Focus 2008, JCC 12-16 Maret 2008

Focus 2008Focus 2008 menjadi ajang tahunan pameran terakbar untuk dunia fotografi di tanah air, diadakan di Jakarta Convention Center Senayan pada 12-16 Maret 2008. Pameran ini diadakan berbarengan dengan Pameran Komputer 13th Mega Bazaar dan Jakarta Audio Video Exhibition (JAVE) 2008. Pada even akbar ini seperti biasanya akan menjadi ajang yang tepat bagi para produsen kamera memamerkan produk terbarunya yang belum dipasarkan. Selain itu disini juga diadakan seminar, lomba foto dan workshop yang tentunya bermanfaat untuk para penggemar fotografi.

Pada Focus 2008 kali ini, saya berharap dapat melihat dan mencoba langsung kamera DSLR terbaru yang akan menjadi favorit banyak kalangan di tahun ini, seperti Nikon D300 dan Canon EOS-450D. Selain itu tentu kali ini akan diperkenalkan jajaran DSLR lain seperti Pentax terbaru (K20D dan K200D), Olympus baru dan DSLR Lumix terbaru.Mengacu pameran yang sudah-sudah, biasanya Sony membuat stan dengan memberi keleluasaan kita untuk mencoba langsung produknya. Semoga saja Sony sudah memajang DSLR Alpha A-300 sehingga saya bisa merasakan mode Quick Live Viewnya yang diklaim terbaik dan tercepat dibanding Live View DSLR lain. Saya juga menantikan turunnya harga lensa-lensa Nikon di pameran kali ini, siapa tahu ada yang cocok di kantong. Prediksi saya, lensa-lensa yang akan turun harga adalah AF-S 18-200VR, 55-200VR, 70-300VR dan 12-24. Saya juga menantikan jajaran lensa Sigma HSM dipajang di pameran nanti, terutama Sigma 18-50 f/2.8 HSM. Kasihan D40 ku yang cuma didampingi lensa kit saja selama ini..

Bagi yang sedang mencari kamera saku, ajang ini cocok untuk membandingkan bermacam pilihan yang ada. Setelah membaca beberapa artikel seputar kamera digital pada blog saya ini, mungkin anda akhirnya punya beberapa alternatif pilihan, besoklah saatnya melihat dan memegangnya langsung. Bila kameranya boleh dicoba, perhatikan kualitas bodi dan ergonominya, cobalah dipakai memotret dan rasakan shutter-lagnya, kemampuan ISOnya (cahaya di ruangan pameran JCC cukup temaram sehingga cocok untuk mencoba ISO tinggi), rasakan zoomnya, bandingkan berbagai merk seperti Canon, Panasonic, Fuji atau Nikon. Tidak masalah jika di pameran nanti anda tidak membeli, toh ajang pameran lebih cocok untuk mengenal lebih dekat. Beli bisa urusan belakangan..

Karena bertepatan dengan pameran Computer dan Audio Video, ada baiknya kedua expo besar ini juga tidak dilewatkan begitu saja. Umumnya di pameran komputer, sale besar-besaran digelar. Dari sekedar memory card hingga prosesor Intel Core2 Duo pasti akan diobral disini. Motherboard baru dengan chipset terbaru pasti akan dipajang dimana-mana, belum lagi bermacam kartu grafis berchipset Nvidia atau ATI dengan teknologi SLI atau Physics. Bagi yang mencari laptop, pasti anda akan bingung dengan banyaknya pilihan laptop dari berbagai merk yang ditawarkan oleh para sales. Semoga saja Asus memberi diskon besar untuk Asus Eee PCnya, itu juga kalau stoknya masih ada (kabarnya Asus kewalahan melayani penjualan Eee PC di seluruh dunia). Untuk audio video, apalagi yang dinanti-nanti kalau bukan banjir TV LCD murah. Dengan mulai tercapainya margin keuntungandari TV LCD, tidak ada alasan lagi bagi produsen menahan harga TV LCDnya sedemikian tinggi. Bayangkan TV LCD layar lebar dengan harga terjangkau, siapa yang tahan godaannya?

See u there…

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

6 thoughts on “Focus 2008, JCC 12-16 Maret 2008”

Comments are closed.