Penipuan SMS modus baru

Baru saja saya menerima sebuah pesan singkat dari nomor 0813453059xx, yang isinya cukup membuat saya bingung. Inilah isi SMS tersebut :

Pelanggan 0813453059xx meninggalkan 1 pesan penting buat Anda di 777. Untuk mendengarkan ketik : SIM10 0813453059xx kirim ke Nomor 777. Terima kasih.

Apa yang membuat saya bingung? Isi SMS ini sekilas seperti pesan yang dikirim operator seluler apabila kita mendapat voice mail dari seseorang. Namun setelah dicermati, SMS ini dikirimkan bukan oleh operator atau 777 atau semacamnya, melainkan oleh nomor 0813453059xx. Kemudian isinya juga aneh, setahu saya tidak pernah ada metoda mendengarkan voice mail dengan mengetik SMS ke nomor tertentu. Untuk mendengar voice mail tentu harus dengan menelepon nomor tertentu, baru kita dapat mendengarkan pesan yang terekam. Di jaman sekarang teknologi voice mail sudah usang, orang lebih suka meninggalkan pesan lewat SMS atau (bila didukung alat dan operator) gunakan saja Voice Message.

Sudah jelas ini penipuan. Apa modus dari si penipu ini? Si pelaku sebenarnya mengincar pulsa sebesar 10 ribu yang setara dengan poin Telkomsel sebanyak 200 poin. Memang soal poin ini nampaknya sepele. Tapi jika sudah mencapai jumlah tertentu, poin ini dapat ditukarkan menjadi nomor undian atau sejumlah pulsa. Nah, pulsa inilah yang dicoba dimanfaatkan oleh si pelaku. Ya, dengan mengirim SMS ke nomor 777 dengan cara mengetik SIM10 (spasi) nomor tujuan, seseorang baru saja menukarkan poinnya dengan pulsa 10 ribu ke nomor tujuan (tentunya sesama Telkomsel). Apabila seseorang mengikuti petunjuk SMS diatas, maka si penipu akan mendapat tambahan pulsa sebesar 10 ribu (lumayan…) dan si pengirim tanpa sadar akan kehilangan poin sebanyak 200 poin. Tidak terlalu rugi memang bagi si empunya poin, kecuali apabila dia adalah seseorang yang poin-minded. Tapi bayangkan apabila dalam sehari si pelaku berhasil mendapat korban misalnya 10 orang (setara dengan pulsa 100 ribu), maka dalam sebulan bisa jadi dia berhasil meraup dana segar sekitar 3 juta rupiah.

So, para pemakai operator GSM Telkomsel, waspadalah. Sebelum melakukan hal-hal yang tidak lazim, coba cari tahu lebih banyak. Bagi operator Telkomsel, sudah saatnya perusahaan anda membenahi sistem penukaran poin ini. Batasi jumlah konversi poin ke pulsa, sosialisasikan pada khalayak ramai soal penipuan ini. Bagi sang penipu, kamu ketahuan……

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.