Chipset AMD 780G untuk grafik on-board berkinerja tinggi

Mendengar istilah grafik video on-board (terintegrasi dalam chipset motherboard) maka yang terbayang adalah kinerjanya yang rendah, tidak cocok untuk dipakai bermain game dan kurang optimal dalam aplikasi multimedia. Umumnya grafik on-board begini hanya dipakai pada komputer ekonomis yang ditujukan hanya sekedar untuk mengetik atau browsing internet saja. Sementara bagi pecinta game atau multimedia harus rela menambah anggaran untuk membeli kartu grafik terpisah yang harganya bisa jadi dirasa terlalu mahal. Lantas bagaimana apabila dengan anggaran yang terbatas, seorang pecinta game ingin memiliki komputer dengan grafik on-board namun tetap memiliki kinerja yang tinggi? Barangkali produk dari AMD ini dapat menjadi alternatifnya.

Tentu saja solusi dari AMD ini mengharuskan untuk membangun sistem komputer dengan prosesor dari AMD. Tapi jangan kuatir dulu, karena solusi grafik on-board begini tujuannya adalah untuk merancang komputer ekonomis, AMD juga memiliki jajaran prosesor yang murah namun tetap berkualitas. Sistem platform yang ditawarkan AMD untuk grafik on-board adalah menggunakan Chipset AMD 780G terbaru yang mampu mendukung penuh prosesor AMD Phenom dan AMD Athlon 64. Chipset ini memiliki kekuatan dalam kinerja grafiknya, berkat dukungan tenaga dari prosesor grafik ATI Radeon HD 3200 yang terintegrasi didalamnya.

Apa saja keutamaan dari chipset AMD 780G ini? Mari kita lihat lebih jauh :

  • Dukungan prosesor grafik ATI Radeon HD 3200, inilah chipset AMD yang pertama kali mampu kompatibel dengan DirectX 10 untuk Windows Vista. Kinerja tinggi saat bermain game-game 3D bisa didapat hanya dengan memakai grafik on-board dari chipset AMD ini.
  • Memiliki teknologi HyperTransport 3, untuk laju bandwidth antara CPU, memori dan grafik yang lebih lega.
  • Memiliki slot PCI express generasi 2 yang lebih kencang dari sebelumnya.
  • Terdapat fitur ATI hybrid graphics untuk menggabungkan kinerja grafik on-board dengan kartu grafik ATI Radeon eksternal untuk kinerja yang lebih tinggi lagi.
  • Fitur ATI Avivo HD untuk kinerja multimedia High Definition kelas tinggi, bahkan tersedia built-in HDMI dan DVI port. Disinilah kunci keunggulan multimedia dari chip ini.
  • Fitur ATI SurroundView yang mampu menggabungkan hingga empat monitor apabila ditambah kartu grafik ATI Radeon eksternal.
  • Dirancang hemat daya berkat efisiensi rancangannya dan fitur AMD Cool’nQuiet.
  • Didukung chip SB700 untuk urusan SATA dan USB 2.0 yang mampu hingga 12 koneksi USB sekaligus.

Sementara beberapa pilihan motherboard yang telah memakai chipset ini diantaranya :

  • Gigabyte GA-MA78GM-S2H (uATX)
  • Biostar AG780-M2S (uATX)
  • MSI K9A2GM v2 (uATX)
  • MSI K9A2GM (uATX)
  • ECS A780GM-A (ATX)
  • Jetway SY-AM78S (ATX)
  • Jetway PA78GT3 (uATX)
  • Jetway UK78S (uATX)
  • Shuttle ST78SG5
  • ASUS M3A78-EMH HDMI (uATX)
  • ASUS M3A-H Prime HDMI (ATX)
  • ASUS M3A78-EMH HDMI (uATX)
  • ECS A780GM-M (uATX)

Guna mewujudkan platform komputer hemat energi sesungguhnya namun tetap berkinerja tinggi, pilihan prosesor yang disarankan untuk digunakan pada platform 780G ini adalah AMD 4850e 2,5 GHz dual-core yang memiliki TDP dibawah 45 Watt. Dengan memakai prosesor hemat energi ini, penggunaan kipas pendingin prosesor cukup memakai yang putarannya rendah sehingga tidak berisik, sangat cocok untuk dipakai di ruangan yang sunyi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang chipset AMD 780G ini, dapat dilihat review dan pengujiannya oleh Techware Labs.

Catatan :

Update dilakukan oleh AMD pada pertengahan 2009 dengan meluncurkan AMD 785G (HD 4200) dengan dukungan pada DirectX 10.1, Windows 7 dan Athlon II dan penambahan beberapa fitur multimedia. Chip AMD 785G ini akan dipadukan dengan south bridge SB710. Tampaknya sistem ini ditujukan untuk menyaingi platform Intel G45.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

27 thoughts on “Chipset AMD 780G untuk grafik on-board berkinerja tinggi”

  1. iy gw dah make ni mobo. ECS A780GMA . paten bngt tapi VGA onboardnya, kurang garang di vista terutama pada tampilan aero vista 3D NYA. klo mo lebih bertenaga lagi di hibrid aja

  2. Kalo di pake utk Game Online-Server ( dgn XP Pro SP2, CPU X2-4600+, 2GB DDR2-6400 ) utk di akses oleh 6 PC-Client (Pinux, CPU P3-1G, 256MB SDRAM PC133, Geforce2-MX) main Game Online RF-Online bisa ga ya?

