Pilihan prosumer super zoom terbaik dan termurah di 2008

Menjawab akan banyaknya permintaan pembaca akan adanya panduan memilih kamera digital prosumer berlensa panjang (super zoom), berikut saya coba susun sebuah artikel tentang kamera berlensa panjang yang terbaik (menurut saya pribadi tentunya). Mengingat banyaknya pilihan kamera yang ada, saya coba susun daftar ini dikelompokkan berdasarkan atas panjang lensanya. Sebagai pembanding, selain memberikan nominasi kamera super zoom terbaik, saya juga berikan informasi kamera yang paling murah di tiap kelompoknya. Berikut artikelnya, selamat membaca.

Kelompok zoom optik 20x :

Olympus SP570 (4,4 jutaan)

Inilah kamera super zoom dengan jangakauan lensa paling mengagumkan sepanjang sejarah, dengan kemampuan wide di 26mm hingga tele di 520mm, Olympus SP570 praktis tanpa pesaing di kelas kamera berlensa zoom optik 20x. Bila kemampuan lensa ekstrim ini jadi pertimbangan utama anda, siap-siaplah merogoh kocek 4,4 jutaan untuk membawa kamera beresolusi 10 MP ini pulang. Inilah kamera berlensa zoom optik 20x terbaik, dan satu-satunya yang ada di pasaran. Termurah? Hmm, karena tanpa pesaing, betul kalau SP570 ini juga otomatis menjadi yang termurah, tapi tidak murah. Ingat, dengan dana 4,5 juta anda sudah bisa memiliki kamera DSLR plus lensa kit termurah saat ini, semisal Nikon D40.

Kelompok zoom optik 18x :

Panasonic Lumix FZ18 ( 3,6 jutaan)

Dengan harga yang sama di kisaran 3,6 jutaan, Lumix FZ18 dengan resolusi 8 MP berhasil mengalahkan Nikon P80 untuk menempati posisi kamera terbaik di kelas kamera berlensa zoom optik 18x ini. Berbekal lensa wide buatan Leica, didukung sistem stabilizer OIS terbaik, serta pengalaman dalam membuat bermacam kamera super zoom, plus kinerja Venus engine yang responsif, membuat Lumix FZ18 (dan kini telah hadir adiknya Lumix FZ28), menjadi yang terbaik di kelas kamera 18x zoom menurut saya.

Fuji Finepix S8000fd (2,7 jutaan)

Bila dana anda terbatas, bukan berarti anda tidak bisa mencicipi asyiknya kamera zoom optik 18x. Dengan lensa wide yang persis sama seperti pesaingnya, Olympus SP560, Fuji S8000fd menang telak dalam hal harga jualnya yang sangat murah. Sayangnya, sensor 8 MP yang dipakai Fuji di S8000fd ini adalah sensor CCD biasa, bukannya sensor khas Fuji yang terkenal handal di ISO tinggi, yaitu SuperCCD. Faktanya, Fuji S8000fd memang menjadi kamera prosumer berlensa zoom optik 18x yang termurah di pasaran.

Kelompok zoom optik 15x :

Fuji Finepix S100FS (5,9 jutaan)

Dengan mengusung harga jauh diatas harga kamera DSLR ekonomis, Fuji S100FS menawarkan kinerja menyerupai kamera DSLR dengan keunggulan di lensa wide zoom 14,4x yang bisa diputar secara manual layaknya lensa DSLR. Memakai sensor SuperCCD, stabilizer pada lensa, layar LCD yang bisa dilipat, dan tampilan yang sangat mirip dengan kamera DSLR, membuat kamera beresolusi 11 MP ini pantas dihargai hampir 6 juta rupiah. Hadir menjadi alternatif sebuah kamera DSLR, Fuji S100FS dengan mudah menjadi kamera terbaik pilihan saya di kelas zoom optik 15x.

Sony DSC-H50 (3,9 jutaan)

Dengan model yang tak kalah keren, Sony H50 hadir meramaikan pasaran kamera super zoom dengan jangkauan lensa zoom optik 15x. Mengusung resolusi 9 MP, kamera penerus Sony H7 dan Sony H9 ini tetap memakai lensa Carl Zeiss yang lumayan wide di 31mm dan berakhir (tele maksimum) di 465mm. Salah satu fitur andalan Sony adalah Super Steady Shot dan layar LCD berukuran 3 inci. Meski tidak ada yang lebih murah dari Sony H50 di kelas zoom 15x, bukan berarti harga H50 ini bisa dianggap murah. Dengan dana 3,9 juta, anda bisa mencari kamera lain yang zoomnya lebih atau kurang dari 15x tergantung selera anda. Pilihan lainnya dengan lensa zoom 15x adalah Kodak Z1015 IS.

