Kamera saku 12 mega piksel

Apakah kamera saku generasi baru dengan resolusi 10 mega piksel belum membuat Anda puas? Ingin memiliki kamera saku dengan resolusi 4000 x 3000 piksel? Memang keuntungan kamera dengan resolusi tinggi adalah adanya keleluasaan dalam urusan pencetakan dan cropping gambar. Namun harus diingat bahwa resolusi pada dasarnya tidak ada hubungannya dengan kualitas foto. Resolusi tinggi hanya berkaitan dengan ukuran dan file size dari setiap foto, sementara kualitas ditentukan oleh banyak faktor (salah satunya adalah faktor kompresi JPEG). Jadi, dari sekarang bersiaplah membeli memory card lebih besar untuk menampung file foto yang besar.

Bila Anda memang begitu berambisi memiliki kamera baru dengan resolusi tertinggi saat ini, inilah 17 kamera saku 12 mega piksel yang ada di pasaran :

  1. Canon PowerShot A650 IS 6x zoom, LCD 2.5″
  2. Canon PowerShot SD950 IS Digital ELPH 3.7x zoom, LCD 2.5″
  3. Canon PowerShot G9 6x zoom, LCD 3.0″, hotshoe, RAW
  4. Casio Exilim EX-Z1200 3x zoom, LCD 2.8″, no IS
  5. Fuji FinePix F50fd 3x zoom, LCD 2.7″
  6. GE E1240 4x zoom, LCD 3.0″, no IS
  7. Kodak EasyShare V1233 3x zoom, LCD 2.5″, no IS
  8. Kodak EasyShare V1253 3x zoom, LCD 3.1″, no IS
  9. Kodak EasyShare Z1275 5x zoom, LCD 2.5″, no IS
  10. Nikon Coolpix P5100 3.5x zoom, LCD 2.5″, hotshoe
  11. Nikon Coolpix S700 3x zoom, LCD 2.7″
  12. Olympus FE-300 3x zoom, LCD 2.5″, no IS
  13. Olympus Stylus 1200 3x zoom, LCD 2.7″, no IS
  14. Panasonic Lumix DMC-FX100 3.6x zoom, LCD 2.5″, wideangle
  15. Pentax Optio A40 3x zoom, LCD 2.5″
  16. Samsung NV20 3x zoom, LCD 2.5″, no IS
  17. Sony Cyber-shot W200 3x zoom, LCD2.5″

Namun harus dicermati bahwa kamera-kamera ini masih menggunakan sensor CCD biasa (kecuali Fuji dengan sensor Super-CCD) yang berukuran kecil dan tindakan para produsen yang memaksakan resolusi tinggi pada sensor kecil harus dibayar dengan tingginya noise pada ISO tinggi. Untuk itu, bagi yang ingin mengedepankan kualitas, pertimbangkan juga kamera DSLR beresolusi 12 MP dengan sensor besar. Jadi, Andalah yang memutuskan.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

13 thoughts on “Kamera saku 12 mega piksel”

  1. saya lg dilema banget…
    antara mau beli kamera dengan “retina dual lens system 7.3 MP” atau kamera dengan 12 megapixel…
    saya sangat tertarik dengan KODAK V1233, V1253 u 12 mega pixelnya dan
    KODAK V705 u dual retinanya???
    langsung saja….
    MANA YG HRS SY BELI dilihat dari sudut fitur, harga, dan kualitas…
    dan kenapa harga kamera dgn dual lens itu terolong cukup tinggi ya..?

    regards, luthfi…
    terima kasih

  2. Kodak V705? Salah kali? Adanya Kodak V570 dual-lens produk 2006. Dulu mungkin sistem dual-lens dianggap lebih memberi kualitas optik lebih baik daripada satu lens sapujagad, meski memang lebih tinggi ongkos produksinya. Kini produsen lebih suka membuat kamera lensa tunggal yang ekonomis dgn zoom panjang (wide dapet tele dapet). Resikonya, ya kualitas lensa begini harap maklum saja.

    Kodak V1233 dan V1253 sepertinya saudara kembar dan hanya beda di LCD saja (2,5 vs 3,1 inci). Jujur saja, dari modelnya saya suka. Tapi kalau lihat spesifikasi lensanya : 37mm – 111mm F3.4 – F5.3 cukup menyedihkan. Entah kenapa produsen kamera umumnya kini mendesain lensa baru mereka dengan diafragma kecil seperti Kodak ini. saran saya, carilah yang lensanya lebih cepat (F2.8). Lebih lengkap, baca tips belanja yang saya susun. Okay..

  3. Bagus mana? Tergantung dong… Kalo suka zoom sampai 5x tentu cocok pakai Z1275. Keduanya mengandalkan ‘digital image stabilizer’ yang sering bikin pembeli terkecoh. Ini bukan stabilizer beneran, cuma naikin ISO biar shutternya jadi cepat. Resikonya, ya fotonya jadi noise…

  4. saya tertarik untuk membeli kamera digital. menurut anda dari ke 17 digicam yang anda suguhkan itu, manakah yang memiliki kualitas gambar yang lebih baik diantaranya?

  5. Bila harga tidak menjadi masalah, Canon G9 punya kualitas terbaik secara keseluruhan. Namun untuk hasil foto low-light yang baik, sensor Fuji F50fd akan memberi hasil foto terbaik baik kondisi normal ataupun gelap dengan harga dibawah Canon G9.