    Saya masih awam untuk urusan multi-PC client begini, namun semestinya grafik onboard tidak dibebani tugas kelewat berat mengingat dia tetap berbagi resource memori dengan prosesor. Untuk tugas server sebaiknya didukung oleh solusi grafik yang memadai, seperti croosfire atau SLI.

  3. pilihan prosesor yang disarankan untuk digunakan pada platform 780G ini adalah AMD 4850e 2,5 GHz dual-core yang memiliki TDP dibawah 45 Watt. maksudnya Athlon 64 X2 4850 atau apa?

    Ya, betul. AMD 4850e sama dgn Athlon X2 4850e.

  4. dari sekian daftar motherboard di atas, kira2 tipe mana yg lebih cocok untuk editing Video, semenjak transfer dari camcorder ke komputer ampe proses rendering file supaya nggak error trus. terima kasih banyak.

    Waduh, susah nih….
    musti dicari satu-satu yang punya FSB tertinggi, atau yang I/O north bridge ke south-bridge nya kenceng, soalnya urusan render video ngga main2 kan, bisa KO kalo ngga kuat. Anda pake FireWire PCI card atau USB2.0 saja? Mohon maaf kalau jawaban saya kurang memuaskan..

  5. terima kasih, jawabanya sgt membantu. intinya saya pengen sebuah motherboard yang stabil dan kuat, soal kecepatan nomor 2, soalnya dari penngalaman saya bisnis video shooting & editing meski kecil-kecilan, yang sering rusak itu selalu motherboard ( sampe 3 kali), Memori ( 2 kali) dan hardisk baru 1 kali ganti, jamanya P III 900 mhz pake MB Intel Kuat 9 bln, Pentium IV 3.0 lama Pake MB ECS kuat cuma 2 bln, ganti pake MB Asus P4SMX Cuma 6 Bln, skrg aku pngen PC berbasis AMD,Soalnya kata berita yg beredar, selain kuat AMD juga MURAH. Thanks

    Semoga usaha video shooting dan editingnya sukses mas..

  6. gua udah pesan dari minggu llu,tapi semua branded yg pake chipset ini kosong ,trus sampe kapan

    Bukan cuma chipset ini yang kosong, kabarnya beberapa board berchipset P45 dan grafik card seperti HD4850 pun kosong di pasaran. Dengar2 ini karena kendala dalam impor barang di bea cukai pelabuhan. Tampaknya setelah kasus KPK yang sidak kesana, mereka jadi lebih ketat. Efeknya ya itu tadi, permintaan banyak, barang nggak ada. Repot deh..

  7. gw juga pake ecs a780gm-a buat game lumayan kuenceng, tapi pas gw instal PES 2008 ga bisa jalan mulus di resolusi tinggi n High Quality…

    Juga Pas pake Residen Evil 4 cuma mentok di resolusi
    800*600…kenapa ya ?
    mas heru, kalo Mobo punya U Suhu nya berapa derajat ?
    Blz cuy….

  8. selain pake AMD 4850e, recommendnya pake procie apaan lagi om????.

    Kenapa tidak Phenom X3 atau X4 sekalian?

  9. Mas mau nanya..
    MoBo yang ada diatas kira-kira harganya berapa ma??
    Lo bisa sih semuanya ya mas..

    Waduh, bisa search sendiri deh….

  10. hmm, nice info,,
    tanya ni om, klo VGA yg bisa diajak hybrid sama chipset 780G itu apa aja ya?
    apa hnya ati HD 2400 series and HD 3400 series? (kaya yg di link review itu)?
    klo HD4600 series gmn y?teknologi lebih baru dari 2400 / 3400..

    1. Saya coba di hybrid sama VGA tambahan saya (Ati Radeon HD 4770) kinerja malah turun, enakan dipake 1 aja yg 4770.

  11. mas klo mobo ini di satuin ma VGA asus 86OO GT bagus gak

    maaf maseh awam baru mau ngarakit komp^^V

    1. Sistem begini kan punya kemampuan menggabungkan VGA onboard dgn kartu grafik tambahan, meski saya lebih suka memilih salah satu saja guna menghindari adanya konflik di hardware. Kalo toh satu grafik card semisal 8600GT udah sangat mencukupi, toh yg on board bisa di-disable. Lagipula mereka yg akan memilih board dgn grafik on-board yg bertenaga seperti ini adalah mereka yg tidak ingin membeli VGA card tambahan, namun tetap ingin punya tenaga 3D yg mencukupi.

  12. mas sebenernya klo AMD tuh lebih bagus di kasih ATI atau NVDIA? truzz klo kita mo rakit komp intel bagusnya esc ini atau VIA Isaiah C7-M

    1. ATI udah diakuisisi oleh AMD, meski tidak ada yg menyatakan kalau pake prosesor AMD maka lebih cocok pake grafik ATI. Toh prosesor udah didesain utk bisa bersinergi dgn grafik apapun, mau ATI atau Nvidia.

  13. Aq pake ECS A780GM-A prosesor Athlon X2 5200+, VGA ku Radeon HD 4770 coba di hybrid sama bawaan nya (HD 3200) ternyata kinerja malah turun, jd setelah di test benchmark, hasilnya lebih menjanjikan menggunakan 1 VGA high-end

  14. ikut nanya bos !
    moboq ecs a780gm-a,athlon 7500,dg ram 3gb,hd 240gb,. kalau tak kash vga add-on nvidia geforce 8600GT kox g kedeteck ma skali ya..
    setingan biosny gmana untk mendisable vga onboard ? tlng jwbne

Comments are closed.