Memperkenalkan Layanan Cetak Foto Online ‘Premio Photo’

Di tengah pesatnya era digital imaging, cetak foto mungkin terasa jadul karena sekarang orang lebih suka berbagi foto lewat internet. Tapi tahukah anda, cetak foto masih merupakan kebutuhan fotografi modern lho. Buktinya saat ini banyak studio foto yang menawarkan paket foto keluarga, jasa foto wedding sampai bisnis photobook. Apalagi sekarang resolusi kamera digital terus bertambah, menggoda kita untuk menjajal cetak foto lebih besar. Kali ini saya hendak memperkenalkan satu layanan cetak foto yang memfokuskan pada tiga hal : ukuran besar, sistem online dan kualitas premium. Namanya Premio Photo (premiophoto.com). Apa saja layanan yang disediakan Premio Photo, simak selengkapnya.

Cetak Kanvas

Foto yang dijadikan kanvas punya karakter berbeda, lebih artistik dan berkelas. Untuk bisa mencetak foto di kanvas memang perlu dikerjakan oleh tempat cetak foto khusus, karena perlu cara dan mesin tersendiri. Sayangnya saat ini kebanyakan tempat pembuatan foto kanvas masih belum memuaskan dalam hal hasil kerjanya, misal kualitas fotonya kurang baik, atau warnanya kurang natural sampai kualitas kanvasnya yang pas-pasan. Salah satu alasannya adalah demi menekan harga produksi, atau mesin yang dipakai umurnya tua. Cara mencetaknya juga konvensional, yaitu mencetak di kertas foto lalu dikelupas dan dipress di kain kanvas.

Kini ada cara lebih modern dan dipakai banyak profesional di seluruh dunia dalam mencetak kanvas, yaitu dengan mesin cetak foto digital wideformat dan memakai kanvas roll (lihat contoh di atas). Teknik ini membutuhkan kanvas yang khusus untuk cetak digital yang dirancang untuk menyerap tinta dengan optimal. Mesin-mesin cetak yang dipakai Premio Photo adalah mesin wideformat 44 inci dengan 12 warna dan memakai tinta pigmen asli, bukan refill. Dengan mencetak langsung di atas kanvas, kualitas cetaknya juga lebih baik dan bisa cetak ukuran besar.

Premio Photo menyediakan empat pilihak kanvas terbaik untuk hasil profesional, yaitu :

  • Canvas colorsphere : bisa memilih tipe semigloss (kilap) atau doff (matte)
  • Canvas Leonardo : kanvas premium dari Hahnemuehle, berjenis kilap
  • Canvas Monet : kanvas premium dari Hahnemuehle, berjenis doff
  • Canvas Daguerre : kanvas premium dari Hahnemuehle, berjenis doff dan permukaannya putih terang

Sebagai info, kanvas Colorsphere adalah yang paling ekonomis tapi hasil cetaknya sudah bagus. Sedangkan kanvas premium dari Hahnemuehle dipakai di seluruh dunia buat kebutuhan galeri, seniman, reproduksi lukisan sampai hiasan berkelas. Untuk memesan cetak foto kanvas bisa klik disini.

Cetak foto ukuran besar

Kalau anda cetak foto ukuran besar, seberapa besar yang anda inginkan? Kalau baru 10R atau 12R itu belum termasuk foto besar. Kini di Premio Photo anda bisa cetak sampai ukuran 24R bahkan lebih. Mungkin anda penasaran, untuk apa cetak foto sebesar itu? Pastinya kalau kita ingin menjadikan foto istimewa seperti foto keluarga, foto pernikahan atau semacamnya, lebih baik dicetak besar kan?

