Kamera digital favorit saya di 2007

Begitu banyak merk kamera digital di pasaran. Bingung memilihnya? Saya juga mengalami hal yang sama. Namun setelah mengamati macam-macam kamera yang ada hingga akhir tahun 2007 ini, saya akhirnya menemukan beberapa kamera yang memiliki nilai plus dan layak difavoritkan. Inilah kamera-kamera yang menjadi favorit saya berdasarkan katagorinya :

Katagori DSLR :

  1. Nikon D300 menjadi DSLR favorit pertama saya dengan sensor CMOS 12 MP dan segudang fitur baru seperti live-view dan weather sealed. D300 menjadi generasi Nikon pertama yang mengimplementasikan sistem anti debu pada sensornya. Istimewanya, Nikon D300 dengan modul AF Multi-CAM 3500DX baru kini memiliki 51 titik fokus yang fleksibel (bisa contrast detect dan phase detect). O ya, bagaimana dengan layar LCD 3 incinya yang beresolusi 307 ribu piksel?
  2. Canon EOS-40D menempati posisi kedua kamera DSLR favorit saya dengan sensor CMOS 10.1 MP dan didukung fitur andalannya seperti Digic III engine, Live view, dust reduction, weatherproof, 9 points AF, 6.5 fps burst mode dan layar LCD 3 inci.

Katagori prosumer :

  1. Fuji Finepix S6000fd menjadi prosumer terakhir dari Fuji yang masih memakai sensor SuperCCD yang menghasilkan gambar berkualitas meski pada ISO tinggi. Ditambah dengan lensa wide 10,7x zoom (28-300mm) yang zoomnya manual persis seperti lensa SLR, Fuji S6000fd menjadi favorit pertama saya di katagori prosumer, meski produk lawas ini hanya memiliki resolusi 6 MP.
  2. Panasonic Lumix FZ18 beresolusi 8 MP sebagai prosumer dengan lensa wide yang memiliki jangkauan 18 kali zoom optik menjadi favorit saya di tempat kedua. Inilah zoom terpanjang yang pernah ada pada kamera prosumer. Lumix FZ18 terpilih menjadi favorit saya mengalahkan saingannya Olympus SP560 UZ dan Fuji S8000fd (yang juga memiliki spesifikasi sama) berkat perpaduan antara lensa Leica dan fitur yang lengkap.
  3. Canon Powershot G9 dengan 12 MP dan 6x zoom optik menjadi prosumer favorit ketiga saya berkat desainnya yang keren dan fitur yang lengkap seperti stabilizer, RAW, flash hotshoe dan optical viewfinder.

Katagori pocket standar :

  1. Canon Powershot A650IS menjadi kamera saku favorit pertama saya dengan resolusi 12 MP, image stabilizer dan lensa dengan zoom optik 6x. Ditambah fitur manual yang lengkap, layar LCD yang bisa diputar dan masih ada optical viewfinder.
  2. Fuji Finepix F50fd menempati posisi kedua dengan 12 MP. F50 kini telah dilengkapi dengan stabilizer dan mode manual, dual memory card dan tentunya yang menarik adalah sensornya yang memakai SuperCCD untuk gambar lebih baik pada ISO tinggi. Perlu ISO 6400? Bisa…
  3. Casio Exilim Ex-V8 menempati posisi ketiga favorit saya berkat desain lensanya yang unik. Kamera 8 MP ini memiliki lensa 7x zoom internal yang bergerak di dalam kamera, plus dilengkapi stabilizer. Fitur fotografinya lengkap, fitur video juga lengkap dan mampu merekam suara stereo.