Kelompok zoom optik 12x :

Canon S5 IS (3,2 jutaan)

Inilah kamera prosumer yang paling berimbang antara harga dan performanya, sehingga bolehlah saya nobatkan sebagai kamera zoom optik 12x terbaik saat ini. Dengan harga 3 jutaan, anda tak akan bisa menemukan kamera lain yang fitur dan performanya menyamai Canon S5 IS. Meski ‘hanya’ memakai sensor 8 MP, S5 IS memiliki lensa yang cepat plus stabilizer dan layar LCD yang bisa diputar. Belum lagi S5 IS sudah menyediakan dudukan lampu kilat eksternal yang menjadikannya serba bisa di segala kondisi pemotretan. Kemampuan movienya pun tergolong baik dengan kelebihan bisa merekam audio stereo. Dengan kemampuan dan harganya yang berimbang, Canon S5 IS dapat mengalahkan prosumer high-end dari Panasonic yaitu Lumix FZ50 yang lebih mahal (meski satu hal yang saya suka dari FZ50 adalah kemampuan lensa zoomnya yang bisa diputar manual) dan Lumix FZ8 yang lebih terjangkau.

Kodak Z712 IS (2,7 jutaan)

Ada dua pilihan kamera termurah yang sama-sama mengusung lensa zoom 12x, yaitu Kodak Z712IS dengan resolusi 7 MP dan Fuji S1000fd dengan resolusi 10 MP. Bila resolusi 7 MP sudah mencukupi, saya sarankan memilih Kodak Z712IS ini karena sudah dilengkapi stabilizer pada lensa Schneider-nya yang memiliki rentang 36-423mm ini. Dengan bobot 350g, Kodak ini memang terasa amat ringan dan sepintas terkesan kurang meyakinkan, apalagi layar LCD 2,5 inci yang digunakannya pun beresolusi rendah sehingga kurang nyaman untuk mereview hasil foto. Tapi sebagai kamera prosumer, fitur Z712IS sudah cukup lengkap layaknya prosumer pada umumnya, termasuk mode manual P/A/S/M pun telah tersedia. Dengan harga dan jangkauan lensa yang sama, Kodak Z712IS berhasil mengalahkan Fuji S1000fd sebagai kamera termurah di kelas zoom optik 12x pilihan saya, hanya karena Fuji S1000fd tidak dilengkapi dengan sistem stabilizer yang mutlak perlu pada kamera berlensa panjang.

Kelompok zoom optik 10x :

Fuji Finepix S5800 (1.9 jutaan)

Kemampuan zoom optik hingga 10x pada kamera digital menjadi awal kelahiran kamera super zoom di masa lalu, namun kini kamera prosumer super zoom 10x sudah cukup langka di pasaran karena tren yang berkembang telah bergeser ke arah zoom optik 12x atau lebih. Kelangkaan ini ditambah lagi dengan banyaknya pesaing dari kamera saku modern yang juga mampu melakukan zoom optik hingga 10x, katakanlah seperti Canon SX100IS (Seharga 2,3 jutaan) atau Sony H10 (3 jutaan). Namun bila anda tetap ingin mencari kamera prosumer yang ‘hanya’ bisa melakukan zoom optik 10x dengan harga amat terjangkau, Fuji S5800 dengan resolusi 8 MP ini bisa jadi pilihan terbaik. Harga terjangkau, lensa Fujinon yang berkualitas (38-380mm), dan dilengkapi fitur manual yang lengkap, membuat Fuji S5800 ini menjadi kamera prosumer berlensa 10x zoom termurah yang layak dimiliki. Hanya saja, jangan harapakan adanya sensor Super CCD atau sistem stabilizer pada kamera prosumer ekonomis ini.

Kesimpulan saya

Untuk kepuasan dalam bermain dengan rentang zoom ekstrim 20x, Olympus SP570 adalah pilihan satu-satunya. Namun Fuji S100FS tetap menjadi pilihan prosumer terbaik (dan termahal) saat ini yang bisa menjadi alternatif pengganti kamera DSLR. Bila faktor dana menjadi masalah utama tapi tak ingin mengorbankan kualitas, Fuji S8000fd cocok untuk dipilih sebagai kamera super zoom termurah, namun tidak murahan. Terakhir, bila ingin kamera prosumer yang berimbang antara harga dan kualitasnya, Canon S5 IS adalah pilihan paling tepat.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian, salam..

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

101 thoughts on “Pilihan prosumer super zoom terbaik dan termurah di 2008”

  1. numpang nanya nih,
    kalo canon s5 is sekarang kisaran berapa yah? trus kalo nyari dimana? trims.

    Sekitar 4 juta, tapi stoknya udah mulai terbatas. Coba lihat2 di toko online, siapa tahu masih ada yg punya.