  6. saya baru membeli v1253.tetapi hasilnya kok tidak maksimal ya..dalam hasil fotonya sering kabur+noise…beda dengan kamera kodak saya dulu dx7440..tapi yang pasti kamera kodak ini (v1253) hasilnya lebih bagus dari sony t70

    Saya turut prihatin kalau kamera anda ternyata hasilnya tidak maksimal. Kalo suka kabur dan noise saya curiga kamera ini dipake di tempat yang kurang cahaya, dimana hampir semua kamera saku akan mengalami masalah yang sama. Gambar kabur umumnya karena shutter kamera terlalu lambat, kalau noise karena pemakain ISO tinggi. Bedakan dengan gambar tidak fokus ya, ini bisa karena kegagalan sistem auto fokus. Selain itu, karena sensor kamera V1253 relatif kecil tapi dijejali resolusi 12 MP, resikonya gambar akan kurang tajam dan banyak noise.

    Coba beberapa tips ini, kalau masih kabur dan noise juga, jangan2 kameranya cacat produksi (bisa diklaim garansi kan?) :
    1. hindari memakai ISO auto, gunakan saja nilai ISO dasar (bisa 50/80/100 tergantung kameranya, coba cek lagi)
    2. coba motret di tempat terang, kalo bisa outdoor siang hari
    3. kalo motret di dlm ruangan dan hasilnya kabur coba dibantu lampu kilat (bisa membuat shutter naik ke 1/60 detik)
    4. pastikan auto fokus berhasil mengunci objek, kalau motret di tempat yang kurang cahaya harus dibantu dengan fitur AF assist (coba cek apa fitur tsb aktif tidak)

    Semoga tips tadi bisa membantu, salam..

  7. wah trima kasih sekali atas jawabannya..jawaban saudara sungguh membantu saya.nanti saya akan coba dirumah deh..
    yg saya binggungkan kenapa kamera sony t70 dan t200 hasilnya jelek ya..dalam foto yang dihasilkan sering muncul red eye..padahal fungsi anti red eyenya sudah saya aktifkan…
    apa memang betul semua kamera sony hasilnya masih dibawah kodak dan canon

    Untuk red-eye lazim terjadi bila lampu kilat berada di dekat lensa. Fitur red-eye hanya mencoba mengurangi efeknya saja. Lagipula, tidak semua kamera sony hasilnya dibawah kodak atau canon, tergantung spesifikasi dan kondisi pemotretan. Khusus Sony T70 dan T200 mengusung konsep folded-optic yang memungkinkan ukuran kameranya kecil karena lensanya berada di dalam kamera. Sistem begini umumnya hanya punya nilai diafragma maksimal di f/3.5 (bandingin kamera saku biasa yang umumnya di f/2.8 ) sehingga efeknya saat cahaya sedikit berkurang kamera sudah harus menaikkan nilai ISO (dan muncullah noise). So, lensa folded optic (termasuk merk lain) memang ada untung ruginya sendiri.

  8. hmm,
    tolong dbantu donk oM, sya jg lg bngung nih mo plih Olympus Stylus 1200 ato Canon 400D ya??
    klo dari hasil jepretan menurut si oM gmna??
    thnx b4…

    Maksudnya kamera saku (Oly Stylus 1200) vs DSLR (EOS 400D)? Ya bagusan 400D dong..

  9. hmm,
    maaf salah oM, jd malu neh :”>
    mksdnya klo (Olympus Stylus 200) vs (Sony Cyber-shot® DSC-W300)??
    coz klo scara MP Sony mnang telak, tp kok ISO nya tinggian Olympus y??
    trus pndapat oM ttg kedua product ini gmna??
    dan sbaiknya mna yg harus sya pilih (salah satu) dari kedua produk tsb?
    btw, sya dpat info ktanya utk yg Sony bsa dtmbah tele, apa itu bnar oM??
    terima kasih sblumnya..

    Saat memilih kamera saku, mana yg lebih diutamakan : resolusi tinggi atau ISO tinggi? Kalau saya sih, tidak keduanya.

    Knapa? Sensor kecil yg dijejali piksel tinggi akan sensitif thd noise. Sensor kecil yg dipaksa naik ke ISO tinggi juga akan noise. Pasangan resolusi dan ISO tinggi adalah pasangan sempurna utk menghancurkan sebuah foto.

    Kalau terlanjur punya kamera ber MP tinggi, jangan gunakan ISO diatas 200. Jadi, kalau ada kamera saku yg mengklaim bisa mencapai ISO 10.000 sekalipun, gunakan hanya hingga ISO 200 saja. Utk ISO 400 keatas, selamat datang noise.

  10. terimakasih semua,apa yang di bahas di sini singkat padat berisi ndak mbulet2. saya terbantu dengannya,di banyak forum ada yang bertanya kadang yang udah pinter malah ngetawain yang nanya yang mungkin masih awam betul soal fotografi. saya pakai DMC TZ1. sebenarnya belum puas dengan kinerja TZ1 tapi dengan adanya pemaparan disini saya akan coba belajar terus. trims moderator.

    Di forum khusus fotografi (seperti FN dan ayofoto) banyak fotografer senior yg punya pengetahuan dan pengalaman yang banyak. Kalau perlu info soal fotografi, bertanya lewat forum tentu lebih disarankan. Informasi di blog ini amat subjektif dan terbatas, sebaiknya tidak jadi rujukan utama dalam mempelajari fotografi digital. Salam.

  11. salam kenal om…..mao tanya nihh..? saya mao beli camera digital dgn biaya1,8 jt kebawah…bagus nya beli yang mana antara casio exilm Z2, olympus Fe4000 or FE5020.atau om ada referensi yang laen…? camera nya biasa di gunakan untuk moment2 tertentu bisa di outdor or indor..gituu..maksihh yaaa sebelumm nya….

    1. @farid
      mau beli punya g ga.. FE 5020.. kondisi baru (cuma pake jepret2 20 kali aja).. uda ada screen protector.. memory micro sdhc sandisk 4gb & 8gb (ada adapter xdcard dari sononya).. plus hard case olympus..

Comments are closed.