Adu dua Android 5 inci murah : Lenovo S880 vs Advan S5-N

Siza does matter. Bila ponsel Android dengan ukuran layar 3 atau 4 inci buat anda belum apa-apa, maka ukuran layar 5 inci adalah jawaban yang pas. Ponsel dengan ukuran layar 5 inci sering disebut ‘Phablet’ alias gabungan antara Phone dan Tablet, karena selain fungsi dasarnya adalah handphone tapi berkat layarnya yang lega bisa juga dimanfaatkan sebagai tablet. Tapi tentu saja tablet yang lebih optimal tentu yang punya ukuran layar 7 inci keatas. Di segmen layar 5 inci ini pilihannya memang tidak banyak, sebutlah diantaranya Samung Galaxy Note dan LG Optimus Vu yang keduanya menyertakan stylus untuk menulis. Tapi harga keduanya sangat fantastis, dan seperti biasa, ada alternatif murah yang bisa anda pertimbangkan.

Lenovo LePhone S880

Produk dari Lenovo sejauh ini cukup populer di pasaran tanah air, mulai dari yang entry level yaitu A60 hingga yang premium seperti K860. Lenovo S880 yang diluncurkan Agustus 2012 lalu, berada di tengah-tengah line-up mereka dengan harga jual hampir 2 juta rupiah. Hadir dengan dua pilihan warna (putih dan hitam), S880 dipersenjatai dengan prosesor single core MTK Cortex A9 1 GHz dan GPU PowerVR SGX531. Layarnya sendiri punya ukuran 5,0 inci, beresolusi WVGA saja (800×480 piksel) dengan kedalaman warna 16 juta warna. Ponsel berbobot 197 gram ini ketebalannya hanya 9,9mm meski sudah memiliki baterai berkapasitas 2.250 mAh. Android versi ICS sudah disematkan dalam ponsel ini, meski hanya dibekali RAM 512 MB dan ROM 4 GB.

Lenovo-S880

Ponsel dual SIM ini sudah mampu menjelajah internet dengan HSDPA dan WiFi, plus ada fitur Bluetooth. Kamera di Lenovo S880 beresolusi 5 MP dengan kemampuan auto fokus, sedangkan kemampuan rekam videonya adalah HD 720p 30 fps yang sangat lumayan. Terdapat kompas magentik juga untuk membantu navigasi.

Advan Smart Note S5-N

Produk pesaing Lenovo S880 datang dari kubu Advan yang telah berpengalaman memproduksi Tablet. Kini Advan menghadirkan Vandroid S5-N yang ternyata punya beragam variasi seri produk yaitu S5, S5-N v1, S5N v2 dan S5A. So Advan S5N yang saya pilih untuk dibahas kali ini adalah S5-N v2 alias generasi kedua yang dijual seharga 1,5 juta rupiah. Advan S5N v2 juga dipersenjatai dengan prosesor single core MTK Cortex A8 1 GHz dan GPU PowerVR SGX531. Layarnya sedikit lebih lega yaitu 5,2 inci dengan resolusi WVGA juga (800×480 piksel) dengan teknologi IPS 16 juta warna. Ponsel yang desainnya mirip Samsung Galaxy Note ini sudah dibekali baterai berkapasitas besar 2.500 mAh. Android versi ICS juga sudah disematkan dalam ponsel ini,  sama seperti Lenovo diatas, S5-N ini dibekali RAM 512 MB dan ROM 4 GB.

Advan Vandroid S5N

Ponsel dual SIM ini juga punya dua pilihan warna yaitu hitam dan putih. Selain sudah mampu menjelajah internet dengan HSDPA dan WiFi, ponsel ini juga punya port HDMI layaknya ponsel kelas atas. Kamera Advan S5-N sudah beresolusi 8 MP dengan flash dan Auto Fokus, untuk kemampuan rekam videonya juga bisa HD 720p. Uniknya di bagian atas ada  lampu LED notifikasi yang berguna untuk mengetahui adanya SMS masuk dan semacamnya.

Keunggulan Lenovo S880 dibanding Advan S5-N :

  • Prosesor Cortex A9 (vs Cortex A8)
  • build quality lebih mantap
  • bodi lebih tipis, desain mewah

Keunggulan Advan S5-N v.2 dibanding Lenovo S880 :

  • layar IPS (vs non IPS)
  • layar sedikit lebih lega (5,2 inci vs 5,0 inci)
  • baterai lebih besar (2.500 mAh vs 2.250 mAh)
  • kamera lebih tinggi resolusinya (8 MP vs 5 MP) ada flashnya juga
  • ada port HDMI
  • ada LED notifikasi
  • ada tombol fisik ‘Home’

Jadi kalo butuh ponsel layar besar, tak harus mahal kan? Hanya saja untuk saat ini kedua kandidat diatas masih belum memakai prosesor dual core, memori RAM yang besar ataupun memakai layar yang resolusinya lebih tinggi. Bila anda perlu ponsel Android dengan prosesor yang juga harga terjangkau, bisa cek artikel ini.

About these ads

29 comments

Any comment or question?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s