Dell Inspiron Mini 9, tak semurah rumornya

Dell Inspiron Mini 9
Dell Inspiron Mini 9

Akhirnya dirilis juga, Dell Inspiron Mini 9, produk netbook pertama dari Dell yang awalnya dirumorkan akan bernama Inspiron 910, dengan ciri utama yaitu harganya yang terjangkau dan memakai OS Linux Ubuntu yang tidak sepopuler Windows. Pasar netbook/mini-laptop/UMPC memang menjanjikan, tak heran kalau produsen sekelas Dell (dan rivalnya, Hewlett Packard) pun tergiur untuk terjun di bisnis ini (dan bersaing dengan pemain asal Taiwan seperti Asus, Acer dan MSI).

Meski sempat dirumorkan akan berharga dibawah 3 juta, akhirnya jelas sudah spekulasi yang berkembang selama ini ternyata salah. Menilik web resminya, Inspiron Mini 9 memang menawarkan beberapa pilihan kustomisasi spesifikasi, sehingga harga jualnya pun tergantung pada seberapa tinggi spesifikasi yang kita minta. Sebagai paket standar, Dell menjual Mini 9 ini seharga US$ 349, dengan spesifikasi standar yaitu :

  • Intel Atom Processor N270 (1.6GHz/533Mhz FSB/512K cache)
  • Mini OS powered by Ubuntu 8.04
  • Glossy 8.9 inch LED display (1024 x 600)
  • 512MB DDR2 at 533MHz
  • 4GB Solid State Drive
  • Intel Graphics Media Accelerator (GMA) 950
  • Wireless 802.11g dan Bluetooth Internal (2.0) Mini Card (optional)
  • 4-in-1 Media card reader
  • 1.3 Megapixel webcam
  • 4-Cell 32Wh Li-ion battery (14.8V)
  • Size: 9.2″ x 6.8″ x 1.3″, Weight about 1 KG

Sementara jika memakai Windows XP dan SSD 8 GB harganya menjadi US$ 399, dan bila ingin memori 1 GB dan SSD 16 GB harganya melambung hingga US$ 449. Hmm…

To be fair, ditinjau dari segi harga dan spesifikasi, Mini 9 dan produk sejenis tampaknya tak berbeda. Memang Mini 9 ini lebih murah dibanding dengan HP 2133 Mini note, atau Asus Eee PC 901. Tapi Acer Aspire One versi HDD lebih menggoda dengan Windows XP, WiFi built-in dan HDD 120 GB seharga 4,8 jutaan. Taruhlah Mini 9 lengkap dengan Windows XP, 16 GB SSD dan 1 GB memori dijual hampir 4,5 jutaan, rasanya akan tersaingi dengan Aspire One versi SSD seharga kurang dari 4 juta.

Namun hadirnya Dell Mini 9 ini tetap menjadi berita besar tersendiri dalam dunia UMPC. Meski Mini 9 ini tidak membawa sesuatu yang ‘beda’, namun dari nama besar Dell, desain bodinya yang cantik, tata letak keyboard lebih nyaman (meski sayangnya tidak ada tombol F1 hingga F12), dan harganya yang tidak melejit tinggi layaknya HP 2133, membuat persaingan netbook ini terus menarik untuk diikuti.

Bagi yang ingin membaca review lengkap Dell Mini 9 ini bisa dibaca disini.

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

4 thoughts on “Dell Inspiron Mini 9, tak semurah rumornya”

    1. klo hhackintos itu ap ???
      sebenernya ad webcam nya g sih ???
      kelebihan ma kekurangan linux ap ???
      klo linux bwat smp & sma ribet g ???

Comments are closed.