  2. mas, kalo diantara 2 pilihan..
    S5is dan lumix fz18, kira2 mana yang lebih oke.. ??
    sebenarnya scra pribadi, aku lebih condong ke S5is (karena hotshoe dan baterenya), hanya saja S5is belum menggunakan lensa wide (28mm), seperti yang digunakan lumix fz18..
    Sx10is (katanya penerus S5is) sudah wide, tapi harganya masih diluar budget..
    ataukah ada solusi agar S5is bisa ditambahin aksesoris lensa 28mm atau aku ambil lumix fz18 aja ???

    thank a lot

    1. saya sependapat dgn anda, andai saja Canon S5 IS berlensa wide. Ada sih adapter utk S3/S5 IS supaya jadi wide, tapi harganya mahal dan stoknya jarang. Coba google deh, siapa tahu nemu.

      paling aman, nunggu harga SX10 turun ambil FZ18 aja.

      1. Mas Gaptek.
        (Yang sesungguhnya gaptek malah pembaca-pembacanya, termasuk saya)

        Dari beberapa artikel yang saya baca, ternyata FZ18 “menderita” noise yang cukup tinggi. Benarkah demikian?

        Padahal untuk kelas budget price, kamera ini cukup ideal.
        Hal lain, apakah ada filter-filter yang tersedia untuk kamera ini.

        Terima kasih, dan salam
        Kiki

  3. salam gaptek mz… mo minta recomendasi nih, berhubungan dengan saya mau membeli kamera prosumer… ada saran gak tuk budget yang hanya 2.5 jt… saya tertarik dengan Kodak Z8612, menurut mz nya gmn??? dari segi hasil gmbr gmn, ??? noise???

    thx before yah,,,….. tulisan nya nice

  4. halo mas,slam kenal….
    sya bru aj beralih dri canon S5IS ke SX10IS….sbnarna sya sgat snang dgn performa dri S5IS sya yg dulu,tpi krena rusak mka sya bwa servis k pt.datascript d medan…stelah dua bulan menunggu,kmudian ad konfirmasi klo kmera sya g ad sparepartna..jdi mreka mreka merekomendasikan kmera sya dgnti am SX10IS,..tp saya menemui kendala dlam pnggunaan manual focus na…knpa stlah sya setting agr seimbang rana n diafragma na tp ttap aj gmbarna it bnyak noise a,pdhal iso na jg dah sya turunkan…tp ttap aj bnyk noise na….pdhal klo pake S5IS tnggal pncet aj keypad na ke kiri,kanan,atas,bawah trus pas deh ukuranna…saya mohon bget bantuanna…karena saya msih sangat amatir dlam dunia fotografi….
    terimakasih banyak sebelumnya…

  5. Mas gaptek
    Saya mw tnya,mending mana s5is ato s9600?
    Kalo sy pribadi cnderung s5is.
    1.Tolong review klbihan+kkuranganY
    2. Kira2 rekomend buat memori diantara 2 kamera itu apa y?(harga gmana ntar)
    Thx before

  6. Halo Mas, kira2 masih sempet di bales ga ya comment saya, sekalian butuh pencerahan bgd neh, saya bener2 anak bawang di dunia motret2, pengen beli kamera Digital neh, lagi terjebak diantara Lumix Fz18 n Canon PS S51s…bisa kasih ide ga??..please..baik buruknya yaa..hehe, salut deh buat ilmunya..sukses terus y mas..

  7. aluuuu…..mas….
    semoga kabarnya tetep sehat key…jadi bisa tetep kasih wejangan2 yahudnya….:)
    saya sering baca2 tulisan2 mas yg keren2 bgt seputar kamera digital..

    jadi gini mas…
    aku mohon pentunjuknya antara milih :
    1. kodak zd710
    2.kodak z812is
    3.kodak z8612is

    saya lagi cari kamera buat latihan pemula dengan spek manual mode nya yang dah cukup baik dengan kisaran harga 2 – 3 jt. atau mas mungkin punya saran lain yang mungkin bisa menambah referensi sebagai bahan pertimbangan sebelum salah membali kamera karena kan masih pemula hehehe :).

    Thanks b 4….

    1. Amin, trims utk doanya.

      Kodak ZD710 udah jadul, tapi Z812IS dan Z8612IS sama baiknya, tinggal anda lebih suka baterai tipe apa. Saya sih lebih suka Z8612IS, dan pilihan lainnya Fuji S1500. Kesemuanya dibawah 3 juta tuh.

  8. Fuji S8000fd cocok untuk dipilih sebagai kamera super zoom termurah,yang anda bilang harganya kira-kira berapaan ya?pa camera Fuji S8000fd sama harganya dengan camera Fuji S5800.terima kasih.

