Pilihan kamera DSLR 2008 untuk pemula

Ingin terjun ke dunia fotografi? Tentu modal pertama yang harus dimiliki adalah kamera yang mampu mendukung kebutuhan dan kreativitas kita, dan itu umumnya adalah kamera DSLR. Meski awalnya kamera jenis ini berharga amat mahal, kini situasinya sudah banyak berubah. Bagi yang baru ingin mencicipi DSLR, atau yang memiliki budget terbatas, pilihan akan DSLR entry level adalah pilihan paling rasional. DSLR kelas ini menawarkan kemampuan dan fungsi sebuah kamera DSLR profesional namun dengan beberapa kompromi (baca : pengurangan) dalam fitur dan performa sehingga membuat harga jualnya dapat dijangkau banyak orang.

Tahun ini persaingan entry level DSLR sudah dimulai dengan adanya empat pilihan produk dari merk ternama, yang semestinya sudah akan tersedia di pasaran pada bulan mendatang. Sebelum membeli, ada baiknya kenali dulu pilihan yang ada :

Canon EOS 450D/Digital Rebel XSi

EOD 450DInilah generasi penerus EOS 400D yang hadir dengan banyak peningkatan fitur dan kini dengan resolusi 12.2 MP CMOS sensor. Generasi anyar entry level dari Canon yang telah mendukung semua jenis lensa Canon EF and EF-S ini kini menggunakan 14-bit A/D converter, memiliki AF sensor yang lebih baik (meski tetap 9-points) dan mengandalkan DIGIC III image processor. Yang istimewa, di layarnya yang berukuran 3 inci ini bisa dipakai untuk mengambil gambar berkat sistem live view. Sistem live view ini juga didukung oleh fitur auto fokus yang fleksibel, yaitu metoda auto fokus memakai phase detect (standar SLR umum) atau contrast detect (standar kamera saku). Tersedia pilihan ISO mulai dari 100 hingga 1600 (dan kini terdapat indikator ISO pada viewfinder), burst mode 3.5 fps hingga 6 RAW atau 45 JPEG, cukup mengagumkan. Terdapat juga spot metering (4% area coverage), suatu fitur metering yang absen di seri-seri sebelumnya. Yang baru, terdapat fitur Auto Lighting Optimizer yang memperbaiki brightness dan kontras secara otomatis. Fitur lama yang tetap ada adalah dust reduction system untuk mengurangi debu yang menempel pada sensor. Tidak seperti seri sebelumnya yang memakai memori CompactFlash, kini EOS 450D memakai slot memori SD/SDHC yang lebih murah. Selain itu, tersedia asesori battery grip BG-E5 untuk pemotretan vertikal,Kit Canon dan berguna sebagai tambahan daya apabila baterai utama LP-E5 lithium-ion ini dirasa kurang cukup. Bodi EOS 450D juga mengalami sedikit perubahan dengan ergonomi yang agak lebih baik dan nyaman. Sebagai lensa kitnya kini tersedia versi IS dari Canon EF-S 18-55mm yang optiknya telah disempurnakan.

Pentax K200D

K200DGenerasi penerus dari Pentax K100D ini kini mengusung resolusi 10.2 MP dengan sensor CCD, dan masih mewarisi fitur istimewa yaitu sistem anti shake pada bodi (dengan sensor shift) sehingga semua lensa Pentax K-mount yang dipasang otomatis jadi memiliki sistem stabilizer. Berbekal engine PRIME (Pentax Real Image Engine), urusan fokus mengandalkan 11 titik AF SAFOX VIII. Ukuran layar yang sebesar 2.7″ LCD dengan 230 ribu pixel dan juga terdapat status LCD di bagian atas. Yang cukup jarang, bodi K200D telah dirancang untuk tahan cuaca dan debu, suatu fitur yang layak diacungi jempol. Tersedia nilai ISO dari 100 hingga 1600 dan file format RAW yang dapat diambil hingga 4 gambar pada 2.8 fps namun belum diketahui kapasitas memori buffernya (pada K100D masalah utamanya adalah kapasitas memori buffer yang terbatas menyulitkan saat continuous shooting). Sistem dust reduction juga tersedia pada K200D, dimana debu yang menempel pada sensor akan dibersihkan otomatis. Fitur yang cukup bermanfaat adalahKit Pentax Expanded Dynamic Range function, mirip seperti Canon atau Sony, untuk menaikkan dynamic range. Selain itu, tersedia asesori battery grip untuk pemotretan vertikal, dan berguna sebagai tambahan daya apabila baterai utama 4x AA ini dirasa kurang cukup. Untuk lensanya, tersedia pilihan lensa kit Pentax-DA 18-55mm AL generasi ke-II.

