Cari kamera digital harga dua juta?

Belakangan ini saya cukup disibukkan dengan antusiasme pembaca yang merespon blog saya soal rekomendasi kamera saku berharga 1,5 juta atau kurang. Berbagai pertanyaan, komentar dan pendapat cukup banyak menghiasi kolom komentar pada blog ini, yang mana membuat saya makin tersadar bahwa betapa besar minat pembaca pada artikel semacam ini.

Sebenarnya sudah banyak website luar negeri yang memberi rekomendasi akan suatu produk tertentu dengan kriteria tertentu. Sebagai contoh misalnya seperti daftar kamera digital dibawah US$200 yang dibuat oleh majalah komputer terkemuka, PC magazine. Untuk mencari sendiri di website lokal juga sebenarnya cukup mudah, misalnya di toko camzone tersedia alat bantu pencarian kamera yang lengkap. Cukup tentukan jenis kamera, resolusi, maka daftarnya akan dimunculkan dari database, lengkap dengan harganya. Namun bila saya juga membuat daftar kamera dalam sebuah blog, tampaknya terdapat satu perbedaan dengan daftar dari sebuah website tertentu, yaitu adanya kesempatan bagi pembaca untuk berinteraksi melalui komentar seperti yang terjadi pada blog saya sebelumnya.

Tanpa bermaksud membuat tandingan atas rekomendasi dari PC magazine, saya juga tergugah untuk membuat satu lagi daftar kamera digital yang harganya pas dua juta (kurang atau lebih sedikit tidak mengapa kan?). Buat apa lagi? Tentunya untuk memudahkan anda yang ingin membeli kamera seharga pas dua juta dan merasa blog saya sebelumnya belum memuaskan karena hanya memuat daftar kamera seharga 1,5 juta atau kurang. Sekarang saya coba susun daftar enam kamera digital seharga dua juta yang menurut saya layak direkomendasikan. Secara kebetulan, keenam kamera ini memiliki sensor yang resolusinya 8 mega piksel. Perlu dicatat bahwa rekomendasi saya murni pendapat pribadi dan bukanlah ulasan dari seorang pakar, sehingga saya tidak bertanggung jawab bila anda tidak puas akan kamera yang anda beli setelah mengikuti rekomendasi ini (baca disclaimer pada halaman about gaptek28).

Inilah dia, 6 kamera 8 mega piksel seharga 2 juta untuk anda pertimbangkan :

