Kamera digital semakin murah

Bagi sebagian besar kita yang ingin punya kamera digital, mungkin yang terbersit pertama dalam benak kita adalah mencari barang yang bagus tapi murah. Memang bagus dan murah tidak umum untuk disandingkan, biasanya yang bagus ya mahal. Tapi kan yang murah belum tentu tidak bagus, nah lho..

Saya ingat beberapa tahun yang lalu amat sulit menjatuhkan pilihan dalam membeli sebuah kamera saku idaman. Harganya masih amat tinggi dan fiturnya pun terbatas. Namun sekarang situasinya sudah berubah, kini kamera digital semakin murah dengan resolusi dan fitur yang semakin tinggi. Saat ini sudah amat mudah untuk mendapatkan kamera dengan resolusi 5 megapiksel dengan harga terjangkau. Namun apakah harga saja yang menjadi patokan? Tentu tidak, karena tidak ada yang ingin kamera yang dibelinya ternyata mengecewakan.

Bagaimana syarat sebuah kamera digital yang ‘bagus’ menurut saya? Yang jelas harus bisa menghasilkan foto yang baik. Seperti apa? Ya foto yang memiliki unsur exposure, warna, kontras dan ketajaman yang pas. Cukup? Belum. Kamera bagus menurut saya setidaknya punya beberapa fitur yang harus dipenuhi. Diantaranya :

  • Memiliki resolusi yang cukup (4 megapiksel atau lebih)
  • Lensanya memiliki zoom optik (3 x atau lebih)
  • Ada sistem stabilizer kamera
  • Bisa dioperasikan pada mode auto atau manual
  • Memiliki layar LCD yang lebar (2 inch atau lebih)

Selain itu kamera digital memerlukan performance yang baik seperti kecepatan dan ketepatan fokusing, shot-to-shot delay dan shutter lag yang singkat serta usia baterai yang awet. Sekedar info saja, akan lebih lengkap jika kamera yang kita kehendaki sudah ada teknologi Face Detection dan High ISO yang jadi tren di 2007. Lantas, dengan begitu banyak syarat yang saya tulis diatas, akankah kamera tersebut menjadi mahal? Semestinya tidak, karena persaingan antar produsen telah membawa berkah buat konsumen dengan turunnya harga jual.

A570ISaJika Anda meminta saya merekomendasikan sebuah kamera digital saku yang memenuhi kriteria saya sebagai ‘Best value digicam’ rasanya pilihan saat ini jatuh pada Canon powershot A570IS. Bukan saja karena website dpreview baru-baru ini telah mereview kamera ini dan diberi rating ‘Highly Recommended’ semata, namun karena dengan harga sekitar 2 jutaan, sulit untuk mencari merk lain dengan spesifikasi selengkap Canon A570IS. Secara umum kameraHR rating ini masuk ke kelas value dengan spesifikasi yang mendekati kelas pro seperti 4x zoom lens, image stabilizer dan bisa manual mode. Selain itu, movie mode pada kamera ini telah mencapai resolusi 640×480 dengan frame rate 30 fps.

Kini bagi Anda yang sedang mencari kamera saku namun dananya terbatas, setidaknya Anda sudah mendapat satu alternatif pilihan untuk dipertimbangkan. Tentu Anda punya kriteria sendiri sebelum memilih, namun yang terbaik tentunya bersikap bijak dan teliti sebelum membeli. Salam..

(image taken from http://www.dpreview.com)

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

5 thoughts on “Kamera digital semakin murah”

  1. Mas, pengen nanya… (mgkn sy salah kamar neh)

    katanya akhir tahun biasanya harga kamera (dlm kasus sy DSLR) bakal turun… Inceran sy a/ 450D tp katanya 500D bakal turun di akhir taun 2009 ini jd ga jauh beda ama 450D…. so, gmn, beli sekarang or tahan napsu (yg udah kebelet jg…)??
    nb: yg laen malah bilang skarang DSLR justru makin mahal… duhh

  2. mas saya tertarik dgn camera yg mas rekomendasikan ini, tpi bgt saya cari di pasaran kok udh gak ada ya? katanya sich produk lama dan sudah tidak ada lagi dipasaran, sy pengen bngt pny camera digital dgn spesifikasi seperti kamera diatas namun klw bisa kualitas videonya sudah HD,ada image stabilazier plus lensa yg dimiliki jg bagus dan harganya antara 1-1,5jt. kira-kira camera yg mas rekomendasikan merk dan tipe apa? sy mohon bnget bantuannya mas, maaf masih awam alias newbie..

    Jawab : Artikel ini sudah kadaluarsa. Simak artikel ini untuk tahun 2011 : http://kamera-gue.web.id/2011/01/29/enam-kamera-saku-12-mp-harga-cuma-1-jutaan/

Comments are closed.