Poll : Seperti apa kamera digital yang ideal menurut anda?

Pertanyaan ini bisa membawa banyak jawaban. Tapi tentu bukan jawaban seperti ‘murah tapi bagus’ atau ‘kamera dengan fitur paling lengkap’ yang saya harapkan karena jawaban semacam itu terlalu umum dan tidak substansif. Kita coba kesampingkan dulu soal fitur dan segala istilah marketing yang kerap membiaskan kita saat menilai sebuah kamera digital seperti kecepatan auto fokus, burst mode, kejernihan layar LCD atau HD movie. Bagi saya, esensi kamera digital yang ideal adalah kamera dengan ukuran kecil, punya ukuran sensor cukup besar dan lensa zoom bukaan besar. Mengapa?

Ukuran kamera yang kecil membuat kita bisa membawa kapan saja kamera ini kemanapun tanpa merasa berat atau repot. Sensor berukuran besar maksudnya supaya bisa didapat kinerja ISO tinggi yang lumayan bersih dari noise. Lensa zoom bukaan besar tentu supaya bisa memakai shutter lebih cepat dari lensa bukaan kecil. Tentu selain tiga itu, saya juga menghendaki kamera dengan kecepatan tinggi, kendali manual yang lengkap, metering dan WB yang akurat, layar yang jernih dan mampu merekam video HD. Tapi fokuskan saja topik kali ini pada tiga aspek tadi : ukuran kamera, ukuran sensor dan bukaan lensa (diafragma).

Ideal itu bisa diartikan juga sebagai sesuatu kondisi yang tidak bisa terwujud dalam dunia nyata, maka itu sulit menemukan kamera ideal versi saya di pasaran. Selalu ada kompromi dimana salah satu aspek akan dikalahkan.

Contoh :

  • Kamera DSLR punya sensor besar. Sedangkan lensa zoom bukaan besar untuk DSLR ukurannya lebih besar dari lensa pada umumnya (dan jauh lebih mahal). Maka itu komprominya adalah dalam urusan kepraktisan (repot dan berat membawa kamera plus lensa). Tidak nyaman untuk selalu menenteng Nikon D300 dengan lensa 17-55mm f/2.8 kemana-mana kan?
  • Kamera saku tipe tertentu kini mulai memberikan lensa zoom bukaan besar. Sayangnya ukuran sensor yang dipakai masih sensor kecil, maka itu komprominya adalah noise di ISO tinggi. Meski punya lensa bukaan besar, bila tiba waktunya kita memakai ISO tinggi, maka kamera dengan sensor kecil tetap akan menunjukkan kelemahannya. Kamera yang saya maksud diantaranya : Lumix LX series, Canon S90/S95, Olympus XZ-1 dan kini ada Fuji X10.
  • Kamera mirrorless kini mampu memberikan sensor seukuran DSLR, yaitu sensor APS-C dalam ukuran bodi kamera yang kecil. Namun lensa zoom yang disediakan sebagai lensa kit memiliki bukaan yang kecil, biasanya bukaan lensanya adalah f/3.5-5.6 yang menyulitkan untuk memakai shutter cepat. Maka itu saat kondisi kurang cahaya, kamera semacam ini komporminya adalah lemah di low light, dia akan lebih mengandalkan untuk menaikkan ISO yang berpotensi menambah noise pada hasil foto. Kamera mirrorless yang saya maksud diantaranya Sony NEX dan Samsung NX, atau juga dari kubu micro 4/3.

Rasanya belum ada sebuah kamera yang semungil kamera saku, punya sensor sebesar APS-C dan punya lensa zoom bukaan besar (misal f/2.0-2.8) dalam satu unit. Mengapa, karena produsen tidak bisa melawan hukum alam, sensor besar pasti perlu lensa yang besar bila ingin bisa membuka sampai f/2.0 dan untuk itu tidak mungkin dikemas dalam kamera seukuran kamera saku. Tiap orang pun punya preferensi berbeda, ada yang rela investasi besar untuk membeli DSLR dan lensa cepat, ada yang  mencoba kamera mirrorless dan ada yang cukup dengan kamera saku berlensa cepat, semuanya dengan kompromi masing-masing. Bagaimana dengan anda, kompromi apa yang anda akan ambil?

23 thoughts on “Poll : Seperti apa kamera digital yang ideal menurut anda?