Katagori pocket wide :

  1. Panasonic Lumix TZ3 dengan 7 MP yang menjadi kamera saku lensa wide favorit pertama saya. Lensa Leica 10x zoom (28-280mm) dengan image stabilizer menjadi alasan utamanya. Tidak mudah membuat kamera wide dengan zoom 10x pada bodi yang kecil, dengan kemampuan besar.
  2. Ricoh Caplio R7 dengan 8 MP pantas diposisikan sebagai kamera wide favorit kedua saya dengan lensa 7x zoom (28-200mm) yang juga dilengkapi dengan image stabilizer.
  3. Canon Powershot SD870 IS meski hanya berlensa zoom 3x, namun mampu menempati posisi ketiga kamera wide favorit saya berkat desainnya yang indah, sensor 8 MP, stabilizer, LCD 3 inci dan kemampuan ISO 1600.

Katagori value :

  1. Canon Powershot A570IS dengan resolusi 7 MP dan zoom optik 4x menjadi andalan pertama saya di kelas kamera murah meriah. Kamera berharga 1,75 juta ini bahkan sudah dilengkapi image stabilizer. Terdapat pilihan mode auto dan manual serta masih terdapat fasilitas optical viewfinder.
  2. Fuji Finepix A800 menempati posisi kedua pilihan saya berkat resolusi 8 MP dengan sensor andalannya SuperCCD yang biasanya dipasang di kamera Fuji kelas atas. Inilah kamera murah yang mampu menghasilkan foto bagus pada kondisi pemotretan tanpa lampu kilat berkat kemampuan ISO tinggi yang bersih dari noise. Harga? Cukup dengan 1,5 juta saja.

Inilah daftar kamera digital yang saya favoritkan berdasarkan katagori. Tentu saja ini sepenuhnya pendapat pribadi dan belum tentu Anda sependapat dengan saya.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

17 thoughts on “Kamera digital favorit saya di 2007”

  1. artikel diatas berguna bgt buat aku yg lg bingung..makasih ya.
    nih tambah bingung lagi mau pilih antara canon powershot A570IS atau Fuji Finepix S5700. Mohon petunjuk dong.

  2. Anda membandingkan dua kamera 7 MP yang harganya mirip (sekitar 2 juta) namun berbeda kelas. Kalau cenderung perlu kamera saku dengan zoom 4x dan stabilizer tentu A570IS cocok buat anda. Bila suka zoom sampai 10x tentu Fuji S5700 lebih pas, namun mungkin di pasaran sudah agak jarang (diganti seri S5800 dengan 8 MP). Tapi seri Fuji S5000 ini belum dilengkapi stabilizer seperti S8000fd, bila ini jadi masalah coba pertimbangkan kamera super zoom termurah yang sudah dilengkapi stabilizer : Kodak Z712 dengan 7 MP.

  3. thanks banget atas tulisannya. very helpfull!
    Aku lagi perlu banget info begini.

    kembangkan terus untuk tahun 2008 dst.
    cerio!!

  4. saya lagi mau upgrad camera neh.
    saya agak tertarik pada fuji finepix s8000fd dan s6500fd, harganya hampir sama sekitar 2.9 jt-an . kira2 bagusan mana yah, kalau dari segi dimensi dan berat keliahatannya lebih prefer ke s8000fd tapi kalau kualitas bagusan mana ya?. atau ada ngak kamera sejenis yang harganya masih kurang lebih 3 jtan.
    thaks

    Saya tidak tahu apa masih ada S6000fd di pasaran, dulu harganya sekitar 3,7 jutaan. Saya jelas pilih S6000fd, meski cuma 6 MP tapi sensornya SCCD, zoomnya manual, sudah serasa memakai DSLR. Tapi saya tidak tahu apa anda lebih suka resolusi lebih, zoom lebih dan fitur stabilizer. Bila iya, tentu S8000/S8100 lebih pas. Dengan harga 2,9 juta, seri S8000 ini menjadi seri 18x zoom termurah diantara Lumix FZ18, Nikon P80, dan Olympus SP560, namun dengan kualitas dan kinerja yang relatif sama. Jadi intinya, kalau lebih mengejar kualitas foto (hasil bagus pada ISO tinggi, misalnya) ambil S6000. Kalau mengejar fitur lebih (zoom 18x, 8 MP, stabilizer) tentu S8000 lebih pas. Semoga cukup jelas…

