Ini ponsel atau kamera digital?

Konvergensi kamera digital dengan telepon selular kini semakin menunjukkan tren yang menggembirakan. Fitur kamera pada sebuah ponsel yang awalnya hanya sebagai asesori pelengkap yang pas-pasan, kini telah bergeser ke arah fungsionalitas sesungguhnya yaitu sebagai kamera digital yang lengkap. Benar bahwa kualitas hasil foto dari kamera ponsel masa kini masih belum bisa menyamai kamera digital ‘betulan’ karena beberapa keterbatasan yang ada, namun tren yang berkembang menunjukkan kalau produsen ponsel pun terus berupaya meningkatkan kualitas foto dari kamera ponsel yang dibuatnya. Walhasil, sebuah kamera pada ponsel masa kini sanggup membuat foto yang cukup baik dengan resolusi tinggi, warna yang alami dan ketajaman yang lumayan baik.

Simak saja seri Cybershot dari Sony Ericsson, yang terus berupaya membuat kamera pada ponsel ini semakin baik. Seri C terbaru dari Sony Ericsson telah menawarkan tiga pilihan kamera ponsel, masing-masing beresolusi 3 MP, 5 MP dan 8 MP. Ya, resolusi hingga 8 MP memang nyata telah ditanamkan pada ponsel modern. Simak pula inovasi yang terus dikembangkan oleh raksasa elektronik Korea yaitu Samsung dan LG yang terus melengkapi jajarannya dengan produk anyarnya (seperti Samsung Innova dan LG Viewty). Samsung bahkan telah membuat kamera yang mampu melakukan zoom optikal 3x pada ponselnya yang bernama G810. Belum lagi produsen lain seperti Nokia, Motorola dan lainnya kini terus berlomba mendesain ponsel yang fitur kameranya tidak main-main.

Selain menyempurnakan fitur kameranya, kini produsen semakin jeli saat mendesain tampilan belakang ponsel sehingga sepintas nampak mirip seperti kamera digital. Bila sudah begini, sebuah ponsel jadi punya dua muka, yaitu bagian depan yang berupa ponsel (terdapat layar dan keypad) dan bagian belakang yang tampak seperti kamera digital (ada lensa, penutup lensa dan lampu kilat). Sepintas orang yang melihat akan bertanya : “Ini ponsel atau kamera digital? ”

Kini anda tak perlu lagi kecewa karena kehilangan saat-saat berharga karena kamera digital tertinggal di rumah. Cukup bawa ponsel dan peristiwa menarik sehari-hari pun bisa terus diabadikan, dengan hasil yang cukup memuaskan.

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

14 thoughts on “Ini ponsel atau kamera digital?”

  1. salam kenal, aq mau tanyak tentang kamera dan video di hp
    – nokia n 95 dan n 82
    – sony ericsson g 900i,c 902i dan k 850i
    – samsung i 900 omnia, f 480 dan u 900 soul
    – lg kg 920, kf 750, ku 990 dan kc 550
    1. apa kelebihan dan kekurangan hp yang diatas
    2. yang mana lebih bagus hasil gambar dan video baik itu indoor atau outdoor dan jg pada malam hari nya dari hp diatas
    terimakasih.

    Wow, pertanyaan yg sulit. Anda tampaknya punya byk pilihan ya…
    Saran saya, untuk kamera HP apaun tipenya, jangan banyak menaruh harapan akan kualitas hasil foto dan videonya. Jadikan fitur kamera di HP sebagai tambahan saja, dan dipakai saat kita lupa membawa kamera saku/DSLR.

    Soal indoor/outdoor, sebaiknya kamera HP hanya dipakai saat outoor dgn cahaya berlimpah. Ini untuk menjaga kamera tetap berada di ISO dasarnya. Bila sensor kamera HP menaikkan ISO lebih dari 100, noisenya akan tampak parah.

    1. tapi di beberapa web, n82 dibandingkan dengan dslr, dan juga camdig saku. dan hasilnya, n82 menang… hehehehe

      sekarang, n82 saya saya jadikan camera digital replacement,

      bagi saya, fitur camera ponsel bukan sekadar fitur tambahan, tapi sebagai salah satu fitur utama

  2. bang yunan, mau nanya neh, menurut bang yunan, gimana neh..kalo hasil foto nokia N82 vs k-touch C800, soalnya katanya k-touch c800 modul kameranya nyomot dari canon yang 8 MP, sedangkan nokia n82 modul kameranya pake lensa carl zeiss dan dapet predikat best king of cameraphone, maksudnya masih worth engga buat di cetak, trus bagus mana menurut bang yunan……

    Bang yunan siapa ya?
    Kalo menurut mas gaptek, lensa N82 tetap jadi kekuatan utama. Resolusi 8 MP di ponsel adalah pemborosan sia2..

  3. thx mas gaptek…aku salah yaa.sorry maksudku mas gaptek not bang yunan….hehehe
    btw, berarti masih mending nokia n82 ya mas menurut mas gaptek……

  4. Pingback: fani webpage
  5. Eh,mas mau tanya juga nih.
    chybershotnya sony ericson memang bagus kalau siang saja ya, kalau malam kurang bagus.
    kira2 kenapa ya?? trus ada gak SE yg kameranya perfect siang-malam? trims.

    Karena sensor kamera di ponsel kecil, jadi kalo cahaya kurang dia jadi noise.
    Tidak ada SE atau ponsel manapun yg bagus dipake di kondisi low light. Utk itu pake kamera khusus, bukan kamera ponsel.

  6. K850 adalah produk gagal dari SE. Kamera 5 MP,kualitas sampah..
    Saya beli sebulan yg lalu, harga 3.2 jt. Wkt dijual kmrn cm laku 1.8. Alasan counter2 semua sama PRODUK GAGAL..

  7. Itu sih cuma alasan counter hp aja buat jatuhin harga, kakak q pake k850 kualitas kameranya sangat bagus koq mantap bgt

  8. Jadi ksimpulnnya yg plg bgs kmeranya hp apa d dnia nie,ada yg tw ga?trus hp tercanggih tu apa.
    Cukuup.
    Klo bs tlg jwb yg gamblang.thx

Comments are closed.