Windows Mobile rasa baru

WM6aYa, Microsoft baru-baru ini meluncurkan versi baru sistem operasi untuk perangkat mobile yang diberi nama Windows Mobile 6, yang secara resmi diperkenalkan pada 3GSM World Congress. Versi baru yang didominasi warna hijau ini tetap mempertahankan kemudahan pemakaian seperti versi sebelumnya dengan menu khas Microsoft. Windows Mobile 6 akan tersedia seperti biasanya dalam 3 varian yaitu Classic (dahulu Pocket PC Edition), Standard (Smartphone Edition), and Professional (Pocket PC Phone Edition).

Windows Mobile 6 kini dilengkapi fitur-fitur baru dengan keamanan yang ditingkatkan serta adanya device management untuk para IT manager. Beberapa fitur barunya antara lain :

  • Windows Live menghadirkan pengalaman baru untuk urusan Messenger, Contacts, Windows Live Mail dan Search secara online.
  • Setup email yang mudah disertai rich HTML untuk menerima email seperti yang dikehendaki pengirimnya, lengkap dengan gambar, tabel, links dan formatting.
  • Office Mobile suite (Word Mobile, Excel Mobile and PowerPoint Mobile) yang disempurnakan.WM6b
  • Outlook Calendar information dengan calendar bar, out-of-office assistant, dan meeting attendees.
  • Konektivitas ke PC yang disempurnakan dengan Windows Mobile Device Center (WMDC) baru yang kompatibel dengan Windows Vista.
  • Internet Explorer Mobile yang disempurnakan, mampu bertukar data melalui Exchange Server 2007, SharePoint dan Universal Naming Convention (UNC) file sharing.
  • Keamanan pada memory card dengan enkripsi data dan PIN.
  • Untuk versi Phone Edition, terdapat penyempurnaan pada manajemen ‘call history’ dan shortcut ke SMS dari phonebook.

Saat ini telah tersedia produk smartphone yang berbasis sistem operasi Windows Mobile 6 seperti MOTO Q9 dari Motorola. Versi yang digunakan adalah WM6 Standard Edition yang khusus dirancang untuk smartphone tanpa kemampuan layar sentuh.

Motorola Q9

Image taken from http://www.chip.co.id

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

3 thoughts on “Windows Mobile rasa baru”

Comments are closed.