Prosumer lensa zoom 18x, mantap…

Pernahkan Anda membayangkan suatu lensa zoom yang ideal untuk kebutuhan fotografi Anda? Dengan lensa ini Anda ingin mendapat angle wide yang dramatis, namun pada kesempatan lain Anda juga ingin mengambil foto tele dari seekor burung yang hinggap di pohon. Berapa jangkauan lensa yang Anda anggap ideal? Untuk mendukung kebutuhan wideangle minimal lensa tersebut harus bisa mulai dari 28mm, namun untuk urusan tele dibutuhkan panjang fokal diatas 200mm. Lantas, apabila ada kamera yang lensanya memiliki jangkauan mulai dari 28mm hingga 500mm (atau 18x zoom), bagaimana mungkin Anda tidak tertarik?

Produsen kamera ternama kini telah meluncurkan kamera digital prosumer dengan lensa 18x, yaitu Olympus, Panasonic dan Fuji. Inilah terobosan dalam dunia fotografi dengan hadirnya lensa super panjang yang hebatnya, ketiganya dimulai dari 28mm. Lantas seperti apa kualitas lensa yang mereka tawarkan? Hal pertama yang perlu diketahui adalah tentu ada kompromi antara fleksibilitas dan kualitas lensa. Semakin kompleks dan panjang suatu lensa maka kualitas hasil fotonya akan semakin berkurang. Saya tidak mengatakan lensa-lensa ini berkualitas buruk, bahkan sebaliknya, lensa-lensa ini amat mengagumkan. Namun secara teknis, lensa zoom memiliki banyak elemen lensa didalamnya yang tersusun atas beberapa grup. Umumnya selain lensa utama juga terdapat lensa aspherical dan lensa low dispersion, yang masing-masing memiliki fungsi meningkatkan kontras dan ketajaman. Semakin panjang zoom lensa maka semakin banyak pula elemen lensa yang tersusun, artinya semakin sulit dan mahal dalam proses pembuatannya. Secara teknis pula lensa yang memiliki banyak susunan lensa akan cenderung kurang tajam bila dibandingkan dengan lensa yang memiliki susunan lensa lebih sedikit. So, jangan bermimpi lensa 18x zoom ini akan menghasilkan ketajaman yang tinggi pada setiap panjang fokalnya. Namun kemudahan yang ditawarkan lensa ini tentu menjadi nilai tersendiri terutama bagi fotografer yang sering bermain dengan variasi zoom.

Sedikit mengulas para pemain zoom 18x, inilah mereka :

Prosumer 18x zoom

Panasonic Lumiz FZ18 :

Lensa Leica 28-504mm f/2.8-4.2 dengan OIS menjadi andalan utamanya. Kamera 8 MP ini telah dilengkapi format RAW dan menggunakan Venus III engine dengan kemampuan tinggi menjadikan performa kamera ini tergolong hebat, termasuk kemampuan autofokusnya. Bodi kamera ini ergonomis, terkesan profesional dengan lay-out tombol yang apik dan sebuah joystick yang bermanfaat. Urusan layar menggunakan layar 2,5 inch, batere lithium, dan memori SD card. Sayangnya, sensor yang dipakai relatif kecil, berukuran 1/2,5 inch saja.

Olympus SP560 UZ :

Ini adalah versi ‘update’ dari seri SP550 UZ yang menjadi pelopor kamera zoom 18x. Versi awalnya cukup membuat kecewa para reviewer profesional namun kini versi terbarunya menggunakan sensor baru berukuran 1/2.3 inch dengan 8 MP diyakini dapat memberi hasil foto yang lebih baik. Lensanya mulai dari 27mm sampai 486mm dengan f/2.8-4.5 memiliki kualitas optik yang baik meski sedikit kalah cepat dengan Panasonic Lumix FZ18 pada posisi tele. Sistem stabilizer menggunakan sensor shift yang kurang efektif dibanding lens shift terutama untuk mengoreksi goyangan saat posisi tele. Layar LCD berukuran 2,5 inch, format RAW, baterai AA 4 buah dan sayangnya, menggunakan memori xD yang kurang populer (dan lebih mahal).

Fujifilm FinePix S8000fd :

Lensa Fujinon yang ‘kebetulan’ persis sama seperti Olympus SP560 yaitu 27-486mm f/2.8-4.5 menjadi andalan Fuji untuk bersaing di kancah prosumer 18x zoom. Sensor andalan Fuji yaitu SuperCCD tidak lagi dipakai di S8000fd, sebagai gantinya dipakailah sensor biasa berukuran 1/2.35 inch dengan resolusi 8 MP. Padahal selama ini kemampuan high ISO sudah menjadi andalan Fuji berkat sensor SCCDnya. Namun kini Fuji akhirnya menerapkan sistem stabilizer dengan CCD shift setelah sekian lama ditunggu-tunggu oleh para fans Fuji. Kamera ini memiliki format RAW, layar 2,5 inch, baterai AA 4 buah dan dual memori card SD/xD yang fleksibel.

