Indosat 3.5G broadband unlimited

Saya kecolongan. Bulan agustus silam saya sudah baca akan rencana besar Indosat untuk membuat paket broadband internet 3.5G unlimited, yang sayangnya saat itu masih belum resmi diumumkan. Ternyata Indosat akhirnya telah mengumumkan secara resmi akan paket broadband internet 3.5G-nya pada bulan september lalu, disaat semua orang sedang menghadapi bulan suci ramadhan. Ditengah lesunya semangat nge-blog saat berpuasa, dan saat perhatian saya banyak tersita akan banjir kamera digital baru hingga Photokina 2008, ternyata ada berita menarik seputar akses internet, yaitu paket internet unlimited dari Indosat. Ya, saat ini nyatanya Telkomsel bukanlah lagi satu-satunya pemain internet unlimited broadband, karena Indosat telah menawarkan paket akses data unlimited mulai september silam. Seperti apa paketnya, simak skema paket dan tarifnya disini.

Dari skema paket yang ditawarkan, tampak bahwa Indosat memberikan keleluasaan pilihan paket akses data, yaitu dengan menyediakan paket sistem kuota (termurah adalah 90 ribu untuk kuota 0,5 GB data sebulan) dan paket sistem unlimited (termurah adalah 100 ribu untuk kecepatan 256 kbps). Tersedia juga paket gratis mencicil modem (Huawei E220) untuk 12 bulan dan paket bundling dengan kartu Matrix.

Satu hal yang menarik dari paket unlimited Indosat adalah, untuk paket yang paling murah (kecepatan 256 kbps) tarifnya lebih murah dari Telkosmel Flash (100 ribu vs 125 ribu). Namun perlu diingat kalau istilah unlimited disini mengacu pada kuota akses data normal, artinya pemakai paket 256 kbps diasumsikan mengakses data sebesar 2 GB per bulan. Bila pemakaian melebihi 2 GB (atau 3 GB untuk Telkomsel Flash) dalam sebulan, kecepatan aksesnya akan diturunkan hingga tinggal 64 kbps saja.

Saya tidak akan berpanjang lebar. Sementara ini saya sendiri baru mencari info seputar kualiatas koneksi, stabilitas kecepatan, akurasi billing dan prosedur pendaftaran. Satu hal yang pasti, adanya broadband 3.5G unlimited dari Indosat (dan Telkomsel) ini diharapkan dapat membuat banyak orang dapat memiliki akses ke internet dengan mudah dan murah, dimanapun, kapanpun.

Beberapa pihak yang sudah mencoba akses internet 3.5G unlimited dari Indosat ini diantaranya adalah Mas Eko dan Arisanto.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

18 thoughts on “Indosat 3.5G broadband unlimited”

  1. kisaran harga modem nya berapa mas,, ad yang di bawah 1 juta ga?? cpetan mana kira2 ISAT Eco sama speedy??

  2. Itu hanya ada di kota2 besar aja ya?

    Yup, kota lainnya bisa dapat 3G (UMTS- max 384 kbps), EDGE (max 280 kbps) atau yang terburuk ya GPRS (max 50 kbps).

  3. Hai mas
    apakah didaerah gresik, jatim sudah ada sinyal 3g dan apakah kalau memakai komputer yg dihubungkan kenokia 5320 memakai kartu indosat itu cepat/lambat,thanx.

    Saya belum pernah mencoba Indosat 3,5G, apalagi di daerah gresik. Sehari-hari saya pake IM2 jaringan 3G dan cukup puas dgn koneksi dari jaringan anak perusahaan indosat ini.

    Pinginnya sih menjajal HSDPAnya IM2 yg teoritis bisa 3,6 Mbps, tapi sayangnya di rumah saya sinyal 3,5G IM2 belum masuk. Lagipula paket IM2 saya kan yg unlimited jadi speednya nggak mungkin diatas 256 kbps.

    Kalo pake speedtest untuk download speed bisa mencapai 300 kbps, dan upload kena 40 kbps. Gimana, cukup kencang tidak?

  4. Ya lumayan lah kalo begitu ,tapi apa koneksinya stabil bila komputer saya yg winxp dihubungkan dengan nokia5320 dipakai download ,
    terima kasih.

    Stabil tidaknya koneksi tergantung traffic jaringan saat itu. Kalau jaringan lagi padat kemungkinan download tiba2 putus memang ada. Itulah resiko internet wireless pake jaringan selular yg sharing dgn voice. Utk yg hobi download sih baiknya pake leased-line atau broadband kabel.

  5. Hai mas
    kemarin saya lihat iklan promo axis gratis internetan 1mb per hari ?Apa benar ?Jadi setiap download file dibawah 1mb gratis ya?Berlaku sampai kapan promonya mas?

