Liputan Focus 2008

Lobby depan

Focus 2008 baru saja dibuka hari ini, 12 Maret 2008. Meski waktu masih menunjukkan jam 11 siang, namun semangat untuk mendatangi event akbar ini membuat saya sudah berada di JCC Senayan untuk menyaksikan event ini sesegera mungkin. Saya pikir ada untungnya juga datang lebih awal, karena terhindar dari suasana penuh sesak pengunjung seperti saat-saat hari libur.

Ticket box

Saat tiba di lobby JCC, saya cukup terkejut karena kini event ini ternyata tidak lagi gratis, alias harus bayar Rp.5.000 per orang di ticket box depan hall A. Well, tidak masalah saya pikir. Toh harga yang dibayarkan sepadan dengan apa yang dihadirkan disana, 3 event besar di awal tahun 2008!

Focus

Focus 2008 sendiri tidak lagi bertempat di hall A atau hall B, melainkan di assembly hall (dekat plenary hall yang biasa dipakai untuk konser musik). Ruang assembly hall memang relatif kecil dibanding ruangan lain, awalnya saya sempat ragu apakah ruangan tersebut mampu menampung sedemikian banyak pengunjung. Namun karena masih cukup pagi, saya dapati disini masih cukup lega untuk sekedar melihat-lihat dengan nyaman. Sayangnya, para pemilik stan dan para salesnya terkesan belum siap memamerkan produknya. Banyak yang masih menata produk atau asesoris di meja, bahkan stan Sony masih belum siap sama sekali sehingga saya tidak sempat melihat DSLR Alpha series terbaru (too bad..).

Nikon

Untuk produk DSLR di stan Nikon ternyata hanya ada D80 dan D40x. Saat saya tanyakan mengenai D3 dan D300, salesnya hanya memberi brosurnya sembari berkata, mungkin dalam minggu ini barangnya ada. Promo yang ada pun hanya D40x plus lensa kit VR yang saya tidak sempat tanyakan harganya.

Kodak

Di stan Kodak, ada promo menarik. Membeli kamera saku Kodak jenis tertentu berhadiah handphone Smart. Tentu saja jangan karena tergiur oleh hadiahnya lantas anda menjadi bingung memilih kamera idaman. Tapi setidaknya promo Kodak ini tergolong unik. Saya terkesan dengan promo Pentax K100D Super plus lensa kit dan SD 1 GB yang dibundel seharga 4,5 juta, meski sayangnya belum dipamerkan Pentax K200D apalagi K20D.

EOS-1D

Canon cukup lengkap dalam memajang produknya, meski bagi yang ingin melihat EOS 450D harus mengelus dada karena produk DSLR ekonomis itu belum tersedia disana. Tapi bagi yang ingin melihat EOS-1D mark III, ada tuh dalam kotak kaca yang disorot lampu. Gagah benar…

Panasonic

Salah satu stan yang saya anggap cukup siap dari pagi adalah Panasonic, beberapa sales disana telah dengan gigih menjelaskan kelebihan Lumix FZ18 kepada seorang pengunjung. Saya sempat memegang beberapa kamera idaman saya seperti TZ3 dan FX33 (keduanya kamera saku berlensa wide), meski sayangnya baterainya belum di charge sehingga saya tidak berkesempatan mencobanya.

Fuji

Stan Fuji selain memamerkan kamera saku juga memajang beberapa prosumer lawas seperti S6500fd dan S9600, serta dipajang juga sebuah DSLR S5pro yang dipasangi lensa Sigma. Saya memang tidak bermimpi akan menemukan S100FS atau S8100 disini karena memang tergolong baru diluncurkan di dunia, namun super zoom biasa seperti S5700 atau S5800 tersedia banyak. Olympus menyediakan sebuah akuarium untuk membuktikan kemampuan kameranya yang tahan air, saya tidak sempat menghampirinya karena antusiasme pengunjung begitu besar melihat kamera saku yang direndam dalam air! Bagi yang mencari lensa Sigma, jangan bingung bila didalam assembly hall tidak ketemu. Hal ini karena stan Sigma justru berada di luar ruangan, dekat stan BenQ.

Workshop

O ya, saat saya berada disana, sedang berlangsung workshop di sebuah ruangan yang dipenuhi pengunjung.

Asus EeeSelain menghadiri Focus 2008, saya juga berkesempatan melihat-lihat Computer Bazaar di hall A dan B. Hanya satu yang saya tuju, Asus Eee PC. Akhirnya saya bisa merasakan langsung laptop mungil yang satu ini. Itupun setelah antri karena banyaknya orang yang ingin mencoba si imut ini.

Kegiatan di JCC ini saya akhiri dengan membeli sebuah memori SD card Toshiba 2 GB high-speed seharga 127 ribu (asli atau bukan saya sulit memastikan, tapi cukup murah lah untuk ukuran high-speed) dan sebuah card-reader Transcend M5 seharga 110 ribu berwarna putih. Akhirnya tepat jam 2 siang saya kembali ke kantor untuk melanjutkan kerja, eh, membuat blog. He…he….

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

3 thoughts on “Liputan Focus 2008”

  1. Promo sih pasti ada. Yang saya tau ya itu tadi, Pentax K100D Super plus lensa cuma 4,5 juta. Nikon D40x plus lensa VR juga promo tapi saya tidak tahu berapa. Kalau anda udah kesana dan ada info harga tambahan, boleh juga diinfokan disini biar pembaca yang lain juga tahu.

Comments are closed.