Seputar jenis dan kecepatan SD card

Bagi yang terbiasa memakai gadget yang dilengkapi dengan memory card tentu tak asing lagi dengan jenis memori SD (Secure Digital) card yang amat populer ini. Keping memori yang kecil dan tipis ini kini semakin memiliki kapasitas dan kecepatan yang mengagumkan, perlahan mulai menggeser dominasi memori jenis CF (Compact Flash) yang berukuran lebih besar. SD card banyak digunakan oleh bermacam vendor gadget yang memerlukan media simpan berkapasitas tinggi seperti kamera, camcorder dan kini laptop mini seperti Asus Eee PC. Dengan bermacam jenis dan kecepatan yang tersedia di pasaran,  bisa jadi para pembeli akan kebingungan saat hendak menentukan akan memilih yang mana.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenali terlebih dahulu kebutuhan kita, apakah SD card ini akan  dipakai pada gadget apa, apakah kamera digital, MP3 player, PDA atau lainnya. Setelah itu periksa kembali spesifikasi yang tertulis pada gadget tersebut untuk jenis SD card-nya, karena kita tidak mungkin memasang SD card yang spesifikasinya tidak sesuai. Selanjutnya tentukan kebutuhan akan kecepatan baca tulis dari SD card tersebut, tentunya semakin cepat SD card tersebut maka harganya akan semakin mahal.

Dalam perkembangannya, memori jenis SD ini telah memiliki 3 kelompok varian yaitu :

  • SD memory card. Jenis memori yang paling populer ini memiliki kapasitas mulai dari 8 MB hingga yang tertinggi 4 GB, dengan format FAT16. Memori berukuran 24 x 34 mm dan ketebalan 2 mm ini dinamai secure (aman) karena telah memiliki Content Protection for Recordable Media (CPRM) untuk mencegah pembajakan media dan adanya Write-Protect tab yang mencegah penghapusan isi memori secara tidak sengaja.
  • MiniSD dan MicroSD memory card. Dengan ukuran memori miniSD yang kecilnya hanya 20 x 21,5 mm dan microSD dengan ukuran 11 x 15 mm, memori jenis ini memang cocok untuk dipasang di ponsel atau MP3 player. Bagi yang ingin memakai memori miniSD / microSD pada peranti yang memiliki slot SD, maka diperlukan sebuah adapter (biasanya disertakan saat membeli miniSD / microSD).
  • SDHC memory card. SDHC (SD High Capacity) adalah pengembangan selanjutnya dari SD card yang meski tidak merubah bentuk dan desain, namun kini kecepatan dan kinerjanya telah ditingkatkan dengan memakai format FAT32. SDHC card memiliki kapasitas mulai dari 4 GB hingga 32 GB. Untuk urusan kompatibilitas, satu hal yang perlu diingat bahwa bila perangkat kita telah mampu mendukung memori jenis SDHC, maka ia akan tetap kompatibel dengan memori SD biasa. Namun sebaliknya, jangan gunakan memori SDHC pada perangkat lama yang hanya mampu mengenali memori SD card.

Lantas bagaimana dengan kemampuan atau kecepatan baca-tulis dari SD card? Untuk menentukan ukuran kecepatan baca-tulis data, umumnya digunakan standar kelipatan 150 kB/s dimana sebelumnya cara ini umum dijumpai dalam mengukur kecepatan CD-ROM. SD card biasa memiliki kecepatan 6x (atau 6 x 150 kB/s) atau 900 kB/s, sementara SD card kecepatan sedang berada di kisaran 66x atau 10 MB/s, dan SD card kecepatan tinggi bisa mencapai 150x atau 22,5 MB/s. Perlu dicermati bahwa ini adalah kecepatan teoritis maksimal yang bisa dicapai oleh suatu memori namun tentu tergantung pada kemampuan maksimal dari perangkat yang digunakan. Juga perlu diingat kalau kecepatan maksimal ini adalah untuk kecepatan baca (read speed), sementara kecepatan tulis (write speed) akan berada di bawah itu.

Berikut tabel kecepatan maksimum yang umum dijumpai pada memori SD card, diambil dari Wikipedia.

Rating Speed (MB/s)
6x 0.9
32x 4.8
40x 6.0
66x 10.0
133x 20.0
150x 22.5

Dengan hadirnya SDHC dengan kapasitas yang lebih tinggi dan memakai metode memory addressing yang berbeda dibanding SD card biasa (sector addressing vs byte addressing), SDHC memakai standar baru untuk menyatakan kecepatan, disebut dengan SD Speed Class Ratings. Peringkat kecepatan ini menyatakan kecepatan tulis minimum dimana terdapat tiga pembagian kelas yaitu :

  • Class 2: 2 MB/s
  • Class 4: 4 MB/s
  • Class 6: 6 MB/s

Meski demikian ada saja produsen SDHC yang mengklaim kecepatannya berdasar kecepatan baca maksimum sehingga membingungkan calon pembeli (tidak seperti standar kelas / kecepatan tulis minimum yang dibuat untuk memudahkan pemakai). Mengingat kedepannya akan banyak peranti digital yang telah kompatibel dengan SDHC, maka sebelum membeli memori pastikan dulu perangkat tersebut kompatibel dengan SDHC kelas berapa, jangan sampai kamera digital masa depan mensyaratkan pemakaian SDHC kelas 4 namun anda membeli SDHC kelas 2.