  5. thanks atas commentnya
    saya cuman liat di tokocamzone harganya sama2 2.9 jt. avaliable apa tdk belum ngecek.
    tapi kalau masih ada berarti pilihnya s6000 ya…

    Ya itu tadi, kalo S6000 cuma 6 MP dan tanpa stabilizer, tapi sensornya Super CCD dan lensa zoomnya manual. Saya sempat berharap seandainya Fuji membuat penerus seri S6000 ini dengan stabilizer, sayangnya saat S8000 keluar justru pake sensor biasa (meski akhirnya pake stabilizer). Pilihan Fuji generasi baru saat ini adalah S100FS tapi harganya kelewatan, sekitar 7 juta. Fiturnya emang lengkap, tapi harga segitu mending ambil DSLR entry level aja.

  6. saya berminat dgn Nikon D40.Adakah jenis ini ok? dan adakah jenis kamera ini boleh membuat video.untuk makluman,saya baru berjinak dgn DSLR dan belum lagi punyai pengalaman tantang dunia fotoganik

    Hingga saat ini belum ada kamera DSLR yang bisa membuat video. Nikon D40 sudah banyak dipakai oleh mereka yang baru berjinak (berkenalan?) dengan DSLR, termasuk saya. D40 mudah, ringan dan dapat memberi hasil foto yang bagus. Bila anda seorang pemula dalam dunia DSLR, memilih D40 rasanya sudah tepat. Pilihan lain, Canon EOS 400D, Pentax K100D super, Sony A200 dan Olympus E510. Salam hangat dari Indonesia..

  7. bagi seorang yg baru berjinak dgn dunia fotoganik.Apakah Nikon D60 pilihan yg baik.Apa yg pasti Megapixel antara D40 dan D60 amat jauh berbeda.boleh tuan terangkan mengenai Megapixel.Boleh tuan terangkan jugak beza antara lensa 18-55mm lens dan 18-45mm lens

    Banyak artikel seputar pertanyaan anda pada blog saya ini, coba buka daftar isi untuk mencari topik yang diinginkan.
    Perbedaan D40 dan D40x/D60 adalah 6 MP vs 10 MP, apakah ini berarti sesuatu, tentu kembali kepada kebutuhan kita. Bagi saya, 6 MP sudah cukup. Namun belum tentu bagi yang suka cropping foto, mungkin dia perlu 10 MP bahkan lebih. Tahun 2008 ini tren resolusi kamera sudah bergeser ke arah 10 MP, baik DSLR ataupun kamera saku. Rasanya mencari kamera 6 MP sudah sulit sekarang ini.
    Soal lensa, saya belum pernah tahu ada lensa Nikon yang 18-45mm. Tapi pada dasarnya semua lensa zoom dinyatakan dengan focal length terdekat hingga terjauh (dalam satuan milimeter). Yang membuat lensa zoom menjadi istimewa adalah kecepatannya, atau bukaan diafragma maksimalnya.

  8. kiranya jika saya memakai Nkon d40 dan upgrade lens dari 18-55mm kepada yg lebih tinggi..adakah Mutu gambar masih tetap cantik?

    Di tangan yang tepat, Nikon D40 dengan lensa kit 18-55 bisa menghasilkan foto-foto yang cantik. Tentu upgrade lensa akan dapat menambah kemudahan dalam membuat foto-foto berkualitas, apalagi saat perlu kecepatan fokus yang tinggi, atau pada low-light photography. Pertimbangkan juga lensa 16-85 VR atau 18-200 VR sebagai pengganti lensa kit. Lebih jelas lagi silakan baca disini.

  9. saya memang amat meminati kamera DSLR.tapi bagaimana saya nak membuat untung dari DSLR Nikon D40 lens 18-55mm.Untuk makluman,saya masih mentah dalam kamera DSLR.mungkin tuan ada buah fikiran 🙂

  10. Pak Gaptek28, saya ingin beli kamera digital. Jenis pocket. Budget kurang lebih 1,5jt saja.. Mungkin ada saran dari bpk? Saya inginnya yang bisa membuat hasil2 foto yang kesannya profesional (walaupun saya belum tau banyak mengenai ISO, aperture, shutter speed, dlsb).