Sony A200

Alpha 200Sukses membeli divisi kamera Minolta, Sony juga memperbarui jajaran DSLR entry levelnya dengan meluncurkan Alpha series baru dengan resolusi 10.2 MP APS-C CCD sensor yang juga dilengkapi Super SteadyShot dengan sensor shift. Menggunakan Minolta/Sony Alpha lens mount dengan 1.5X crop factor, A200 kini dilengkapi dengan 2.7″ LCD yang sayangnya tanpa dilengkapi dengan live view (meski tetap memiliki sistem anti debu seperti seri sebelumnya A100). Sistem AF 9 points dengan TTL CCD line sensor membuat performanya diklaim 1.7x lebih baik daripada pendahulunya. Tersedia pilihan ISO dari 100 hingga 3200 dan memakai Bionz Image Processor yang memiliki fitur Dynamic Range Optimizer (DRO) yang cukup bermanfaat. Kit SonyContinuous shooting cukup mengesankan dengan 6 RAW atau unlimited JPEG dengan 3 fps. Sony rupanya cukup berbeda dengan memakai memori jenis CompactFlash Type I/II. Selain itu, tersedia asesori battery grip VG-B30AM untuk pemotretan vertikal, dan berguna sebagai tambahan daya apabila baterai utama NP-FM500H lithium ini dirasa kurang cukup. Sebagi lensa kit masih menggunakan SAL DT 18-70mm.

Nikon D60

D60Tidak banyak yang berubah dari kelanjutan Nikon D40x ini. Kini Nikon D60 muncul dengan resolusi yang tetap sama yaitu 10.2MP CCD bahkan dengan bentuk dan desain yang sama seperti D40/D40x. Menjadi DSLR paling kecil di pasaran, Nikon D60 tetap mempertahankan ergonomi dan desain bodi yang baik dan nyaman. Sayangnya kekuatan Nikon dalam hal ergonomi tidak diikuti peningkatan fitur yang berarti, katakanlah masih tetap menggunakan 3 AF points dan tanpa disertai motor AF pada bodi. Kini dengan branding Expeed image processing, Nikon hendak menawarkan solusi DSLR entry level yang simpel namun memiliki kemampuan tinggi. Masih mengusung layar yang berukuran 2.5″ dengan resolusi 230 ribu pixel (kini terdapat sensor yang mematikan LCD bila anda menggunakan optical viewfinder), Nikon D60 juga tidak dilengkapi fitur live view layaknya Canon EOS 450D. Tren fitur anti debu juga diterapkan Nikon pada D60 ini dengan “Airflow Control System” yang meniup debu pada sensor. Kit NikonTersedia pilihan ISO dari 100 hingga 1600 dan fitur Auto ISO yang bermanfaat. Yang baru, terdapat fitur Active D-Lighting yang menerangi bagian gelap pada foto akibat kontras tinggi. Baterai EN-EL9 lithium-ion battery mampu bertahan hingga 500 shot namun tanpa didukung asesori battery grip resmi. D60 dijual menjadi satu paket bersama lensa kit baru AF-S 18-55mm VR.

Tentu saja, untuk memilih mana yang terbaik memang tidak mudah. Semuanya menawarkan keseimbangan antara kualitas dan harga. Namun bagi yang ingin kamera sarat fitur termasuk live view, memang Canon EOS 450D menjadi unggulan disini. Bagi yang suka stabilizer pada bodi bisa melirik Pentax atau Sony, dimana Pentax lebih unggul berkat bodinya yang sudah weather sealed. Bagi yang membutuhkan kamera yang kecil, mudah digunakan dan ergonomi tinggi bisa memilih Nikon. Yang jelas, semua kamera di atas mampu menghasilkan foto dengan kualitas tinggi apabila digunakan dengan baik. Penambahan fitur dan teknologi baru hanyalah untuk memudahkan saja dan tidak selalu menjadi prioritas utama dalam memilih kamera. Namun memiliki kamera yang sarat dengan bermacam fitur tentu merupakan suatu nilai tambah tersendiri.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

