Lensa Nikkor f/2.8 baru (updated)

Dunia fotografi tidak akan pernah lepas dari lensa-lensa berkualitas. Jika bicara soal lensa berkualitas tinggi, Nikon sudah lama menempati jajaran produsen lensa dunia yang dipercaya banyak fotografer. Terlebih lensa-lensa Nikon yang memiliki bukaan diafragma konstan f/2.8 yang menjadi andalan para profesional kini memiliki anggota keluarga baru.

Nikkor 14-24

Pecinta wide-angle sejati, jika anda kurang puas dengan sempitnya diafragma Nikkor DX 12-24mm f/4, atau anda adalah profesional yang memakai DSLR Nikon Full-Frame D3 seperti Ken Rockwell yang tidak mau memakai lensa DX, ini adalah pilihan anda satu-satunya untuk wide-angle : Nikkor 14-24mm f/2.8 yang jangkauan zoomnya 1,7 kali. Harganya? Jangan ditanya 🙂

Nikkor 24-70

Lensa f/2.8 berikutnya memiliki rentang zoom amat standar, 3x zoom. Lensa kelas pro ini dinamai Nikkor 24-70mm f/2.8 yang tentu kompatibel dengan Nikon D3. Bila lensa ini dipasang pada Nikon D40 saya umpamanya (mimpi kali ye…), faktor crop sensor 1,5x akan membuat jangkauan lensa ini menjadi 35-105mm, layaknya jangkauan lensa kamera saku biasa dengan 3x zoom. Oleh karena itu saya tidak merekomendasikan lensa ini kepada mereka pemilik DSLR Nikon dengan sensor APS-C yang mencari lensa wide-angle, selain karena harganya yang juga selangit.

Kedua lensa f/2.8 tersebut telah mengusung fitur-fitur baru seperti AF-S, elemen lensa ED, dan internal focusing. Namun sayangnya, keduanya justru tidak dilengkapi dengan stabilizer VR. Padahal dengan kemampuan f/2.8, lensa ini didesain untuk digunakan di tempat yang pencahayaannya kurang. Nah, saat cahaya kurang hanya ada 2 harapan kita : mengandalkan stabilizer atau menaikkan sensitivitas/ISO. Mungkin kedua lensa ini benar-benar dirancang untuk mendampingi Nikon D3 yang memiliki kemampuan ISO tinggi fantastis hingga ISO 25.600 (wow!!) Dengan nilai ISO setinggi ini, siapa yang perlu stabilizer?

Update :

Nikon meluncurkan lensa AF-S makro terbarunya dengan jarak fokal fix di 60mm, dengan bukaan maksimal di f/2.8 dan kemampuan reproduksi makronya hingga 1:1. Lensa bernama AF-S Micro Nikkor 60mm f/2.8G ED ini menjadi pilihan lain selain lensa mikro 105mm yang cukup populer di kalangan pecinta makro. Lensa seharga 5 jutaan ini kompatibel untuk format FX maupun DX, dengan jarak fokus minimum sekitar 5 cm. Foto  dibawah ini dari bung Ken.

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

7 thoughts on “Lensa Nikkor f/2.8 baru (updated)”

  1. Saya menayakan apakah lensa terbaru ini bisa dipakai untuk kamera D 200 Nikon.Tks

    Bisa dipakai itu maksudnya gimana? Kalo mount lensa nikon pasti bisa dipakai D200, kalo soal auto fokus dan fungsi metering tentu kompatibel dgn D200.

  2. mau tanya..kalo lensa 24-70 dipake buat d60 bs gak???kira2 skrg pasaran nya brp???

    Bagus aja, saya pernah coba. Ingat, rentangnya zoomnya jadi 35-105mm ya.

    Harga dibawah 20 juta kok.

    1. Mau prime seperti 35mm f/1.8 bisa, kalo mau lensa zoom utk hasil bokeh terbaik cari lensa zoom yg bukaan besar f/2.8 spt 17-55mm, 24-70mm atau 70-200mm.

      Kalau utk belajar foto model lensa zoom apapun yg bukaan kecil juga bisa spt 18-70mm, 18-135mm dsb.

Comments are closed.