Lensa Zuiko Digital baru dengan SWD

Baru-baru ini Olympus meluncurkan jajaran lensa barunya yang dinamai Zuiko Digital yang tetap mengusung konsep four-thirds dan kini telah menggunakan sistem fokus baru SWD (Supersonic Wave Drive) yang telah dipatenkan. Sistem fokus seperti ini sebetulnya dipelopori oleh Canon dengan Ultra Sonic Motor (USM), kemudian Nikon memperkenalkan SWM (Silent Wave Motor) dan kini metoda yang sama juga mulai diimplementasikan pada lensa kamera alternatif seperti Sigma dengan Hyper Sonic Motor (HSM). Prinsip kerjanya adalah dengan menggunakan getaran gelombang berfrekuensi tinggi yang menggerakkan sistem mekanik piezo crystal pada lensa sebagai ring motor yang memutar fokus. Sistem fokus seperti ini terbukti lebih cepat, tidak berisik dan lebih akurat. Selain memakai sistem SWD, lensa baru dari Olympus telah dilengkapi lensa ED element untuk kontras gambar yang tinggi dan weather sealing yang menjadikannya tahan terhadap berbagai kondisi cuaca.

Beberapa lensa yang diluncurkan cukup mengagumkan, inilah diantaranya :

ZUIKO DIGITAL ED 12-60mm (24-120mm equiv) f/2.8-4.0 SWD
Zuiko 12-60Kemampuan wideangle dari 24mm (2x crop factor) menjadikan lensa allround ini ideal berkat kemampuan zoomnya yang 5x zoom dengan bukaan diafragma maksimal di 2.8 yang menjadikannya pilihan tepat untuk segala kondisi pencahayaan. Kemampuan fokus terdekat pada 25 cm membuat lensa ini juga cocok untuk memotret makro.

ZUIKO DIGITAL ED 50-200mm (100-400mm equiv) f/2.8-3.5 SWD
Zuiko 50-200Inilah lensa tele 4x zoom dengan jangkauan 100-400mm (2x crop factor) yang memiliki bukaan diafragma maksimal di 2.8 dengan ukuran yang amat kompak. Inilah lensa tele ideal bagi pecinta fotografi, karena lensa ‘cepat’ ini memiliki bentuk yang kecil dan ringan namun memiliki kemampuan tele yang luar biasa.

ZUIKO DIGITAL ED 14-35mm (28-70mm equiv) f/2 SWD
Zuiko 14-35Lensa profesional dengan f/2 untuk seluruh panjang fokal dengan 2.5x zoom yang cocok untuk menjadi lensa zoom standar ‘kelas berat’ ini akan diluncurkan paling terakhir, sekitar awal tahun depan. Ini akan menjadi lensa yang paling ditunggu-tunggu oleh pecinta DSLR Olympus diseluruh dunia.

Lensa-lensa ini dibuat sebagai pelengkap jajaran lensa Zuiko yang telah ada dan cocok dipasangkan dengan seluruh Digital SLR Olympus seri E. Khusus untuk DSLR Olympus tipe E-510 dan E-3 yang telah dilengkapi Image Stabilizer (IS) berupa sensor shift pada bodi, penggunaan lensa-lensa f/2.8 ini akan semakin menyenangkan terutama saat pemotretan pada kondisi low-light atau telephoto. Hingga saat ini belum ada informasi mengenai harga jualnya di pasaran.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.