Tokocamzone luncurkan paket Garansi Tahun Kedua untuk pembelian kamera digital

Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan saat kita membeli kamera digital, baik datang langsung ke toko maupun secara online, adalah soal garansi (warranty). Pada prinsipnya garansi adalah jaminan yang diberikan oleh produsen bahwa produknya telah melalui pengujian pabrik dan tidak mengandung cacat produksi. Selama periode tertentu (umumnya 1 tahun) kalau ada kerusakan akibat kesalahan produk (bukan kesalahan pemakaian) maka produk itu akan diperbaiki tanpa biaya oleh produsen, atau pihak yang ditunjuk oleh produsen. Tugas kita adalah menyimpan kartu garansi dan nota pembelian dengan baik, serta mengetahui lokasi service resmi terdekat. 

Meningkatnya permintaan kamera digital saat ini tak lepas dari semakin meluasnya hobi fotografi di kalangan masyarakat. Padahal kapasitas produksi kamera digital tidak bisa disamakan dengan ponsel atau elektronik lainnya, karena tingkat pembuatannya yang lebih rumit. Hal ini berdampak pada kemampuan produsen untuk menyuplai barang ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tiap produsen sudah punya perwakilan distribusi resmi di tanah air, seperti Canon (dengan Datascrip), Nikon (dengan Alta Nikindo), Sony, Olympus, Fuji, Panasonic dan lainnya. Masalah yang kerap muncul adalah ketersediaan stok yang terbatas apalagi kalau barang tersebut termasuk yang best seller.

Untuk mengatasi minimnya stok, banyak toko kamera yang memutuskan untuk melakukan impor kamera secara langsung. Artinya jalur distribusinya tidak lagi melewati jalur distributor resmi. Cara impor barang semacam ini bisa disebut juga dengan paralel impor. Disinilah muncul kesalahpahaman banyak orang yang menganggap bahwa barang yang didatangkan dengan cara paralel impor adalah barang yang counterfeit (palsu) atau rekondisi (refurbished).  Hal itu mungkin kerap ditemui di penjualan ponsel, tapi jarang dijumpai di pasaran kamera digital.

Disinilah perlunya kehati-hatian dalam memilih barang elektronik, dalam hal ini khusunya adalah kamera digital. Upayakan membeli barang dengan garansi resmi, sehingga kalau ada kerusakan dalam jangka waktu tertentu (biasanya 1 tahun) bisa diperbaiki ke service center resmi tanpa biaya. Namun kalau memang anda harus membeli barang yang diimpor langsung (karena alasan selisih harga atau karena tidak ada pilihan lain), pastikan membelinya di toko yang punya komitmen garansi sendiri, atau biasa dikenal dengan garansi toko. Salah satu tokonya adalah sponsor blog ini, yaitu Tokocamzone yang memberi komitmen garansi toko yang jelas, untuk barang yang mereka impor secara langsung. Di Tokocamzone anda akan menemukan produk kamera digital dengan garansi resmi maupun dengan garansi toko. Di websitenya bisa dilihat produk dengan garansi resmi ada keterangannya misal Garansi PT Datascrip (untuk Canon), Garansi PT Alta  Nikindo (untuk Nikon) dan sebagainya. Sedangkan produk dengan garansi toko tertulis Garansi 1 Year Service and Spareparts yang artinya produk itu dilindungi garansi toko mencakup biaya perbaikan dan suku cadangnya selama 1 (satu) tahun. Dengan catatan, kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan pemakaian seperti pecah/retak, masuk air/debu, bengkok atau putus, terbakar, maka tidak termasuk dalam perlindungan garansi toko.

Barang yang dijual di Tokocamzone tentunya merupakan barang baru dan bergaransi, baik itu garansi resmi maupun garansi toko. Kondisi fisik barang yang dijual dengan garansi resmi maupun garansi toko itu sama saja. Ambil contoh misalnya kamera Nikon yang diimpor langsung oleh toko (tanpa melewati jalur distribusi Nikon Indonesia) tetap saja dibuat oleh Nikon dan telah lolos quality control yang ketat Nikon. Demikian juga dengan merk lain seperti Canon, Fuji, Sony, Olympus, Samsung dan sebagainya, mereka semua punya standar kontrol kualitas yang ketat sehingga kecil kemungkinan barang yang cacat produksi lolos dari pabrik mereka dan masuk ke pasaran.