131 thoughts on “Pilihan kamera DSLR 2008 untuk pemula”

  1. halo mas saya Reno nie..saya masih mahasiswa nieh dan saya pemula di fotografi..nah saya mau beli camera dslr tapi dana yg saya punya terbatas, hanya sekitar 3 jutaan kira2 ada ga ya mas camera dslr yg harganya segitu tapi kualitasnya lumayan lah….
    bisa kasih saran ga ya mas..kira2 camera merek n tipe apa ya ????masalahnya saya suka banget Fotografi…
    makasih ya…

    Reno

  2. Mas gaptek,,,
    Skrg saya punya budget hanya cukup untuk beli Canon 1000d.
    Menurut anda sebaiknya saya sebagai pemula cukup menggunakan 1000d saja,
    Atau uangnya ditahan sebentar untuk beli Canon 450d?
    Thx, mohon pencerahannnya!

  3. mas gaptek thanks for informasinya…

    saya baru saja mau nyoba terjun ke fotografy yg sya pikirkan pertama kalia adalah kamera..
    saa tertarik sama canon 1000D tapi setelah saya lihat sony dlsr A-200 saya jadi bingung dua2nya bagus semua..
    untuk kualitas sya minta perbandingan 2keduanya,,

    thangks yah..

    1. Ya, dua-duanya bagus. Kualitas sih hampir sama, hanya bedanya 1000D sudah live view dan A200 punya stabilizer internal. Mana yg lbh anda perlukan?

  4. mas gaptek saya mahasiswa niy,,, dan pemula juga…..
    saya pengen banget beli DSLR,, tapi saya bingung untuk milih mau beli 450D,1000D atw nikon D60….

    tolong kasih pertimbangannya yah mas…..

    terima kasih sebelumnya… ^_^

  5. saya mo nanyaa nii,,saya masih smp.sayaa masih pemula..kira” kamera apa yng cocok dngan saya? mohon sarannya.terimakasiih.

    1. Waktu saya SMP saya memakai kamera saku film merk Fuji seharga 100 ribu, dan saya puas akan hasilnya. Anak SMP jaman sekarang sudah beda generasi kan…

  6. mas..
    mau nanya dong.saya kan masih smp nih.lagi nyari kamera dslr kecil yang murah.
    kira2 apa ya yg cocok buat saya?
    saya tertarik sama panasonic lumix g1 dan nikon d60.ya kalo masalah harga ya sekitar 3 jt-an mas.second juga gak papa yg penting masih bagus.

  7. hi,,saya pemula nih..baru pengen beli kamera dslr gara2 kemarin pake punya temen nikon d80…mau tnya yg bagus apa ya?? masih bingung menentukan merk dan model..kemarin pengen beli nikon d60 tapi kata temen kurang bagus, disuru beli d90 tapi budget gak cukup…

    1. D60 memang beda kelas dgn D90. Kalo D60 dirasa kurang pas utk dipilih, sementara utk beli D90 dananya kurang, pilihannya dua : ambil D80 atau tunggu D5000.

  8. mas ana (baca :aku) sudah lama menekuni dunia fotografi sejak di kampus itu 10 tahun yang lalu awalnya belajar pake’ kamera lubang jarum, cz masih gak punya camera dapet cemara slr Yasicha Fx 8 -2000 kondisi lumayan, sekarang ingin beralih Dslr tapi budget gak menjangkau utk High Level, kira-kira yang mid level utk \dslr yang mana ya?

    1. Mid level / semi pro generasi skrg banyak, spt canon 50D, nikon D300, pentax K-7 atau olympus E-30. Pilih yg mana, anda tentu sudah pengalaman dgn SLR film, tinggal sedikit beradaptasi.