Bagi fotografer yang ingin mengadakan pameran foto, mencetak fotonya pun tentu dalam ukuran besar, misalnya 40×60 cm (16RS). Untuk itulah Premio Photo menawarkan cetak foto ukuran besar dengan berbagai pilihan kertas yaitu :

  • kertas foto (tentu saja..) dengan pilihan glossy,  satin (semi gloss) atau luster (glitter)
  • kertas FineArt (berbahan katun) yang tebal dan cocok untuk pameran foto :
    • FineArt Photorag Ultra Smooth : halus, putih terang, doff
    • FineArt Museum Etching : bertekstur, putih natural, doff
    • FineArt Baryta : gloss, tebal dan mewah

Untuk memesan cetak foto secara online klik disini.

Photobook

Yang satu ini memang lagi tren, bisa untuk keluarga, sekolah atau katalog produk. Photobook adalah album foto yang didesain dan dilayout dulu lalu dicetak dan dijadikan buku. Dalam perkembangannya, Photobook bisa berfungsi spesifik seperti weddingbook, storybook sampai coffee table. Banyaknya minat akan photobook ini membuat banyak usaha pembuatan photobook yang menawarkan berbagai variasi dan harga. Saat ingin membuat photobook, faktor yang perlu diperhatikan adalah kualitas cetak fotonya (ini penting lho..), kualitas pengerjaan bukunya (rapi tidaknya) dan harga yang ditawarkan.

Premio Photo juga membuat berbagai produk Photobook sambung dengan dua kelompok :

  • standard book : atau photobook reguler
  • premium book : photobook yang lebih mewah plus box penutup, bisa custom cover

Adapun ukuran yang bisa dibuat adalah 20×25 cm, 20×30 cm dan 30×30 cm dengan berbagai pilihan jumlah sheet (10, 15 atau 20 sheet).

Prinsipnya dalam pemesanan photobook, anda perlu melakukan layout final dulu seperti ukuran cetak, jumlah sheet, isi foto dan tulisan serta urutan fotonya. Setiap file berisi satu sheet photobook (karena album sambung, satu sheet adalah dua halaman yang bersebelahan). Setelah final baru dikirimkan kepada Premio untuk dibuatkan photobook.

Untuk pemesanan Photobook bisa klik disini.

Order Online

Premio Photo mengerti bahwa anda sibuk dan tak sempat meninggalkan meja untuk sekedar cetak foto. Untuk itu pemesanan bisa dilakukan secara online melalui website, termasuk melakukan upload foto yang akan dicetak.

Urutan pemesanan online di Premio Photo :

  • pilih produk
  • klik Reuest Quote
  • pilih jenis produk, ukuran dan finishing
  • isi data personal untuk pengiriman
  • upload foto (maksimal 15 MB, bisa multiple foto)
  • tunggu email jawaban (Quotation)
  • anda transfer dan konfirmasi
  • pesanan diproses dan dikirim via Tiki/JNE

Kalau foto yang akan dikirim lebih besar dari 15 MB bisa juga pakai email (info[at]premiophoto.com), dropbox atau kirim dalam bentuk CD. Oya, untuk pengiriman (atau yang mau datang langsung) bisa ke Ruko Thamrin Residence RC 15, Jl. Thamrin Boulevard Jakarta.

Lain-lain

Premio Photo juga menyediakan berbagai layanan fotografi seperti cetak foto dalam bentuk karikatur yang unik dan eksklusif. Buat yang menyukai hasil cetaknya dipasang di bingkai juga ada berbagai pilihan frame minimalis maupun frame mewah/klasik. Untuk mendapat update terbaru, silahkan menjadi fans di FB maupun follow twitter Premio.

4 comments

  1. Terimakasih atas info cetak fotonya, kebetulan saya sering bikin/cetak album kolase wedding, bisakah minta daftar harga ya..mungkin bisa dibilang paket atau sejenisnya.,

    1. Harga bervariasi tergantung jenis, ukuran album dan isinya. Harga mulai dari Rp. 240.000 untuk album standar ukuran 20 x 25 cm dengan 10 sheet.

Comments are closed.