  1. Canon Powershot A720 IS. Kamera ini pantas menempati peringkat pertama dalam daftar saya. Kamera ini dibekali lensa dengan zoom optik 6x, image stabilizer, fitur manual P/A/S/M, viewfinder optik, layar LCD 2,5 inci dan baterai AA sebanyak 2 buah. Sulit percaya kalau kamera 8 MP ini kini bisa dibeli cukup dengan harga 2 juta saja, mengingat pertama keluar setahun lalu, A720IS ini sempat berharga diatas 3 juta rupiah.
  2. Fuji Finepix F40fd. Kekuatan kamera ini apa lagi kalau bukan adanya sensor Super CCD 8 MP yang menjadi andalan Fuji. Menyempurnakan pendahulunya yang sukses di pasaran (F31fd), kamera berbalut casing logam ini tetap mengusung fitur andalan face-detection, lensa 3x zoom, layar LCD 2,5 inci dan baterai Lithium. Meski tanpa fitur manual dan stabilizer, saya tetap menempatkan F40fd ini di tempat kedua, karena sensor Super CCDnya yang mampu memberi hasil foto lebih baik di ISO tinggi.
  3. Panasonic Lumix LZ8. Kalau bicara kamera Lumix tentu yang terbayang adalah jajaran kamera saku yang harganya mahal. Bisa jadi salah satu faktor pencetusnya adalah lensa Leicanya yang berkualitas tinggi. Namun tak demikian halnya dengan Lumix LZ8 yang dibekali lensa Leica 5x wide zoom yang dilengkapi stabilizer. Kamera 8 MP ini relatif murah bila dibandingkan dengan kemampuannya, utamanya adalah fitur manual P/A/S/M. Belum lagi kemampuan movie modenya yang bisa merekam resolusi Wide VGA (848 x 480 piksel). Fitur lainnya tergolong standar dengan layar LCD 2,5 inci dan memakai 2 buah baterai AA.
  4. Sony Cybershot W130. Sony menghadirkan kamera saku seri W dengan bodi tipis berbalut almunium yang cantik dengan pilihan warna yang beragam (hitam, silver, pink). W130 ini memiliki keunggulan pada lensa Carl Zeissnya yang memiliki zoom optik 4x dan dilengkapi stabilizer (Super Steady Shot). W130 memiliki layar LCD berukuran 2,5 inci dan dipersenjatai baterai Lithium yang tipis.
  5. Kodak Z885. Kamera produk lawas dari Kodak ini masih cukup mumpuni di tahun ini, berkat sensornya yang sedikit lebih besar dari kamera sejenis dengan CCD berukuran 1/1,8 inci sehingga memungkinkan sensitivitas hingga ISO 8000. Kamera Z885 ini memakai lensa Schneider berjangkauan 5x zoom optik, fitur manual P/M, layar 2,5 inci dan baterai Lithium. O ya, Kodak ini bisa zoom saat merekam video juga, cukup jarang lho.
  6. Olympus FE-320. Kamera Olympus seri FE (FE=Fun and Easy) memang berdesain minimalis dan gaya dengan bodi berbahan logam. Sebenarnya dari segi fitur, selain adanya Face Detection, kamera 8 MP ini relatif biasa saja dengan lensa zoom 3x optik, layar LCD berukuran 2,7 inci, dan baterai Lithium. Tanpa fitur stabilizer atau fitur manual apapun, ditambah memori card jenis xD yang tidak populer, Olympus ini terpaksa menempati peringkat akhir dalam daftar kamera harga 2 juta yang saya susun ini.

Sebenarnya masih banyak produk lain yang dijual di pasaran dengan rentang harga dibawah dua juta atau diatas dua juta, dengan resolusi mulai dari 7 hingga 10 mega piksel. Disini saya batasi yang harganya pas di angka dua juta, supaya daftarnya tidak terlalu banyak. Bila anda merasa punya kandidat kamera tertentu di kisaran harga 2 jutaan dan ingin bertukar pikiran bersama saya, silahkan sampaikan dengan mengisi komentar di bawah ini.

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

162 thoughts on “Cari kamera digital harga dua juta?”

  1. Amin, trims…

    Kalo gak masalah dengan ukuran, ambil S8000/S8100 aja, kalo dana gak masalah ya lumix FZ18/28. Lensa schneider bagus tapi tidak lbh bagus dari leica / zeiss.

  2. Aluu Mas…
    Aku penggemar tulisan2 mas gaptek…
    pengen tanya masalah kamera saku yang masih ada LCD swivelnya..apa masih ada ga yang beredar dipasaran…klo dl kan ada canon A650IS tapi kan dah ga ada ya kayaknya dipasaran…apa ada tipe baru yang seperti itu yang spek nya ga kalah dari canon A650IS??
    Sebelumnya terima Kasih mas…chayooo terus semangat bagi2 ilmunya… 🙂

  3. Oya mas…satu lagi pengen tanya kamera saku yang punya :
    1. Harga Murah (lebih disukai)
    2. Fitur Lengkap P/A/S/M (lebih disukai)
    3. Batrenya harus AA (biar gampang nyarinya 🙂 )
    4. Kualitas Terbaik pada Hasil Akhir
    5. Merk Yang terbaik dikelasnya… 🙂
    Makasih bgt mas sebelumnya….mudah2an bisa ngasih masukkan terbaiknya…
    Chayoooo…..Mas……..

Comments are closed.