Era laptop murah di depan mata

Berminat akan laptop murah seperti Asus Eee PC 701 tapi kurang sreg dengan layarnya yang hanya berukuran 7 inci? Atau ingin menjajal produk lain yang serupa dengan Asus Eee PC? Nampaknya laptop murah yang terjangkau semua kalangan akan menjadi tren baru tahun ini. Selamat datang era laptop murah…

  • Asus Eee PC 900 dengan layar berukuran 8,9 inci, 12 GB flash, 1 GB memory DDR2 dan WiFi dengan harga dibawah US$ 600. Asus Eee PC 900 ini akan memakai prosesor Intel Atom terbaru.
  • GeCube Genie dengan layar berukuran 10,2 inci, 1 GHz VIA prosesor, harddisk dan memory DDR. Ada juga versi mini dengan layar 7 inci, prosesor Intel 300 MHz, 2 GB flash. Harga belum diketahui.
  • ECS UMPC tablet dengan layar touchscreen 7 inci WVGA, webcam 1,3 MP dan bluetooth dengan harga sekitar US$500.
  • Acer juga akan meluncurkan Aspire dengan layar 8,9 inci  dengan prosesor Intel Atom. Untuk media penyimpanan data bisa memilih apakah ingin harddisk atau solid-state drive. Harga diprediksi mulai dari US$350 – US$450.
  • Quantel T8 dan E10 dengan prosesor AMD Geode LX800/LX900 500/600 MHz, DDR 256/512 MB, harddisk 40/60 GB dan plus WiFi. Untuk T8 berlayar 8 inci (800 x 640) dan E10 berukuran 10,2 inci (1024 x 600). Harga sekitar 3,75 juta untuk T8 dan 4,75 juta untuk E10.
  • Zyrex Anoa menjadi produk lokal pertama yang menawarkan laptop mini nan murah dengan prosesor 900 MHz dan flash storage 2 GB. Layarnya? Sama seperti Asus Eee PC 701. Harganya sekitar 3 jutaan.
  • Zyrex Ubud yang meski memiliki layar sama seperti seri Anoa (7 inci), namun seri ini lebih bertenaga berkat memori 1 GB dan harddisk 30 GB. Mau WiFi? Ada…
  • HP UMPC 2133 Mini-note dari Hewlett Packard, yang satu ini apabila dilihat dari spesifikasinya tampak akan menyaingi Asus Eee seri 900 dan Acer, hadir dengan layar 8,9 inci dan memakai prosesor VIA yang memiliki kecepatan hingga 1,6 GHz seperti gambar dibawah ini.

Melihat suksesnya penjualan Asus Eee PC di seluruh dunia, sudah dapat dipastikan persaingan di kelas ini akan menjadi panas dengan hadirnya merk lain yang ikut terjun meramaikan pasaran laptop murah. Spesifikasi laptop murah ini pun seharusnya akan semakin baik sementara harganya cenderung akan turun. Kalau sudah begini, konsumenlah yang diuntungkan. Gaya hidup mobile akan semakin mudah, menenteng laptop bukan lagi sesuatu yang mewah, mengakses internet di tempat umum memakai Wi-Fi bukan lagi sekedar untuk keren-kerenan belaka.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

8 thoughts on “Era laptop murah di depan mata”

  1. waduh….. jadi pengen lebih getol nabung lagi neh… mimpi beli laptop balom kesampaian….. kapan keluar yg 2 jutaan yach????

  2. HP UMPC 2133 mini-note nya ad cd/dvd nya gak???
    kirim spesifikasi detailnya donk!!!
    net pastinya brp ya???
    almtnya to buy nya jg ya!!!
    kpn turun hargana ya???
    thank’s…

Comments are closed.