Telkomsel Flash unlimited

Telkomsel telah memulai babak baru akses internet tanpa batas melalui jaringan GSM dengan meluncurkan paket Telkomsel Flash baru dengan konsep akses internet tanpa batas/unlimited. Istilah tanpa batas disini artinya untuk menikmati akses internet melalui jaringan GSM Telkomsel, pemakai cukup membayar biaya bulanan dengan tarif tertentu, dan dia dapat berinternet ria tanpa batasan waktu pemakaian atau jumlah data yang diakses. Maka itu dengan berlangganan paket unlimited ini, pemakai tidak perlu kuatir akan dikenai biaya kelebihan pemakaian yang sering membuat tagihan internet membengkak. Meski demikian, istilah unlimited disini masih terdapat batasan secara tak langsung, artinya bila pemakaian jumlah data yang diakses setiap bulannya telah melebihi 3 GB maka kecepatan akses datanya (dinyatakan dalam kbps) akan disesuaikan diturunkan.

Tabel tarif

Tabel diatas saya buat untuk menunjukkan perbandingan singkat antara paket lama (Regular Browservolume based) dan paket baru (unlimited) yang ditawarkan oleh Telkomsel. Bila dicermati, penawaran paket unlimited ini memiliki kesamaan dengan paket lama yaitu dalam hal nama pilihan paket dan sistem pentarifan. Namun tidak ada keterangan resmi apakah paket unlimited ini ditujukan untuk menggantikan paket sebelumnya atau bukan. Apabila paket unlimited ini terpisah dari paket volume based, saya yakin para pelanggan paket volume based akan banyak yang beralih ke paket unlimited ini. Bayangkan saja, misalnya pelanggan lama yang berlangganan paket volume based jenis Basic yang membayar biaya bulanan sebesar 125 ribu rupiah, selama ini hanya mendapat jatah akses data sebesar 500 MB. Kini dengan harga paket yang sama, siapa yang tidak ingin beralih ke paket unlimited?

Namun perlu diingat bahwa hal diatas tadi tidak berlaku pada paket Flash lainnya yaitu Regular Downloader, karena pada paket ini Telkomsel menerapkan pola pentarifan berbasis waktu (time based). Selain itu paket ini telah menjadi pilihan menarik untuk para pemakai Telkomsel pra-bayar seperti Simpati dan kartu As yang ingin menikmati download kecepatan tinggi tanpa harus menjadi pelanggan pasca-bayar.

Bagi pemakai kartu Halo, pilihan internet unlimited memakai Flash ini tentu menggiurkan. Meski bukan tergolong broadband, kecepatan paket Basic yang maksimal hingga 256 kbps semestinya sudah lumayan mencukupi untuk kebutuhan browsing biasa. Untuk mencicipi paket Unlimited jenis Basic ini, pemakai tidak harus memiliki ponsel atau modem HSDPA, cukup dengan modal perangkat ponsel UMTS/3G biasa seharusnya sudah bisa dipakai untuk akses data 256 kbps. Namun bagi para pecinta broadband yang ingin tetap berada di jalur cepat bisa mencoba paket Unlimited yang Pro, asal tidak keberatan dengan tarif bulanannya yang mencapai 400 ribu rupiah.

Selamat datang era internet tanpa batas…

Update :

Seiring tingginya minat pada paket ini, tampaknya Telkomsel cukup kewalahan dan menutup pengajuan untuk paket ini. Bila dilihat dari web resminya, pada bagian bawah tabel tarif paket Unlimited terdapat catatan tambahan seperti ini :

*Mohon maaf, pengajuan aktivasi paket Unlimited untuk sementara tidak dapat kami layani

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

7 thoughts on “Telkomsel Flash unlimited”

  1. Hub.0852523288** utk pesan Flash Paket Pro.thx

    Sori bro, dilarang beriklan disini. BTW, kalau ingin memilih paket Flash bukannya harus daftar ke Grapari?

  2. gw skra penguna telkomsel flash tpi namany wrless masi trgantung ama sinyall…
    dan jg…ada web2 tertentu yang ga bisa kebuka di sini..

    Betul sekali, akses data lewat sinyal GSM tentu dibatasi oleh kapasitas BTS dan kondisi traffic percakapan telepon saat itu. Tapi kalo ada web yang tidak bisa kebuka, itu cukup aneh. Mestinya sih tidak ada masalah buka web apa saja..

  3. Gimana dgn bireuen.Aceh
    bisa gk. Krn disini gk da jaringan 3G

    Saya jelas tidak tahu soal jaringan 3G di daerah pembaca masing-masing. Tapi prinsipnya gini, bila 3G belum tersedia, berharaplah ada jaringan EDGE (dan semoga ponsel anda mendukung EDGE) yang punya speed lumayan. Namun skenario paling parah adalah internet memakai GPRS, yang pasti bisa dilakukan dimanapun di jaringan GSM. Bila pun anda berinternet memakai GPRS, toh tarif data flash unlimited ini akan tetap sama tiap bulannya. Hanya saja volume data yang bisa anda akses jauh lebih sedikit dibanding mereka yang memakai 3G.

  4. Pagi Om…..
    saya pengguna Telkomsel Flash Unlimited…..
    menurut ana semua GSM sama aj,,,,ane pakek hari pertama bagus banget,,,entah kenapa, mungkin di tengah jalan kera razia^_^hehe…yah jadi LEMOT….ndak sesuai harapan itu klo masalah speed nya, tp klo masalah sinyal emang klo pakek kartu GSM ndak ada matinya..di tempat ane udah HSDPA(Sidoarjo/ndeso).thx

Comments are closed.