Konvergensi PDA dan GPS

Penggunaan GPS sebagai perangkat navigasi berbasis satelit semakin populer. Berbagai piranti baru telah membanjiri pasar seperti produk GPS dari Garmin dan Magellan. Pilihan pun makin beragam karena kini GPS tersedia dalam versi layar monokrom atau layar warna. Penggunaan GPS yang makin meluas ini memunculkan inspirasi bagi produsen PDA untuk menanamkan modul GPS pada produk mereka sehingga PDA nantinya berfungsi pula sebagai perangkat navigasi. Selama ini pengguna PDA yang ingin menikmati fasilitas GPS harus memasang antena penerima GPS secara terpisah melalui slot CF card atau melalui wireless. Kini dengan intergrasi PDA dan GPS dalam satu unit akan memudahkan pemakaian, praktis dan lebih ekonomis. Selain itu fasilitas yang ada pada PDA plus GPS ini tidak kalah dengan perangkat GPS stand-alone, diantaranya setelah mendapat sinyal yang cukup dari satelit maka PDA dapat menampilkan status koordinat, heading, speed, bearing serta dapat menyimpan beberapa waypoint dan route plus dapat pula diinstal peta sesuai kebutuhan. Meski kini produsen telepon selular dan kamera DSLR juga mulai melirik untuk menanamkan modul GPS pada perangkat mereka, namun konvergensi GPS ke dalam sebuah PDA menjadikan ‘perkawinan’ ideal karena banyak fitur PDA yang dapat membuat kinerja GPS menjadi optimal, seperti prosesor yang memiliki kinerja tinggi dan layar warna yang lebar.

BlackBerry CurveBicara soal PDA tentu yang terbayang pada benak kita adalah perangkat mobile berbasis Windows. Padahal perangkat PDA awalnya dipopulerkan oleh Palm dengan OS Palm namun kini dominasinya semakin terhimpit oleh perangkat dengan OS Windows Mobile. Kini Palm menggandeng partner Garmin untuk mewujudkan Palm berGPS dengan membuat Palm GPS Navigator Software untuk perangkat PDA berbasis Palm seperti pada Treo750. Selain itu terdapat pula PDA BlackBerry dengan GPS terintegrasi seperti BlackBerry 8800 dan 8820, serta terakhir BlackBerry Curve 8310 yang mendapat bundel software TeleNav GPS Navigator.

Namun dominasi perangkat PDA dengan OS Windows Mobile tetaplah yang terkuat. Sistem operasi keluaran Microsoft ini memang user-friendly dan familiar bagi kebanyakan pengguna Windows. Sebagai contoh, saat ini di pasaran telah beredar beberapa PDA berbasis Windows yang memiliki GPS terintergrasi. Inilah beberapa diantaranya :

HP 6915Hewlett Packard (HP) dengan iPAQ hw6915 Mobile Messenger dibekali prosesor kelas berat Intel PXA270 Processor 416 MHz, layar 3.0″ transflective TFT, WiFi dan Bluetooth, kamera 1,3 MP, dengan bundel software TomTom Navigator.
Asus A636

ASUS dengan MyPal A636 juga dibekali prosesor 416 MHz PXA 272 Intel XScale yang dilengkapi SiRF Star III GPS chipset, WiFi dan Bluetooth, layar 3.5″ transflective TFT dengan bundel software Destinator navigation.
(image taken from http://www.mobiletechreview.com)

Mitac GPS frontMitac mio back

Mitac Mio 168 adalah produk lama yang masih mengusung prosesor PXA 255 Intel XScale 300MHz namun telah memiliki penerima GPS terintegrasi SiRF chipset dengan bundel software Destinator 3 navigation.

(image taken from http://www.mobiletechreview.com)

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

One thought on “Konvergensi PDA dan GPS”

Comments are closed.