Prosumer ideal menurut saya…

Setiap orang punya impian. Hobby saya di bidang fotografi juga banyak mewujudkan impian akan adanya barang baru seputar motret-memotret. Adakalanya saya merasa bahwa impian itu tidak kunjung jadi kenyataan. Katakanlah kamera prosumer yang mendekati ideal ternyata hingga kini tak kunjung terwujud. Padahal kamera jenis ini banyak peminatnya karena inilah kamera semi-profesional yang cukup lengkap, namun tidak seperti DSLR, kita tidak perlu mengganti-ganti lensa. Seperti apa kamera prosumer yang mendekati ideal versi saya? Here check it out…

  • Body and design : Mirip-mirip Lumix FZ50 dengan model fix-manual zoom-lens dan grip yang mantap. Bisa flip LCD, ada flash hotshoe dan desain ergonomis.
  • Lensa : 20x optical zoom dimulai dari 24mm hingga 480mm, dengan aperture f/2,8-3,5. Plus Image stabilizer yang efektif hingga 4 stop. Sebagai bonus, ada digital zoom yang non-interpolated sehingga ketajaman gambar tetap terjaga.
  • Sensor : Foveon atau Full Frame sensor. Atau minimal APS-C sized CCD/CMOS sensor juga boleh.
  • Resolusi : 12-15 MP rasanya cukup.
  • Engine : Prosessor kelas berat, bisa proses RAW continuous dengan frame rate tinggi. Cerdas dalam mendeteksi wajah dan gerakan (mirip mode intelligent auto/iA Panasonic) dan menyesuaikan ISO dan scene mode sesuai kondisi objek. Juga harus cerdas dalam memproses data hasil foto agar seimbang antara detail dan noise reduction, terutama pada high-ISO.

Bagaimana dengan kinerjanya? Tentu harus memiliki performa tinggi dan cepat dalam segala hal. Shutter-lag, shot-so-shot delay, focusing, write/read memory, flash charging, dan usia batere yang awet (1000 shots per charge).

Mungkin mimpi ini tidak terlalu sulit untuk diwujudkan, hanya masalah waktu saja. Mari kita tunggu saja….

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

2 thoughts on “Prosumer ideal menurut saya…”

  1. minta saran prosumer yang ok mas..
    kalo fz50 tu gimana ya? liat sepintas kok ok, tapi harganya cukup mahal, wothed nggak..

    makasih

    ulasan2nya sangat membantu

  2. Saya pernah pake FZ50 punya teman, kesan pertama : lensanya mengagumkan! Harga jualnya sudah sepadan dengan lensanya yang hebat. FZ50 worthed banget, asal selalu dipakai di base-ISO (ISO 100-200). Pesaing FZ50 di masa mendatang adalah Fuji S100FS, yang harganya juga mahal.

Comments are closed.