Nokia N82, ponsel 5 megapiksel dengan A-GPS

Nokia N82Ponsel dengan kamera 5 megapiksel? Memang terdengar cukup asing di telinga. Padahal sudah cukup banyak produk di pasaran yang menawarkan fitur kamera 5 MP pada sebuah ponsel. Contohnya Sony Ericsson dengan K850 dan Samsung G600. Namun produk anyar dari Nokia bernama N82 ini berbeda. Ponsel ini memang telah memiliki kamera 5 megapiksel, namun selain itu, ponsel ini juga dilengkapi fitur A-GPS untuk navigasi. Hampir sama seperti ‘kakaknya’ Nokia N95.

Oke, mari kita bahas kedua fitur andalan ini. Nokia N82 merupakan smartphone berbasis SymbianOS quad band HSDPA dengan model candybar berlayar TFT QVGA 2,4 inci. Andalan utamanya adalah kameranya yang sudah mencapai 5 MP dengan lensa Carl Zeiss dilengkapi Xenon flash dan lampu untuk auto fokus. Selain untuk memotret, N82 bisa mengambil video dengan ukuran VGA 30 frames per second (fps) sekualitas DVD.

Fitur andalan kedua adalah A-GPS untuk navigasi. A-GPS memungkinkan N82 mengakses antena penerima GPS eksternal melalui bluetooth dan menjadikan perangkat ini alat navigasi layaknya sebuah GPS biasa, lengkap dengan bundel peta Nokia maps.

Fitur lain yang dibenamkan di Nokia N82 adalah WiFi, memori internal hingga 100 MB dan disertai microSD 2 GB dalam paket penjualannya. Satu hal yang saya kurang sukai adalah desain keypadnya yang agak aneh dan terlalu kecil.

Bagi Anda yang menginginkan Nokia dengan antena penerima GPS terintegrasi dalam satu alat bisa juga mempertimbangkan Nokia 6110 Navigator.

(image taken from www.gsmarena.com)

Catatan :
Menurut gsmarena, kini telah tersedia yang versi warna hitamnya. Cool….

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

8 thoughts on “Nokia N82, ponsel 5 megapiksel dengan A-GPS”

  1. Harganya memang belum ada informasi tapi prediksinya sih akan diatas 5 jutaan. Mahal memang, namun rasanya masih sepadan dengan fiturnya.

  2. Eh itu fasilitas peta pake GPS bayar ga sih?
    trus apakah dgn GPS Map itu bisa tahu posisi saat ini
    lagi dimana.. dan peta mana saja yg sudah di-install-kan ?
    Ada peta Bangkok (Thailand) ga?
    terima kasih untuk yg sudah membaca dan juga yg menjelaskannya.. kap khuun kap (terima kasih -thailand-)

  3. Peta yang terinstal pada GPS memang masih terbatas dan umumnya pemakainya harus bayar. Software peta ini sementara hanya tersedia untuk kota jakarta dan kota besar lainnya. Bila hanya berpatokan pada GPS, kita hanya bisa tahu posisi koordinat kita saja (lintang-bujur); namun bila memakai GPS yang terisi peta, kita juga bisa tahu posisi kita dipeta tersebut. Kap khuun kap juga..

  4. Apakah sajakah fungsi GPS pada HP sebagai navigator saja atau ada fungsi2 lain yang bersifat lebih luas?

    Fungsi GPS pada ponsel hampir sama seperti perangkat GPS dedicated, yaitu sebagai alat bantu navigasi. Namun berkat konvergensi antar perangkat seperti ponsel GPS masa kini, data koordinat yang didapat melalui satelit dapat digunakan untuk berbagai keuntungan lain seperti pencatat aktivitas olah raga dan geotagging untuk fotografi.

Comments are closed.