Chipset AMD 790GX : Penyempurna 780G yang makin bertenaga

Belum lama saya menulis soal chipset dengan grafik video on-board yang ekonomis : AMD 780G, kini pihak AMD telah meluncurkan satu lagi chipset yang menjadi penerus 780G yaitu AMD 790GX. Bagi yang belum mengetahui, solusi grafik on-board yang terintegrasi di dalam chipset motherboard kini tak lagi identik dengan kinerja grafik yang rendah, setidaknya apabila anda memutuskan untuk memakai prosesor AMD (Phenom series). Dengan pilihan motherboard berchipset AMD 780G, kinerja grafik video yang dihasilkan sudah bisa menyamai grafik card kelas ekonomis sehingga dalam hal efisiensi, chipset 780G bisa diandalkan sebagai solusi grafik berkualitas namun terjangkau.

Kini AMD telah memperkenalkan AMD 790GX, suatu chipset yang juga telah memiliki kemampuan grafik video on-board yang lebih bertenaga dibanding 780G, namun dengan harga yang tetap terjangkau. Dibalik kerja grafik yang tinggi dari chipset 790GX baru ini adalah adanya prosesor grafik ATI Radeon HD 3300 yang mampu mendukung DiextX 10. Kecepatan clock dari 790GX ini telah mencapai 700 MHz, jauh lebih tinggi dibanding 780G yang ‘hanya’ sebesar 500 MHz (ingat, ini grafik on-board). Dukungan untuk menggabung kartu grafik HD 2400 atau HD 3400 tetap dimungkinkan (istilahnya, Hybrid Cross Fire) sehingga kinerjanya bisa meningkat drastis. Sementara itu, fitur lain yang tersedia di chipset lama 780G juga tetap dipertahankan di chipset baru ini, seperti dukungan slot PCI express, memory DDR2 dan DDR3, fitur multimedia yang lengkap dan juga chip ini hemat energi.

Sebagai pendamping chipset 790GX, AMD juga meluncurkan chip southbridge baru yang bernama SB750 (sebelumnya, 780G didampingi SB700). Bisa jadi sebenarnya inilah berita yang tak kalah serunya dibanding kemunculan 790GX itu sendiri, dengan kemampuan untuk mendukung 12 port USB 2.0 dan 6 perangkat SATA. Tapi kehebatan yang utama dari SB750 adalah adanya antar muka Advanced Clock Calibration (ACC) yang berguna untuk overclocking dengan mudah dan aman, serta adanya dukungan untuk RAID 5. Bisa jadi selain menjadi pasangan 790GX, chip SB750 kedepannya akan disandingkan juga dengan 780G atau 790FX, sehingga dapat mendongkrak penjualan prosesor dan chipset AMD secara keseluruhan.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

5 thoughts on “Chipset AMD 790GX : Penyempurna 780G yang makin bertenaga”

  1. Board dg chipset 790gx udah masuk indonesia belum?

    Tampaknya belum deh, karena ini baru aja diluncurkan. Sabar ya..

  2. aq aja dah ngerasai chipset yg 780G, grafik onboardnya bagus bnget. blom lagi aq dah meng hibridnya ama grafik HD 3400 makin lumayan. memang kurang maksimal. tapi dah cukup membantu. spek. kom.gw ; Athlon X2 5000+ BE ;ram 2x1Gb ;mobonya ya jelas ECS Black Series (tapi yg bikin aq krng seneng ma ni mobo adlh ma sotbrgnya yg make pendingin pasif. jadi panas banget. jd aq ngatasinya ya pake kipas untuk safety, biar panasnya hilang)
    blom lama beli ni mobo(780G) eeee dah kluar yg baru jadi bikin penasaran aja yg 790GX.

    bdwy katanya Mobo ECS g’ sanggup ngangkat proc. AMD Phenom. betul g’?
    kira2 hrga Mobo yg berchipsetkan AMD 790GX brapa y?
    klo aq dulu beli mobo ECS yg 780G 690rb murahkan dngan hrga segitu maen game yg berat sekalipun luamayan, biarpun dengan tingkat resolusi yang low.

  3. kapan dunk masuk nya
    email gw so pleaz kalo da msuk
    pngen ganti dari 790fx
    mu nyoba
    +referensi merek y
    kalo bz versi DQ6…

  4. cocok buat gaming gak nih? perbandingannya sama amd 790X & 790FX apa? apa lebih cepat? apa bisa di tandemin ma ATI 4870X2 Dengan optimal??

  5. mudah2 an sebagus yang digembor2 kan neh mobo,soalnya yang namanya onboard ya ttp onboard, jd yg pengen u maen game ya kudu beli vga bagus lah…,

Comments are closed.