  1. saya pilih Kamera sensor besar dan lensa bukaan besar. Ukuran yang besar tidak jadi masalah, karena tujuan kita adalah foto dan tentunya foto yang berkualitas jadi lensa lambat akan mempengaruhi kualitas foto ( low light ) apalagi sensor kecil.

  2. yg penting hasil fotonya bagus,mas.. n_n

    oya, ulas tentang cara merawat kamera donk..apa aja tool-tool yg diperlukan..

      • D90 aku jarang pakai kadang seminggu baru w hidupkan sekali, . .dan lensa standard saya juga gak pernah di lepas dari body, . .keduanya saya simpan di dalam kotak bawaan D90 terus, . .tapi dalam keadaan baterai di lepas, . .
        menurut mas, apakah cara meyimpan saya seperti itu aman?
        apa cara seperti itu dapat menyebabkan kerusakan pada kamera dan lensa saya?
        Makasih, . .

      • Pak, boleh gak iya kasih rekomendasi lagi,hehehe ^_^

        Drybox apa iya yang sesuai untuk D90 BO + 18-55 saya iya? mengingatnya mereknya juga banyak di camzone, . .

        Kalo Drybox yang bisa utk D90 BO + 18-55 + 50mm 1.8? rencana mau tambah lensa juga,hehehe, . .

        Makasih

  3. Kalo ada 10jt ditangan dan diminta dihabiskan untuk beli kamera maka saya akam memilih :
    Sony A33 + lensa bekas minolta 70-210 f4. karena punya kecepatan 7fps.
    masih ada sisa bisa beli lampu flash sunpak. Jadi intinya saya mending mengorbankan ukuran

  4. Dear
    Mas Gaptek yang ganteng,………
    mohon bantuan info,
    Perbandingan Puji film finepix s 4000, nikon coolpix L120, dan Lumix DMC FZ 45.
    yang terbaik buat mas gaptek yang mana????
    oh ya,….harga terkininya jangan di lupain yah,…….trims sebelumnya.

      • pagi mas gaptek,……….
        dengan berat hati dari rencana beli fz 45 atau hs 20,….budgetnya gak nyampe,….jadinya cuma bisa sampe S3300,…..
        btw nanya lagi boleh gak???
        setingan paling baik untuk setiap menu di finepix S3300,…….mohon bantuannya,……

  5. mw nanya mas gaptek,,,, antara nikon L120 dengan fuji s3300 nya mas mas milih yg mana..??? minta pendapatnya mas.. bru nyari kamera nih… nuhun,,,,

  6. ada budget 6jt… bingung mau beli kamera apaan yah??? saya ada kamera D20 tp bodynya lg dibengkelin…

  7. mas, saya ingin membeli canon a1200, tapi saya takut gambarnya kabur karena nggak ada image stabilizernya, sementara kalau yg sudah ada ISnya bugjetnya nggak cukup, seberapa jauh sih pengaruh IS? bagaimana dgn nikon L23 atau s2500, lebih bagus mana Mas dengan canon a1200? bagaimana saran mas? ataukah saya menunggu harga kamera turun ya? tapi sampai kapan???

  8. mas gaptek SONY DSC H55 itu bagus gak ya? soalnya saya lebih suka kamera digital yang budget cuma 2,5jt-3jt…
    terus kadang ada yang tulisannya made in china sama made in japan apakah sama semua itu mas gaptek?apa jadi masalah?

    • Bagus tidaknya sih relatif, tapi budget segitu sudah sangat banyak utk kamera saku generasi skrg (saya beli ixus aja cuma 1,7 juta udah bagus). Secara sugesti sih made in japan lebih meyakinkan, tapi nikon saya malah made in thailand, ha..ha..

  9. Ya, yg paling bagus emang made in jepang pasti ada bedanya dengan made ini cina thailand atau korea , kalau saya sarankan membeli kamera saku pilih sony lrena sy sudah punya semua merk namun sony paling sip

  10. mas gaptek yang aduhai tolong dong pilihin camera antara HS20EXR atau Nikon P500 ? yang terpenting adalah hasil fotonya tolong dibalas

  11. mohon petunjuknya mas, keunggulan dan kekurangan antara canon powershot sx260 hs, dengan nikon coolpix s9300. trims sebelumnya mas

Comments are closed.