Dari ketiga kamera ini masing-masing umumnya memiliki kesamaan spesifikasi dan performa serta hasil foto. Ketiganya juga memiliki kelebihan yang sama seperti lensa wide 28mm, adanya sistem stabilizer, format RAW dan manual mode. Namun ketiganya juga memiliki kekurangan yang sama seperti tidak adanya flash hotshoe dan tanpa layar LCD yang bisa diputar (seperti Canon S5 IS). Namun ketiganya telah membawa semangat baru bagi pemain prosumer yang tengah dihimpit kehadiran DSLR murah seperti Nikon D40 atau Canon EOS 350D. Mungkin saja Canon akan meluncurkan S6 IS dengan lensa 18x zoom, lalu disusul juga oleh Nikon, Kodak dan merk-merk lainnya.

(image taken from http://www.dpreview.com)

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

9 thoughts on “Prosumer lensa zoom 18x, mantap…”

  1. saat ini saya baru beli fuji s8000fd, terus terang saya masih ijo soal kamera.
    gimana ya caranya me shot benda bergerak tapi hasilnya gak blur.
    saya coba foto anak saya yang gak bisa diem jadi fotonya gak bisa bagus/fokus?!?

    Upaya pertama ya naikkan shutter, sekitar 1/500 sampai 1/1000 detik. Bila cahaya kurang, naikkan ISO hingga 1600.

    Catatan : memotret anak yg tidak bisa diam merupakan tantangan tersendiri. Dengan DSLR yg bisa ISO tinggi pun kadang saya kesulitan melakukannya. Dibutuhkan shutter cepat, shutter lag yg singkat, ISO tinggi yg bersih dan kemampuan auto fokus tracking yg akurat utk hanya sekedar memotret anak, duh…

  2. ikutan gabung ya om….
    rencana saya pengen beli antara s8000fd sama fz18, tapi masih bingung neh mau pilih yg mana, sama2 8mp, 18x optical zoom, untuk hasil foto bagusan mana yaa…..
    ada recommend ga dari om saya harus pilih yg mana, cuman yg saya bingung kok harganya beda lumayan jauh ya, s8000fd sekitar 2,9 jt klo fz18 sekitar 3,6 jt….

    makasih sebelumnya….

    Lumix FZ18 punya optik lensa yg lebih baik, secara kinerja juga lebih responsif, dan secara stabilizer juga lebih efektif. Tapi S8000 adalah kamera yang baik terutama bila melihat harganya yg murah. Saran saya kalau ada dananya ambil lumix, tapi kalo cuma pas utk fuji ya itupun saudah mencukupi. Soal hasil foto keduanya sama, di tempat terang mereka jagonya, di kurang cahaya ya mohon maklum saja.

  3. Wah-wah terima kasih om gaptek atas sarannya…..
    berarti pilihan saya jatuh ke FZ18 neh, meskipun dana lom mencukupi, tapi tetep mantab ambil FZ18….
    nabung dulu ah beberapa minggu lagi, x aja harganya jg ikut turun…..

    Makasih ya om gaptek atas masukannya…..

    Sama-sama, meski FZ18 udah ada penerusnya FZ28 (beda 400 ribu), tapi kalo menurut saya ambil FZ18 aja udah lebih dari cukup.

  4. saya udah bli fz18, pengen beli filter lensa brp ya harganya?
    kira2 yg bagus yg gimana filternya bwt dipakai sehari-hari?

    thx sblumnya mas gaptek…

    salam..

  5. Mas Gaptek..
    Saya mo nanya, antara FZ18 dan FZ28 perbedaan paling mencolok dari sisi apa nya ya? Kalo ambil FZ28 dengan harga yg beda 400 ribu dari FZ18,kira2 dapat keuntungan apa aja?
    Makasih banyak sebelumnya…

    1. FZ28 dapet HD movie sama ekstra 2 MP (dari 8 MP ke 10MP). Tapi fatalya, bukaan maksimum lensa disaat tele maks turun jauh dari f/3.1 ke f/4.4 (sehingga lebih rentan shake saat low light). Dulu keduanya beda harganya lumayan banyak dan saya lebih sarankan FZ18, tapi kalau beda harganya dikit sih FZ28 dgn HD movie lebih worthed utk saat ini.

  6. Mas
    Saya baru beli FZ18, so far kemampuannya oke…
    powerfull dan gambarnya juga tajam…
    Saya sekarang sedang incar Lensa tambahannya
    Seperti Tele atau Macro…
    Ada rekomendasi tempatnya mas ???
    Kira2 berapa ya harganya ? Saya cek di internet bisa beli online tapi kalau di Indonesia ada, wah saya lebih suka
    Thanks
    Harry

  7. Saya masih bingung mo beli fuji s2000hd, s2500hd, s2100hd atau s1800… mana yang paling bagus mas atau ada merk lain Mas yang lebih bagus dengan harga yang gak jauh beda dari seri fuji tersebut….mohon sarannya ya Mas…

    Thanks tuk infonya…

Comments are closed.