya berikut ini.

About these ads

165 thoughts on “Nikon D7000 vs Canon EOS 60D

  1. salam kenal semuanya saya masih bingung dala memilih nikon D7000 atau Canon 60D karena saya melihat spesikasi keduanya masing2 ada keunggulan dan kelemahan khususnya di canon 60D yang lebiih unggul dalam pengambilan video dan Nikon D7000 yang lebih unggul dalam autofokus dan matering, menurut mas gaptek bagus saya mengambil Canon 60D atau Nikon D7000 karena saya banyak menggunakannya untuk wedding, mohon masukan mas gaptek dan kawan2

    • Kalo fotografer bule ada yang bilang, canon bagus untuk kulit, nikon bagus untuk langit. Maklum, color depth kamera nikon emang tinggi2, warna hasil foto nya jadi lebih crispy, lebih kuat dan menurut saya si lebih oke. Tergantung selera Mas. Kalo saya bakal pilih D7000. Soalnya kalo udah terbiasa dengan nikon, foto2 jadi lebih cepat n mudah. Kecuali untuk kelas profesional, Canon lebih banyak dipake sama pemula yg agak males ngulik n sukanya user friendly since beginning :D.
      Kecuali soal gak ada iso di viewfinder, prioritasnya menurut saya jg jelas, seperti metering n autofokus. Please, no offense buat canon lovers. Cuma pendapat pribadi.

      • Yap, nikon hasilnya lebih bagus untuk lanscape dan canon untuk model. Kalau urusan pengoperasian, tergantung orangnya lebih mudah mana. Ada yang bilang canon, ada juga yang bilang nikon. Kalau saya suka canon karena pengoperasian bisa cepat dengan grip putar (level semi dan pro). Kalau nikon karena pengendalian noise nya. Hehehe

  2. Drpd nikon D7000, sy pilih canon 60D ( dibaca GOD=dewa) hehehe..Memang canon dewanya urusan kamera..Pengoperasian & pembacaan menu2nya mudah untuk pemula & profesional..Hasil fotonya pun dewa bgt..

  3. saya pilih nikon, karena nikon adalah merk kamera, bukan merk mesin fotocopy, scanner dan printer, thats all…

  4. Mohon bantuannya…
    saya belum pernah pegang kamera DSLR sebelumnya. tp saya sdh tertarik pd Fotografi sjk lama, dan pengen sekali punya kamera DSLR. hanya sj msh bingung milih yang mana. kira2 untuk pemula seperti saya, Nikon D7000 bisa digunakan??karna sy tertarik pd nikon D7000, meski itu semi-pro.
    tolong beri saran! kamera apa yang akan sy pilih dan stidaknya yang tidak akan menyulitkan sy nantinya (minimal sy tdk akan menyesal)….
    Terima Kasih

    • Kalau menurut saya untuk pemula nikon itu D5100 yang bagus. D7000 lumayan ribet pengaturannya, tapi kalau terbiasa mudah kok

  5. Jujur yaaaa , saya lebih memilih kamera kodak jaman dulu , karena kalo ga ada kamera itu , DSLR yg saat ini Trend2 nya pun ga akan ada….

    hehehehe , intermezoooo sedikit :D

    Tapi saya lebih pilih D7000 !
    karna EOS 60D kaka saya udah punya ,jd bisa pinjem ,kalo D7000 saya belom punya , harus beli itu….

  6. gimana yah….dari jaman kakek sampai bokap gwe penggemar nikon….jadi rasanya giliran gwe juga ikutan pilih Nikon….nggak bisa kelain hati dah…

  7. Salam senyum dari saya
    terimakasih banyak atas tulisannya, semoga bermanfaat untuk kita smua yang membacanya, dan menambah pengetahuan kita semua, sekilahnya bisa saling silaturahmi, silahkan kunjung ke blog saya. terimakasih

  8. wah.. tulisan anda sangat baik dan menambah pengetahuan dan informasi untuk saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang lainnya dan menambah wawasan. salam dari saya, terimakasih yah

Comments are closed.