Generasi baru Chipset Intel

Fanatik merk Intel? Apakah prosesor dan chipset pada motherboard Anda juga harus bermerk Intel? Ini kabar baik buat Anda. Intel telah melengkapi jajaran chipsetnya dengan produk baru untuk mendampingi prosesor barunya yang berteknologi 45 nano meter. Chipset baru ini kini menggunakan system bus FSB1333 dan mendukung dual channel DDR3 memory, dan tentunya akan support Windows Vista.

Inilah pembagiannya berdasarkan kelas :

  • Kelas atas : Intel X38 (menggantikan Intel P975X, PCI express 2.0)
  • Kelas menengah : Intel G35, Q35, P35, P31 dan G33 (menggantikan Intel P965)
  • Kelas value: Intel G31 (FSB1066, DDR2, GMA3100 terintegrasi, menggantikan Intel P945)

X38 ICH9

Sebagai pendamping chipset baru tersebut, Intel juga meluncurkan chipset ICH9 yang menggantikan ICH7 untuk melaksanakan tugas-tugas pelengkap seperti SATA dan USB controller, HD audio dan Intel Matrix Storage technology.

Salah satu motherboard yang telah mendukung chipset X38 adalah Gigabyte. Berikut bagan alur kerja chipset X38 beserta ICH9 yang ditanamkan pada motherboard GA-X38-DQ6. (gambar diambil dari http://www.digital-daily.com)

Gigabyte X38

Tentunya langkah Intel ini akan disusul oleh produsen chipset lain, seperti Nvidia yang tengah menyiapkan nForce 6 (menggantikan nForce 4) dan kemungkinan VIA juga mempersiapkan pengganti VIA P4M900 supaya mereka dapat ikut ‘mencicipi’ kencangnya prosesor Intel baru dengan FSB1333.

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

One thought on “Generasi baru Chipset Intel”

Comments are closed.