    Kebetulan kamera Nikon 4100 saya rusak (ngezoom in sendiri setiap kali dinyalain) dan tutup kameranya rusak. Biaya service+spart mencapai 655rb (di service center Nikon mangga 2 square).. Muahal sekali. Maka dari itu saya mempertimbangkan untuk beli kamera digital baru..

    Terima kasih pak

    Kan sudah saya jelaskan di CHIP forum 🙂

  11. Muantabh bener ulasannya mas gaptek.
    Boleh riview fuji s700 mas?

    Thanks,
    Hendysibuea

    Saya lihat disini, tampaknya cukup mengecewakan. Sensor kecil, tanpa stabilizer, lensa lambat, lengkaplah sudah. Cari model yg lain saja…

  12. Mas saya ingin beli kamdig saku, pilihan jatuh diantara dua Canon ixus 85 is dengan ixus 860 is, kenapa harga ixus 85 is lebih murah dikit banding 860 is, padahal 85 is udah 10 mpixel. cuman lcd 2,5″ kalo 860 is masih 8 mpixel cuman lcd 3″ . Unggulan mana nich mas…? please help me…thanks yaa.

    Karena Ixus 860 IS (PowerShot SD870 IS) lensanya wide. Secara manufaktur, lensa wide lebih sulit untuk dibuat apalagi pada kamera sekecil Ixus. Saya suke lensa wide, meski secara resolusi ‘kalah’ tapi hasil fotonya akan lebih dramatis dengan memakai panjang fokal lensa 28mm.

  13. Mohon maaf sebelumnya bila topik yang saya tulis sudah pernah dibahas, saya ingin menanyakan apakah dari para netters ada yang tahu dimana tempat untuk memperbaiki kamera digital di Jakarta yang terpercaya, kemudian saya ingin menambahkan aksesoris kamera tetapi saya tidak tahu di mana toko yang menjual aksesoris untuk kamera digital fuji finepix s5000 di jakarta, dan apa bs diservice sendiri. dmn kira2 tempatnya yg bs dipercaya, dan camera saya mengalami layar / gbr bergaris – garis warna dan tutup batere nya sdh ga bs ditutup lg, hrs diikat dg karet gelang ,tolong kirimkan ke email saya welly_ochenk@yahoo.com atas bantuannya terima kasih.

  14. Mas gaptek.Mau tny dong,
    -apa bdana fuji s5700 dng s700 yah?
    -kodak zd710 dng fuji s700 dan s5700 bgusan mana,klbhan n kekurangana,n after sale service gmn?
    -kl option lain kamera tp spesifikasi n harga tdk bgtu jauh dng kamera yg diatas apa?
    Maaf ni mas saya bnyk tny,cos saya mhsiswa yg bru mau bljr ftogrfi.Trimakasih sblmna.

    Setahu saya keduanya sama saja, S700 dan S5700.
    Ketiganya tidak dilengkapi stabilizer sehingga tidak saya rekomendasikan. Coba baca artikel saya seputar prosumer super zoom murah.

  15. mas gaptek,mau tanya dong?
    Mohon maaf sebelumnya bila topik yang saya tulis sudah pernah dibahas, saya ingin menanyakan apakah dari para netters ada yang tahu dimana tempat untuk memperbaiki kamera digital di Jakarta yang terpercaya, kemudian saya ingin menambahkan aksesoris kamera tetapi saya tidak tahu di mana toko yang menjual aksesoris untuk kamera digital fuji finepix s5000 di jakarta, dan apa bs diservice sendiri. dmn kira2 tempatnya yg bs dipercaya, dan camera saya mengalami layar / gbr bergaris – garis warna dan tutup batere nya sdh ga bs ditutup lg, hrs diikat dg karet gelang ,tolong kirimkan ke email saya welly_ochenk@yahoo.com atas bantuannya terima kasih

Comments are closed.