Lantas untuk apa memakai memori berkecepatan tinggi? Utamanya tentu adalah untuk perangkat rekam video yang memiliki data bit rate yang tinggi (apalagi video resolusi HD) dan kamera digital yang fitur videonya sudah cukup baik. Namun pemakaian SD card kecepatan tinggi juga cocok untuk kamera DSLR yang sering dipakai dalam mode continuous shooting / burst mode. Tapi bila pemakaian SD card untuk keperluan memutar musik di MP3 player atau menyimpan data pada PDA, pemakaian SD card kecepatan biasa sudah mencukupi.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

22 thoughts on “Seputar jenis dan kecepatan SD card”

  1. apa perbedaan SD high-speed dengan SDHC ?

    SDHC belum tentu high speed, ada SDHC 8 GB yg speednya normal.

    SD high speed belum tentu SDHC, saya pernah punya SD cuma 256 MB tapi high speed.

    Kalo ngejar kapasitas tinggi (asal kameranya support) pilih SDHC. Kalo ngejar kecepatan baca tulis, pilih SD high speed (bisa SD atau SDHC).

  2. kalau untuk transfer data ke PC apakah bisa dengan hanya menggunakan card reader biasa?

    Bisa kok, tergantung speed card readernya.

  3. mas, klo d40 bisa ga pake memory SDHC yg 4 giga?
    soalnya denger2 memory untuk d40 maks. yg 2 giga, apa betul mas?

    tks

  4. Tolooonk bntu. . . . !!
    Gw bru beli micro sdhc 4gb bwt hp gw,entah knp tba2 da dta yg corrupt n slnjtna tnpa pqr panjank gw format ntu sdhc dkompi gw,eh mslahna after format kcptan readna jd lem0t bgd,jd klo gw nytel lagu ntu lagu kpt0ng2 bunyinya,n dah dpt dpstikan prublemna dr hp.c0z pke mem tmen ttep lancar.koq bsa gt y??
    Btw,pa da standar or app khsus bwt frmat micro sdhc??
    Knp jd lem0t bgd neh sdhc stlah dfrmat,pdhal bru skali duand format??

    1. Waktu pake memori teman pake berapa giga? Ganti aja pake yg 2 giga supaya tidak berat buat si ponselnya. Prinsipnya proses format tidak merusak memori atau membuat memori jadi lambat, kecuali salah waktu formatnya. Saya juga kurang tahu utk SDHC itu kalo diformat pake yg FAT berapa supaya optimal.

  5. Walah..pantas card reader saya tidak dapat membaca memori tipe yg terbaru & mungkin saja card reader yg dijual sekarang masih mengusung old technology?
    So? Kenapa memori sd hc yg dicabut dari card reader pada komputer saat membaca lalu memori kita cabut kompt.mati?

  6. sekedar info yg mgkn berguna. Dari pengalaman saya MICRO SD (yg kecil banget) dibanding SD (yg agak bsar spti MMC) bahwa MICRO SD lebih cepat WRITE/TULISNYA. Saya uji sendiri beberapa MICRO SD bahwa speednya lbih cepat dari SD. Udah saya uji di netbook acer ama di card reader. Trims. Smoga bermanfaat info ini.

    info kali ini penting buat dipertimbangkan. Karena saya udah meneliti dan ujicoba utk mengetahui beda soal memori card yg di FORMAT dgn FAT, FAT32, NTFS. Saya persingkat, dari hasil penelitian berulang ulang bahwa memori card yg di format dgn NTFS pasti lbih lambat 2 kali lipat Untuk WRITE dari FAT atau FAT32. Penjelasan teknis bisa anda search di paman google. Saran saya gunakan format FAT32 untuk memori card. JANGAN NTFS.

  7. Saya membeli microsd 8gb merek v-gen untuk hp lg kc910 (renoir). Tapi waktu digunakan untuk merekam video, gambarnya tersendat-sendat. Padahal di buku manualnya, renoir bisa support sampai 16gb. Akhirnya saya ganti dengan 2gb dan gambarnya tidak tersendat lagi. Kenapa bisa begitu?

    1. 2 GB kalo high speed tentu lebih baik daripada 16 BG tapi bukan kelas high speed. Proses nulis data video ke memori perlu SD high speed karena data rate video amat tinggi.

  8. Saya beli micro SD card 32 Gb untuk kamera, sesekali saya gunakan untuk iphone 4.
    Nah suatu saat saya masukan pada HP Nokia saya, karena saya ingin melihat rekaman gambar yang pernah saya buat.
    Pada HP Nokia tertulis kira2 seperti ini kartu belum di format, apakah ingin memformat. (mungkin Nokia tidak mengenali memori card ini)
    Karena saya buru2…saya salah tekan yes.

    Dan ternyata sekarang Micro SD Card 32 Gb saya kapasitasnya menjadi 10 Gb, kenapa ini ya?

    Apa karena kapasitas HP Nokia saya yang hanya bisa membaca 10Gb sehingga memformat Micro SD 32 Gb saya?

    Bagaimana cara mengembalikannya menjadi 32 Gb?

    Mohon bantuan sarannya.

  9. bisa bantu beliin SDHC kelas 10, 8-32 giga, sandisk or toshiba..transcend juga boleh…kualitas yang baik mas.. buat di pake di 3100..thanks.

  10. Mas saya punya nikon D90 kalau gak salah D90 pakai kartu sd card ya?? Saya berniat untuk mengganti dengan type SDHC Transcend 16 GB (class 6) apakah kompatibel ya??Tidak ada masalah dalam pemakaian,,tolong pencerahannya sangat penting sekali terima kasih banyak…

Comments are closed.