Canon IXUS : mengagumkan, membingungkan

Oke, saya yakin kita semua kagum atas desain kamera digital kelas atas dari Canon yang biasa dikenal dengan Canon Powershot seri IXUS. Seri ini umumnya disebut Canon IXUS di Eropa, Canon IXY di Jepang dan Canon Digital ELPH (SD series) di belahan dunia lainnya. Kamera seri ini memiliki model yang keren, kecil, retro namun berkelas dengan bodi terbuat dari almunium. Namun seperti halnya Anda, saya juga mengalami kebingungan atas penamaan seri ini, belum lagi kode angka dibelakangnya. Contohnya, Canon IXUS 860IS atau IXY 910IS atau Digital ELPH SD870IS adalah nama untuk sebuah kamera yang sama! Diagram yang dibuat oleh Jeff Keller ini mungkin bisa sedikit membantu memberi gambaran buat kita (thanks Jeff) :

ELPH IXUS

Tampak bahwa seri IXUS begitu membingungkan dalam penomoran untuk regenerasi kameranya, tanpa mengikuti pola baku penomoran pada umumnya. Beginilah cara Canon memberi nama untuk Canon IXUS generasi terakhir :

  • Canon SD1000 (IXUS 70) menggantikan Canon SD600
  • Canon SD750 (IXUS 75) menggantikan Canon SD630
  • Canon SD850IS (IXUS 950IS) menggantikan Canon SD700IS
  • Canon SD870IS (IXUS 860IS) menggantikan Canon SD800IS
  • Canon SD950IS (IXUS 960IS) menggantikan Canon SD900

Namun terlepas dari kebingungan seri IXUS diatas, Canon berhasil menunjukkan konsistensinya dalam mempertahankan citra IXUS sebagai kamera digital kelas atas yang selalu dipenuhi fitur lengkap dengan model yang keren pada setiap produknya. Dan kini fitur Image Stabilizer (IS) dan face detection tampaknya akan menjadi standar baru seluruh seri IXUS disamping fitur-fitur lain yang sudah ada sebelumnya.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

29 thoughts on “Canon IXUS : mengagumkan, membingungkan”

  1. finder optik kurang berguna bagi saya… (yang pakai istri) karena dia pun kesulitan saat menggunakan DSLR 500 saya.. saya pun sangat tertarik dengan lensa nya yang wide. karena saya kesulitan mendapatkan FX 33 yang baru maka pilihan beralih ke FX55 dengan perbandingan FX48 ( semua lumix) atau canon ixus 110is.. menurut mas gaptek lebih baik ambil yang mana?
    ketiganya sudah menganut lensa wide, perbedaan relatif hanya berada pada MP dan keluaran baru atau keluaran lama saja… saya hanya membandingkan merk panasonic dan canon karena sudah trauma dengan merk selain kedua itu… mohon masukan dari mas gaptek
    Terimakasih

Comments are closed.