Intel ciptakan rekor baru arsitektur prosesor 45nm

Coba periksa lagi spesifikasi prosesor Anda. Berapa ukuran transistor yang ditanamkan disana? Jutaan transistor telah ditanamkan pada sekeping prosesor modern sehingga bisa dibayangkan betapa kecilnya ukuran tiap transistor itu. Kebutuhan akan peningkatan kinerja memaksa riset dan inovasi prosesor terus berkembang, dan ukuran transistor dirancang terus mengecil demi meningkatkan jumlah transistor tanpa menambah ukuran keping prosesor. Hal inilah yang membuat perusahaan raksasa Intel membuat rekor baru dalam ukuran transistor pada keping prosesor terbarunya yang berukuran 45nm, yang terkecil sepanjang sejarah. Jon L. Jacobi, editor PC World menulis :

By shrinking the size of the transistors in its chips, Intel can produce more CPUs from the same amount of silicon, or build more-complex chips in the same amount of space. For example: A Celeron 300 made in 1995 using a 250nm process measured 131 square millimeters, yet contained a mere 7.5 million transistors; a current 65nm Core 2 Duo is a scant 11 square millimeters larger but contains 291 million transistors; and the new 45nm, quad-core Core 2 Extreme QX9650 that we tested for this article measures 214 square millimeters but contains a whopping 820 million transistors.

Intel 45nm

Intel 3.0 GHz 45nm Hi-k quad-core Penryn QX9650 memang menjadi prosesor desktop Intel pertama yang menggunakan arsitektur 45nm. QX6950 adalah prosesor 4 inti yang menggunakan 12MB L2 cache memory dengan 1.333 MHz front-side bus. Menurut http://www.dailytech.com, prosesor ini akan mulai tersedia di pasaran pada 12 November 2007.

CPUzSebagai pesaing Intel, AMD tidak ketinggalan dalam memproduksi prosesor barunya. Pada bulan yang sama diprediksi AMD akan meluncurkan pesaing Intel 45nm dengan prosesor baru berarsitektur 65nm native quad-core yang dinamai AMD Phenom X4 prosesor, kemudian berbarengan dengan itu diluncurkan pula prosesor grafik RV670 dan chipset baru RD790. Kedepannya diprediksi pada akhir tahun 2008 nanti AMD juga akan mulai memproduksi prosesor berarsitektur 45nm.

Nampaknya Intel berhasil memaksakan persaingan prosesor ke level arsitektur yang jauh lebih kecil lagi dengan 45nm. Untuk saat ini meski AMD belum siap untuk bersaing secara head-to-head, namun hal ini tidak akan berlangsung lama hingga diluncurkannya AMD dengan 45nm suatu saat nanti. Tren ini tentunya dimungkinkan setelah kendala teknis yang mereka alami selama ini dalam mendesain arsitektur mini berhasil teratasi. Tentu manfaat desain baru ini akan membuka kemungkinan untuk peningkatan kinerja komputasi lebih tinggi lagi, bahkan miniaturisasi ini masih mungkin lagi sesuai hukum Moore. Mulai saat ini prosesor dengan arsitektur 90nm akan mulai terasa kuno dan akan kurang diminati konsumen. Berita baik justru bagi yang mengincar prosesor berarsitektur 65nm seperti Core2 Duo karena diprediksi harganya akan segera turun. Bisa jadi tahun-tahun kedepan akan muncul arsitektur 32nm atau bahkan 24nm? Kenapa tidak?

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

3 thoughts on “Intel ciptakan rekor baru arsitektur prosesor 45nm”

  1. Mas, GHz itu apa ya ,dan apa bedanya intel pentium4 inside yg 3.06 GHz dengan intel Core 2 duo yg 3.0GHz . Apa drive optik Asus DVD-E616A2 tidak bisa dipakai burning ?Kalau bisa bagaimana caranya ?
    Trims (maaf terlalu gaptek tentang komputer)

    GHz menyatakan clock prosesor. Meski punya clock yg sama, tidak berarti prosesor punya kinerja sama. Misal Pentium 4 lawas dgn teknologi arsitektur netburst yg tertinggal oleh Intel Core2 Duo yg lebih modern, meski clocknya sama. Soal drive optik, kalau bukan tipe burner ya cuma bisa buat baca saja.

  2. O..Jadi kalau ingin beli drive optik lagi ya mas ! Drive optik asus dengan hp bagusan mana mas (cepat dalam membaca dan menulis)oya sebutkan harganya juga ya !
    Dan intel centrino 2duo yg harganya sekitar 1-2juta yg bagus itu tipe berapa ya?
    Kalau dibandingin microsoft windows xp dan windows vista mahalan yg mana dan bedanya apa? Trims

Comments are closed.