Flash memory pengganti hard disk

Teknologi digital pada dasarnya merupakan teknologi berbasis data. Dewasa ini data menjadi demikian pentingnya sehingga inovasi terus dikembangkan untuk mengolah dan menyimpannya. Media penyimpanan data kini telah berkembang pesat baik jenis maupun kapasitasnya, dimana hal ini untuk mengantisipasi perkembangan teknologi yang amat pesat. Salah satu jenis media penyimpan data yang sedang populer saat ini adalah flash memory. Berbeda dengan keping memori seperti RAM komputer, flash memory menyimpan data pada keping solid-state IC dengan dengan kemampuan mempertahankan data didalamnya saat sumber daya listrik terhenti.

Perkembangan flash memory telah berkembang pesat dengan kecenderungan kapasitas dan kecepatan baca tulis yang terus meningkat dan harga yang semakin menurun. Hal ini tentu membuka kesempatan bagi produsen gadget untuk membenamkan memori berkapasitas besar pada produk mereka. Namun demikian saat ini untuk menyimpan data berkapasitas tinggi seperti pada komputer atau laptop umumnya para produsen masih mengandalkan hard disk sebagai pilihan utamanya.

Seiring dengan meningkatnya kapasitas flash memory, kini dominasi hard disk mulai mendapat pesaing baru. Hard disk secara umum bekerja dengan mengandalkan piringan magnetis yang diputar dan diakses oleh head mekanik untuk proses baca dan tulis data. Sistem mekanik seperti ini mengandung resiko jangka panjang karena suatu ketika akan mengalami keausan sehingga mengancam data yang tersimpan didalamnya. Selain itu prinsip kerja menggunakan putaran mekanik memerlukan waktu lebih lama untuk mengakses data (access time). Flash memory hadir tanpa memakai sistem mekanik sehingga lebih unggul dibanding hard disk dalam hal :

  • MTBF (usia lebih awet)
  • kecepatan baca tulis data
  • ketahanan terhadap temperatur ekstrim dan benturan/guncangan
  • konsumsi daya (lebih rendah)
  • ukuran lebih kecil
  • tidak bising

Samsung flashSSDSalah satu produsen yang rajin melakukan riset dalam bidang memori adalah Samsung dan kini mulai meluncurkan media penyimpan data berbasis flash yang dinamai Samsung FlashSSD. SSD yang merupakan singkatan dari Solid State Drive yang telah memiliki kapasitas hingga 64 GB ini dapat menjadi alternatif pilihan media penyimpan data selain hard disk. Kemunculan FlashSSD akan membuat perubahan besar dalam perkembangan komputer masa depan, apalagi bisa dipastikan produsen lain akan ikut terjun dalam membuat drive sejenis. Bila nantinya penggunaan SSD sudah semakin populer (dan kapasitasnya makin meningkat serta harganya semakin terjangkau), bisa diprediksi hard disk hanya akan tinggal menjadi kenangan.

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.