    1. Bukan axis lho, tapi three. Gratis 1 MB sehari, tapi kurang jelas juga itu utk semua pelanggan three atau yg beli perdana baru aja. Gatis 1 MB sehari cocok buat yg cuma buka web pake ponsel, tapi kalo pake PC bisa jebol.. (biayanya).

      1. saya punya modem Sierra 881U gress dan saat ini saya lagi butuh banget perdana IM2 Broom unlimited…
        mungkin ada yang bisa ngusahakan untuk saya…. hubungi saya via email di fajar_comp@yahoo.com

  6. Saya memiliki modem Sierra 881U Non GPS masih baru,… bisa dipakai nggak ya..? Lokasi saya di ponorogo. Kira2 lemot nggak ya koneksinya..?
    kira2 pilih paket yang mana ya..?

  7. im2 lambat ,,
    mending pake telkomsel flash ,,

    sudah di adu sama saya ,,
    percaya dah ,,

    kalau im2 suka ga jelas kecepatannya, kadang cepet kadang lama ,,
    kalau flash mah cepet, mau gmana ajj juga pasti cepet ,,
    harga mahal dikit g papa., yang penting puaasss ,,

    dari pada udah beli modem mahal2 tp ntetep lama ,, sampe nyalahin komputernya ,, gpedit.msc udah di set,, mozilla udah di set,,tapi tetep ajj lama ,,

    beuh ,,

    internetan tu bukab cman browsing, tp keceptan sangat diperlukan ,,

  8. wew, pakai 3.5 G broadband aja kk..

    gw pake uda 1 taonan bagus kok, jarang ada masalah dengan speed koneksi nya.. ^^
    yaaa paling kalau hujan aja, tapi beberapa menit kemudian jg uda balik lagi malah harganya murah lagi.. hehe..

  9. iya aq juga baru sebulan pakai 3.5 G broadband.. hihi.. oya ada kabar gembira ni bwat pemakai indosat
    ini beritanya..

    Semakin Cepat Berselancar dengan 20 Mbps dari BlackBerry Indosat
    Anda ingin lebih cepat berselancar mengakses semua layanan BlackBerry? Sementara ini, hal tersebut mungkin hanya bisa dinikmati oleh pelanggan BlackBerry dari Indosat. Pasalnya kapasitas link backbone Indosat ke RIM (Research In Motion) telah di up grade sebesar 100%, tidak tanggung-tanggung naik 2 kali lipat, dari 10 Mbps menjadi 20 Mbps. Tak pelak, hal ini menjadikan Indosat memiliki kapasitas backbone ke RIM terbesar di Indonesia di antara operator lain. Dan pelanggan BlackBerry Indosat dapat menikmati akses layanan yang lebih cepat dan semakin dapat diandalkan.
    Dengan jumlah pelanggan terakhir saat ini mencapai 75.000 ribu pelanggan, merupakan tantangan bagi operator seperti Indosat untuk dapat memberikan layanan BlackBerry yang handal, bila tidak ingin ditinggalkan pelanggannya. Seperti yang kita ketahui, demam BlackBerry sedang melanda semua segmen masyarakat kita, dari kaum profesional, hingga anak muda, bahkan pelajar. Kehadiran smart phone yang lain pun belum berhasil menggeser kesaktian BlackBerry. Pasar BlackBerry sendiri diperkirakan banyak pihak masih akan terus tumbuh di Indonesia, mengingat Indonesia memegang pertumbuhan pengguna BlackBerry tertinggi di Asia Pasifik. Sekarang, tinggal para calon pengguna BlackBerry memilih layanan dari mana, yang jelas, besarnya kapasitas akses ke RIM menjadi faktor utama kualitas layanan yang dapat diberikan oleh operator bersangkutan.

  10. Mas tadi saya download opera mini 4.2 ,saya tidak bisa melakukan pencarian seperti biasa ,.Bagaimana mas cara melakukan pencarian seperti biasa ?Dan bagaimana saya dapat mengunjungi blog mas gaptek lewat opera mini4.2 dan mengapa bila akses lewat opera mini lebih lamct ? Makasì infonya

    1. Di opera mini juga ada google search kan? Alamat yg dibuka lewat opera mini juga sama seperti pakai browser komputer. Lambat itu tergantung ponselnya, karena aplikasi java memang berat.

  11. Oh iya mas,memang ada !Ternyata tampilan blog anda melalui web itu bagus ya ! Tanya lagi ya :baterai hp saya sekarang kok baterainya cepat habis ! Bila memang akan rusak berapa kira2 harga baterai nokia3230yg asli

  12. Salam mas,
    ketentuan pulsa internet im3 itu bagaimana ya ,apa harga perkb lebih rendah dari pulsa telpon atau bagaimana ?
    Jawab ya ! Makasih mg

  13. im3 buat inet murahhhhhhhhhh abiesssssssssssssssssssssssss.. kuencennnnnngggggggg pula.. huahuahuhaua

Comments are closed.