Berburu ponsel Android Dual Core berlayar 4 inci dibawah 2 juta

Serbuan ponsel Android murah sudah tiba. Berbagai merk yang bukan mainstream (umumnya buatan Cina) berlomba membuat produk dengan spesifikasi yang menyamai produk buatan Korea atau Jepang. Menariknya, harganya berani diadu, cukup antara 1 hingga 2 juta sudah bisa kita bawa pulang ponsel dengan OS Android terbaru dengan prosesor dua inti serta layar ukuran 4 inci. Kabar baiknya lagi, layar 4 inci disini bukanlah memakai resolusi layar HVGA (240×320 piksel) yang kurang tajam, tapi WVGA (480×800 piksel) yang tajam dan detil. Tertarik? Ikuti hasil penelusuran saya dari berbagai sumber termasuk dari Kaskus.

Inilah produk yang saya maksud, data per akhir tahun 2012, diurutkan sesuai harga (termahal hingga termurah) :

Update Feb 13 : Imo S99 Ocean : penerus Imo Discovery S88 dengan OS Jelly Bean

Ponsel ini hadir di awal 2013, hadir sebagai penerus Imo Discovery S88, ponsel populer karena kameranya yang sudah 8 MP itu.  Imo S99 dengan nama kode Ocean ini sudah membenamkan OS Android terbaru Jelly Bean. Bandrol harga ponsel ini adalah 1,6 jutaan.

Spek :

Android JB, Dual GSM, HSDPA, Prosesor MTK Cortex A9 Dual Core 1 GHz, GPU PowerVR SGX531, layar 4,7 inci HD 720 IPS, RAM 512 MB, ROM 4 GB, kamera 8 MP Auto Fokus, video HD 1080p, batere 1.800 mAh. Review dari Tabloid Pulsa baca disini.

Imo S99

Keunggulan produk ini adalah bodinya yang keren dan tipis, fiturnya yang high end kecuali memori yang masih memakai RAM 512 MB saja. Best buy gan..

Lenovo P700i : si baterai besar

Ponsel Lenovo saat ini sedang naik daun berkat gebrakannya membuat banyak produk sekaligus, yang umumnya berspek tinggi tapi harga menengah. Lenovo P700i ini harganya nyaris 2 juta, paling mahal diantara produk lain di daftar produk kali ini, tapi juga menjadi produk terbaik menurut saya.

Spek :

Android ICS, Dual GSM, HSDPA, Prosesor Arm V7 Dual Core 1 GHz, GPU PowerVR SGX531, layar 4 inci WVGA IPS, RAM 512 MB, ROM 4 GB, kamera 5 MP Auto Fokus, video HD 720p, GPS, batere 2.500 mAh.

lenovo_p700i

Keunggulan produk ini ada di kualitas bodi yang tidak terkesan murahan, baterai besar dan kamera auto fokus 5 MP dengan tombol kamera sungguhan (bisa tekan setengah untuk auto fokus). Sayangnya ponsel ini belum dilengkapi lampu untuk kamera dan juga tidak ada kompas magnetik.

Update 2013 : penerusnya adalah Lenovo P770 dengan layar 4,5 inci dan OS Jelly Bean. Selain itu di segmen value sudah hadir Lenovo A800 dengan harga 1,6 jutaan.

Polytron W2430 Wizard Twins : spek dan harga berimbang

Sebagai merk lokal, Polytron cukup agresif dalam berkompetisi di kancah ponsel Android dan salah satu produknya yang menarik adalah Polytron W2430 ini (rebranding dari ponsel Cina Gionee GN700W) dibandrol dengan harga 1,7 jutaan. Ponsel ini punya spek yang hampir berimbang dengan Lenovo P700i diatas, namun sudah dilengkapi dengan lampu kilat untuk kamera.

Spek :

Android ICS, Dual GSM, HSDPA, Prosesor MTK Cortex A9 Dual Core 1 GHz, GPU PowerVR SGX53, layar 4,3 inci WVGA IPS, RAM 512 MB, ROM 4 GB, kamera 5 MP Auto Fokus with flash, video HD 720p, GPS, batere 1.800 mAh.

Nilai plus ponsel ini adalah berimbangnya spesifikasi dan harganya, termasuk hal-hal yang absen di Lenovo P700i justru bisa ditemui di ponsel ini seperti lampu kilat dan kompas magnetik. Ponsel ini juga bisa terima sinyal FM tanpa colok earphone. Tidak ada kekurangan berarti dari spesifikasi ponsel ini.

Lenovo S560 : the Soundmonster

Lenovo jadi satu-satunya merk di artikel ini yang punya dua produk untuk saya ulas. Bila diatas ada P700i yang lebih umum, Lenovo juga punya S560 yang dibuat khusus untuk pecinta musik. Bagaimana tidak, ponsel seharga 1,7 juta ini sudah dibekali Dolby Digital yang dijamin akan memanjakan telinga anda dengan kualitas audio tingkat tinggi, bahkan dari speaker bawaan ponsel sekalipun.

Spek :

Android ICS, Dual GSM, HSDPA, Prosesor MTK Cortex A9 Dual Core 1 GHz, GPU PowerVR SGX531, layar 4 inci WVGA IPS, RAM 512 MB, ROM 4 GB, kamera 5 MP Auto Fokus, video 480p, stereo speaker berkualitas tinggi, GPS, batere 2.000 mAh.