Meskipun garansi toko tetap saja berbeda dengan garansi resmi, tapi prinsip jaminan bagi konsumen pada dasarnya adalah sama. Mengapa? Karena kalaupun konsumen membeli produk dengan garansi toko, bila ada kerusakan dalam masa garansi (bukan karena kesalahan pemakaian) maka produk tersebut akan diperbaiki oleh pihak toko, tanpa biaya. Saat ini Tokocamzone memiliki staf yang terampil dalam penanganan kerusakan kamera, didukung dengan workshop yang lengkap dan hasilnya pun terbilang memuaskan. Bila pun ada suku cadang yang harus dibeli atau diimpor, maka toko akan menanggung semua biayanya. Bila produk tersebut perlu dikalibrasi ulang di service resmi pun, Tokocamzone yang akan membawanya kesana.

Garansi tahun kedua dari Tokocamzone

Tokocamzone bahkan tengah mencanangkan komitmen lebih serius untuk garansi toko dengan slogan TRIPOD (Teamwork, Reliable, Integrity, Problem solving, Objective, Decency). Untuk kamera yang rusak dalam waktu satu bulan sejak pembelian, akan diganti dengan unit yang baru. Lalu semenjak hari ini dicanangkan juga paket extended warranty untuk tahun kedua sehingga memberikan ekstra perlindungan kepada pelanggan dan memberi nilai tambah terhadap produk yang dibeli. Garansi tahun kedua memberikan perlindungan kepada pelanggan Tokocamzone berupa perbaikan jasa maupun pergantian spareparts pada tahun ke-2 setelah masa garansi awal (1 tahun pertama) habis.

Ketentuan yang perlu dicermati untuk paket garansi tahun kedua adalah :

Objek Pertanggungan

Kamera Digital pocket, prosumer, DSLR dan lensa. Untuk Handycam saat ini belum termasuk.

Masa Pertanggungan

Selama 1 (satu) tahun sejak berakhirnya masa garansi  tahun pertama. Tidak berlaku surut.

Jangkauan

Seluruh wilayah Indonesia, baik END USER maupun DEALER.

Pelaksanaan

Melalui penawaran sales dengan menempel sticker “Garansi Tahun Ke-2” pada nota asli pembelian dan kartu garansi, hanya pada saat proses penjualan berlangsung. Memberikan perlindungan 1 bulan pertama TUKAR BARU apabila terdapat factory defect. Apabila karena ketidak-tersediaan sparepart, sehingga menyebabkan unit tidak dapat diperbaiki, maka unit dan kelengkapannya diganti dengan:

  • Tahun pertama, 90% dari harga yang tertera di nota
  • Tahun kedua, 70% dari harga yang tertera di nota

Manfaat

Menambah kenyamanan atas barang yang dibeli di Tokocamzone, meningkatkan citra Tokocamzone, menambah pelanggan setia, menambah nilai layanan.

Nilai pertanggungan

Biaya (nilai pertanggungan) yang dibayar oleh konsumen untuk mendapatkan garansi tahun kedua :

  • harga objek antara Rp 500.000 – 4.000.000 : Rp.80.000
  • harga objek antara Rp 4.000.000 – 20.000.000 : 2.5% dari harga objek
  • harga objek diatas Rp. 20.000.000 : belum tersedia

Cara Klaim

Menyertakan Nota Pembelian Asli dan/atau Kartu Garansi Asli, yang sesuai dengan objek yang dibeli

Pertanyaan dan Jawaban

Untuk tukar baru dilakukan garansi tahun kesatu atau kedua?

 Tahun kesatu, tidak lebih dari 30 hari sejak nota pembelian

Jamur pada lensa termasuk factory defect, apakah jamur/kotoran pada sensor CCD/CMOS juga termasuk factory defect?

 Tidak termasuk, karena itu bukan factory defect

Apabila menginginkan Garansi Tahun Kedua beberapa hari setelah pembelian, apakah bisa?

 Tidak bisa, Garansi Tahun Kedua hanya dilakukan ketika proses pembelian bukan setelah pembelian

Bagaimana kalau ada customer lama yang sudah beli yang berminat?

 Maaf tidak bisa, karena ketentuannya adalah ini merupakan program yang baru dan tidak berlaku surut

Jika data claim yang diberikan tidak lengkap (salah satu hilang), apa bisa tetap mengajukan claim?

 Ya Bisa, itulah gunanya sticker pada Nota Pembelian dan Kartu Garansi sehingga salah satunya saja, bisa digunakan untuk claim.

Apakah  cara pengajuan claim Tahun Kedua disamakan atau berbeda prosesnya?

 Sama

Untuk alat yang sudah mendapatkan garansi dua tahun apakah bisa mengajukan garansi untuk tahun ketiga?

 Tidak bisa, saat ini hanya untuk garansi Tahun Kedua saja, jadi untuk alat yang hanya dicover garansi satu tahun.

Untuk pertanyaan seputar garansi dari Tokocamzone bisa mengubungi telepon (021) 7246835 atau 72792613.

About these ads