Menyaksikan Liga Inggris lewat TV satelit

Betul bahwa kalau untuk nonton pertandingan sepak bola EPL (English Premier League) selama ini hanya bisa disaksikan melalui TV satelit Astro. Tapi tahukah anda, bahwa musim kompetisi mendatang (yang akan dimulai bulan ini), Astro Indonesia tidak lagi mendapat hak siar pertandingan elit tersebut. Lantas, kemanakah pemirsa setia harus mencari tayangan Liga Inggris ini?

Jalan Sutera menginformasikan kalau kini telah ada operator TV satelit berbayar baru di Indonesia yang namanya Aora TV, dan Aora TV ini adalah satu-satunya TV berlangganan di Indonesia yang resmi mendapat hak siar Liga Inggris musim ini. Kabar tentang Aora TV ini juga termuat di harian Kontan online. Aora TV adalah nama TV berlangganan dari PT Karya Megah Adijaya, perusahaan milik Rini M. Soemarno dan Ongki P. Soemarno, yang sudah sah bersiaran di tanah air sejak 7 Agustus 2008 dan sudah mengantongi izin pemerintah/IPP (sehingga kecil kemungkinan kasus Astro vs Depkominfo akan terulang disini). Mengapa hak siar ini sampai beralih, kabarnya adalah karena adanya perpecahan yang terjadi di tubuh Astro Nusantara itu sendiri.

Bagi yang ingin tahu lebih jauh, Aora TV memiliki 10 kanal siaran (dengan 3 kanal TV nasional : TVRI, tv One dan SCTV) dan sementara ini 4 kanal dipakai untuk penayangan Olimpiade Beijing (yang biaya royaltinya 1 juta dolar !). Aora TV dapat di-downlink di satelit MEASAT3 (91.5 E), tentunya setelah mendaftar dan membayar biaya berlangganan. Duh, hari gini makin sulit cari yang gratis rupanya…

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

3 thoughts on “Menyaksikan Liga Inggris lewat TV satelit”

  1. mampus la makanya jgn sok2 borong hak siar semua dibeli tv swasta sampai2 tdk dpt hak siar, kenak cabut kan hak siar nya trus kena periksa lg ama kpk, liat aja AORA jg nanti nyusul bakal kena DO jg, tinggal kt liat aja biar tau aja AORA numpang aja di indonesia beda kyk indovision, telkomvision,

    1. Tulisan ini dibuat saat awal musim kompetisi 2008 silam, dimana Astro tidak lagi memegang hak siar utk EPL. Anda membaca tulisan ini di tahun 2009 sehingga tentu sudah tidak relevan.

Comments are closed.