Kekuatan utama ponsel ini selain dari fiturnya yang lengkap, tentu saja adalah kemampuan audionya. Ponsel ini pun punya antena radio FM jadi bisa menangkap sinyal FM tanpa perlu colok kabel earphone. Sama seperti kakaknya P770i, sayangnya ponsel S560 ini tidak  dilengkapi dengan kompas magnetik dan juga lampu flash.

Update 2013 : penerus Lenovo S560 adalah Lenovo S720 dengan layar 4,5 inci dan kamera 8 MP.

Mito A322 : si layar besar nHD

Ponsel seharga 1,3 juta ini  digadang-gadang adalah lawan dari Imo Discovery S88, namun dengan layar yang lebih besar yaitu 4,5 inci. Hebatnya lagi, resolusinya adalah nHD (540 x 960 piksel) alias lebih detil dari WVGA biasa. Kamera Mito A322 selain sudah auto fokus juga telah dilengkapi dengan flash, suatu fitur yang jarang dijumpai di merk pesaing.

Spek :

Android ICS, Dual GSM, HSDPA, Prosesor MTK 6577 Dual Core 1 GHz, GPU PowerVR SGX531, layar 4,5 inci nHD, RAM 512 MB, ROM 4 GB, kamera 5 MP Auto Fokus with flash, video HD 720p,  GPS, batere 1.700 mAh.

mito-a322

Kekuatan utama ponsel ini tentu saja ada di layarnya yang lega dan tajam, meski sayangnya belum berteknologi IPS. Kapasitas baterai yang agak pas-pasan memang jadi sisi lemah ponsel yang memakai bintang iklan para pesulap ini.

Smartfren Andromax-i : ngebut di EVDO

Andromax-i adalah rebranding dari ponsel Hisense E926 yang dipasarkan oleh operator CDMA Smartfren. Ponsel ini punya kemampuan dual SIM dengan satu CDMA (di-locked sama Smartfren) dan satu lagi untuk GSM. Prosesor dual core-nya dibuat oleh Qualcomm, dan GPUnya memakai Adreno 203, sesuatu banget kan..

Spek :

Android ICS, Dual-on CDMA-GSM, EVDO Rev A (GSM hanya untuk telepon dan SMS), Prosesor Snapdragon S4 Dual Core 1 GHz, GPU Adreno 203, layar 4 inci WVGA IPS, RAM 512 MB, ROM 4 GB, kamera 5 MP Auto Fokus, video VGA, GPS, batere 1.630 mAh.

Bagi yang menyukai koneksi data memakai CDMA ponsel ini memang cocok, dan juga fitur ponsel ini sudah terbilang lengkap. Apalagi menariknya, harganya hanya 1,2 juta rupiah dengan prosesor Snapdragon yang dibuat sama Qualcomm. Kekurangan ponsel ini adalah tanpa flash, dan juga tidak cocok bagi yang mencari ponsel dual GSM. Kapasitas baterai juga agak diragukan karena kurang besar untuk prosesor sekencang ini.

Update : Smartfren juga belum lama ini meluncurkan Andromax U dengan layar 4,5 inci dan RAM 768 MB.

Opini saya

Menurut saya ponsel Android dengan layar 4 inci sudah mencukupi, karena masih cukup nyaman digenggam dan dimasukkan ke saku.  Yang penting adalah resolusi dan kerapatan piksel layarnya, serta fitur tambahan seperti tekonologi IPS dan kaca yang kuat seperti Gorilla Glass. Jeroan yang mumpuni seperti prosesor dual-core, RAM berlimpah dan GPU kencang dibutuhkan buat mendukung kinerja tinggi dari Android terbaru (ICS dan Jelly Bean). Semua ponsel di artikel ini memang cukup terbatas dalam hal RAM tapi bisa dimaklumi karena harganya yang ekonomis.

Yang jelas ponsel (dan juga tablet) Android semakin canggih dan murah tentu adalah kabar baik. Hal ini akan memaksa merk mainstream (Samsung, LG, Sony dkk) untuk ikut banting harga dan konsumen lah yang akan diuntungkan.

 

Update : Artikel terbaru lebih seru, parade Android Quad Core 2 jutaan. Ayo disimak gan..

About these ads

35 thoughts on “Berburu ponsel Android Dual Core berlayar 4 inci dibawah 2 juta

  1. s7 bro, lyr 4 inci dah cukup, lwt dr itu dah k gedean, layar yg besar2 cm cocok d pke ma ABG dan ibu2, malahan kt malu make hp yg lyr gede2 itu, aplg bwt tlponan, lyr itu yg pnting kerapatan per incinya, bkn gedenya

  2. Berarti handphone yang ada di artikel ini, sudah memenuhi resolusi dan kerapatan piksel layarnya, serta fitur tambahan seperti tekonologi IPS dan kaca yang kuat seperti Gorilla Glass ?

  3. misi gan..
    ane mo mnta saran..ane mo bli gadget,,di antara xperia e dual,,lumia 520,,dan lenovo a800,,kira” yg mana yg paling mantap (paling cepat) bwt browsing dan download/upload video di youtube…
    trs x aja ada yg mo saranin gadget yg lain..spek RAM hampir sama..budget klo bsa 2 jt k bwh.
    mksh…

  4. @dhen bageur : coba liat oppo find muse kalo enggak lenovo a820 gan,,
    buat lenovo a820 kurang tau juga gan di edar di indo ato enggak.,
    hanya rekomendasi gan..,

Any comment or question?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s