  9. Mau tanya sedikit ni Bos… Kira2 klo menurut Mas Gaptek lebih baik pilih EOS 450D atau Sony DSLR-A300K??? klo sya liat dua produk ini ga jauh beda, jadi buat saya yg masi newbie aga sulit bedaiin kelebihan dan kekurangan masing2… thanks…

  10. Saya sngat tertarik dengan fitur2 yg ditawarkan Sony A300 ditambah lagi harga yg cukup terjangkau klo dibandingkan DSLR sekelasny seperti Canon & Nikon… tapi orang bnyk yg bilang lebih baik pilih Canon / Nikon… apa di Sony A300 ada hal2 khusus yg harus lebih dicermati sebelum memilih kamera Sony A300 ini??? mohon masukan dan saranny Mas Gaptek???

    Thanks…

    1. Hanya hal-hal minor seperti viewfinder kecil, live view yg tidak bisa tampil histogram dan default JPEG belum ‘mateng’. Sony itu punya masa dpn cerah di industri DSLR, dia tengah mendesain sensor yg lebih baik dan DSLR full frame terjangkau (selain canon/nikon, hanya Sony yg punya DSLR full frame). Lensa sony / minolta juga tajam dan bagus, cuma tdk selengkap canon/nikon.

      1. Oke thanks Mas Gaptek buat pencerahanny… tapi satu lagi Mas, Klo boleh tau Mas Gaptek sendiri lebih prefer pilih Sony A300 atau EOS 450D ya???

        thanks…

  11. masss….
    kenapa kamu nyaranin pake d5000.
    kalo skala angka…
    perbandingan kualitas antara d60 , d90 , d5000 brapa….????

    1. D60 dan D3000 (baru) sensor sama, hasil foto sama.
      D90 dan D5000 juga sensor sama, hasil foto sama.

      Nah, kualitas yg mau dibandingin apanya? Mending fiturnya spt modul AF, HD movie (kalau perlu) dan kinerja umum.

  12. mas sekarang saya mahasiswa… mo bli eos 450d..
    cocok g buat pemula n gaptek seperti saya?
    tapi mungkin baru kebeli kameranya 6 bulan lagi…coz tabungan lum memadai…
    klo 6 bulan lagi ada kamera yg lebih bagus dari 450d dan harganya g beda jauh..kabarin ya…
    oh ya 1 lagi bagusan canon ato nikon?

  13. masss….
    lanjut…

    kmaren saya pernah ikut pelatihan fotografi buat wartawan…
    tapi saya msh gaptek…n blum pnya basic nYa…?!?!?
    saya berminat dalam dunia ini..!?!?

    so…kamera apa yang cocok buat saya…
    apo nikond60(buat pemula)…or gmana.???
    dan parah nya lagi uang bru 3an…
    saya mesti ambil apa kalo emang uang udah cukup nigh..?

    bagi pandangan nya yach..
    makasih.

  14. pemula sekali kantong mahasiswa

    mas saya bingung nih mau milih DSLR nikon tau canon…

    pilihan sesuai badget 500d, 450d, d5000, d3000(bru keluar)

    pilihan yang tepat dan bagus ap y mas?

    mohon dijawab y mas

  15. masss…

    kamera yang cocok buat saya apaan…?
    yang sesuai dgn kantong dan dgn kamera yang hasilnya memuaskan…
    apakah nikon d60 atau canon EOS 450d..?

    plis rep mass

  16. mas.. tanya tanya tanya dong..

    mandingan ngambil canon 400D atau yg 1000D ya??? *bingung*

    o iya, lense yg bagus buat dua kamera diatas itu apa ya? soalnya niat cuma mau beli body doang, nanti lense beli lagi. denger2 katanya lense yg di kit nya kurang mantep..

    tengkiuh before 😉

  17. Mas, mau tanya ni, harga second untuk kamera DSLR yang sudah lumayan bagus untuk pemula berapa ya mas? kira2 dimana tempat belinya yang bagus dan kualitas terjamin?
    makasih.

  18. kasih penjelasan (untuk awam) dong tentang live view dan stabiliser internal..
    dalam bahasa dummies-nya apa?
    makasih bang.
    soalnya bener2 newbie biar ga salah pilih. syukur2 ada juga untuk istilah2 yang lain.
    Saya googgling, kebanyakan specifikasi masih dijelaskan dengan bahasa yang untuk saya (awam) belum kenal.
    makasih sebelumnya

Comments are closed.