  9. hmm mau nanya dong , sony dsc h-50 itu bagus ga? kekurangannya apa? saya mau beli itu tp takut nyesel . thx

    1. Kekurangan utamanya adalah hasil fotonya yg soft, serta ISO tingginya noise. Selama yang dibeli bukan DSLR, tidak banyak harapan akan hasil ISO tinggi yg ‘usable’ dan DSC-H50 ini selain masalah itu semua fiturnya bagus.

  10. Terima kasih artikelnya mas,
    namun tampaknya musti di update lagi tulisannya, udah berubah tuh sejak enam bulan lalu, dan kini yang merajai kamera prosumer super zoom adalah Powershot SX10 IS dari canon vs Panasonic Lumix FZ28. Dimana-mana jadi pembicaraan, termasuk disini http://www.dpreview.com/reviews/Q109superzoomgroup/ saya sendiri pegang Lumix FZ28 (soale punya nya cuman itu hehehe) . Sofar puas banget dah hasil foto2 nya jauh dari mengecewakan. Canon sendiri sedikit lebih mahal dengan zoom 20x tapi saya nggak nemu di toko2 di Denpasar.. sooo pilihan jatuh pada Sexy Lumix ..

    1. Iya nih, urusan update jadi hal paling merepotkan saat bikin blog. Kita bahas lewat komentar aja ya, intinya emang di tengah tahun 2009 ini (tentu) kamera yg lebih baru hadir menggantikan yg lama. Tapi FZ28 tidak banyak beda dgn FZ18, keduanya sama bagusnya.

  11. dari pengalaman beberapa orang yang pernah menggunakan kamera Canon (termasuk saya), kamera Canon seri Powershot mudah sekali mengalami kerusakan. Mungkin juga termasuk bro AHMAD sebagai user PS S5IS.
    Ini bukan black campaign, tapi realita.
    seringan rusaknya dimulai dari layar yang lama2 “bruwet”, lama2 gak ada gambarnya, atau kehilangan warnanya, pokoknya berkaitan dengan sensor CCDnya.
    kalo dibawa ke service centernya, pasti ujung2nya jawabnya : sparepartnya dah gak ada, trus disaranin tukar tambah dimana kamera lama kita dihargainnya paling2 cuma 100-300rb.
    jadi untuk yang bingung nentuin s5is atau fz18, mendingan cari fz18 aja deh..
    pengalaman temen saya juga yang pake seri fz juga (fz7), dia pakenya agak kurang hati2 aja kameranya gak pernah ada masalah.

    1. Saya juga menemui beberapa kasus di powershot milik teman dan tetangga, semisal sensor rusak, LCD mati hingga garis putih kalau dipake di tempat terang. Tapi teman lainnya yg pakai powershot ada juga sampai saat ini kameranya baik2 saja. Jadi sulit kalau mau ditarik kesimpulan, karena datanya tidak cukup mewakili.

      Kalau bicara lumix, alhamdulilah milik saya yg beli di tahun 2005 masih bandel sampai sekarang. Pun juga teman saya yg pakai FZ50 dan sangat sering dipakai, sampai skrg masih handal.

    1. Setahu saya tidak ada asesori lensa tambahan utk S5800. Tapi kalau kamera anda sudah memiliki semacam ulir untuk pemasangan filter/adapter di depan lensa, mungkin nada bisa memasang add on seperti wide atau tele conversion lens merk lain.

  12. bwat review NIKON COOLPIX P90(12mp:24x zoom) dong mas sma NIKON COOLPIX L100(10mp,15xzoom)…

    menurut mas prosumer dari Nikon bagus ngga?

  13. Mas Gaptek.. tolong review CANON powershot SX 20 IS dong..
    saya agak tertarik sama itu kamera, selain udah 12 MP videonya udah HD..
    tolong bantu ya mas, kalau bisa ada rekomendasi kamera lain yang lebih baik hehe..

    1. SX20 IS bagus kok. Sama halnya spt prosumer lain, jgn harap hasil foto luar biasa dari kamera ini, mengingat sensornya tak beda dgn kamera saku. Tapi dari lensa, fitur dan movie HD, kamera ini sudah oke.

  14. Mas…mohon di bantu review unt prosummer dari Kodak (Z1015IS atau Z950,….klo dibandingin ama punya Fuji(S200HD atau S200EXR) atau yg lain relatif lbh bagus mana yaa..?
    Terima kasih sebelumnya

  15. Mas Gaptek..
    Saya mau beli kamera prosumer antara Canon Powershot SX20Is, Panasonic Lumix DMC-FZ38 dan Sony DSC-H20..
    Diantara ke 3 kamera itu menurut Mas Gaptek yang bagus yang mana?
    (Lensa, Fitur, hasil foto dan video, yang pasti sih awetnya hehehe..)..
    Tolong dibantu mas, makasih atas pencerahannya..

Comments are closed.