Panduan memilih Canon IXUS generasi baru

Canon IXUS (atau Powershot SD series) adalah seri kamera saku modis dengan desain berkelas yang ekslusif. Seri kamera saku premium ini memang punya banderol harga diatas rata-rata kamera saku biasa, meski memang ditunjang oleh fitur dan kualitas yang cukup sepadan. Belum lagi adanya dukungan asesori lengkap seperti underwater case khusus yang bisa menjadikan IXUS ini dipakai memotret di dalam air. Dalam perjalanan sejarah generasi IXUS ini, kini telah banyak varian baru yang masih saja membingungkan mereka yang sedang mencari IXUS mana yang mereka sukai. Alhasil, umumnya pembeli hanya memilih IXUS dari desain bodinya, dan urusan spesifikasi itu masalah belakangan. Salahkah? Tidak juga. Tapi alangkah lebih baik bila kita bisa mengenal dulu seperti apa jajaran IXUS baru yang tersedia di pasaran, barulah menjatuhkan pilihan untuk membeli yang terbaik menurut kita.

Silsilah keluarga besar IXUS (from DCRP review)
Silsilah keluarga besar IXUS (from DCRP review)

Syukurlah IXUS generasi baru ini semuanya telah dilengkapi dengan fitur Image Stabilizer, sehingga pilihan bisa difokuskan kepada spesifikasi lainnya seperti lensa, layar LCD dan keberadaan optical viewfinder. Mengingat tren megapiksel kini telah berada di kisaran 8 MP ke atas, maka jajaran IXUS baru ini memang (suka atau tidak) memiliki pixel density yang amat rapat pada keping sensor CCDnya. Tingginya resolusi pada keping sensor yang kecil tentu punya sumbangsih besar akan tingginya noise dan penurunan dynamic range. Untuk itu saya tidak membahas kemampuan ISO tinggi pada IXUS baru ini, dengan asumsi semuanya akan menghasilkan noise di ISO 400 keatas (adakah dari kita yang memotret memakai ISO 1600 memakai kamera saku?).

Inilah dia, jajaran IXUS terbaru yang tersedia di pasaran :

IXUS 80 (SD 1100), adalah kamera saku IXUS termurah yang dijual di kisaran harga 2,2 jutaan. Faktor utama yang membuatnya murah adalah resolusinya yang ‘cuma’ 8 MP. Mengusung lensa 3x zoom dengan 38-114mm (f/2.8-4.9), IXUS 80 ini jelas bukan kamera berlensa wide. Berkat layar LCDnya yang hanya 2,5 inci, IXUS 80 masih menyediakan sedikit ruang untuk penempatan viewfinder optik yang mungkin berguna saat baterai lithiumnya mulai habis.

IXUS 85 (SD770), adalah IXUS dengan spesifikasi paling standar dengan resolusi 10 MP dan lensa 3x zoom. Lensanya pun amat typical dengan rentang 35-105mm f/2.8-4.9. Demikian juga dengan layar LCDnya yang berukuran 2,5 inci dan tentu sebuah viewfinder optik. IXUS 85 ini dijual di kisaran harga 2,6 jutaan.

IXUS 90 (SD790), adalah varian IXUS 85 namun tanpa jendela bidik optik. Sebagai gantinya, layar LCD jadi ekstra lega dengan lebar 3 inci. Tampaknya soal lensa , IXUS 85 dan IXUS 90 berbagi lensa yang sama. Dengan harga sekitar 2,8 juta, anda hanya bisa memilih IXUS 90 berwarna silver saja.

IXUS 860 (SD 870), adalah seri IXUS berlensa wide. Mengusung resolusi 8 MP, IXUS 860 ini memiliki lensa 3.8x zoom optik dengan jangkauan 28-105mm f/2.8-5.8 (ya, lensa ini termasuk lambat di posisi tele maksimum). layar LCD pada IXUS ini adalah 3 inci, lupakan soal viewfinder optik. Harga sekitar 2,7 jutaan.

IXUS 870 (SD880), adalah kelanjutan dari IXUS 860 yang juga berlensa wide. Bedanya, IXUS 870 sudah memakai resolusi Digic 4 processor dan resolusinya kini 10 MP serta zoomnya sedikit bertambah menjadi 4x zoom optik (28-112mm). Berkat Digic 4, kini IXUS 870 telah dilengkapi fitur baru bernama i-Contrast. untuk menjaga dynamic range tetap baik. Sayangnya, kamera seharga 3,5 juta ini belum dilengkapi fitur HD movie recording.

IXUS970 (SD890), adalah IXUS yang cocok bagi mereka yang mengejar zoom optik tinggi pada kamera saku. Bagaimana tidak, inilah satu-satunya seri IXUS dengan lensa 5x zoom optik, setara dengan 37-185mm f/3.2-5.7 yang tergolong lambat. Dengan resolusi standar 10 MP, IXUS 970 ini memiliki layar 2,5 inci dan tentunya sebuah optical viewfinder. Harga sekitar 3,1 jutaan.

IXUS 960 (SD950 Ti), adalah seri premium dari generasi IXUS. Dengan bodi berbalut titanium, IXUS 960 ini mengusung resolusi setinggi 12 MP dan lensa zoom 3,7 x zoom optik. Jangkauan lensa ini setara dengan 36-133mm f/2.8-5.8, cukup mengecewakan karena bukaan diafragma maksimal di posisi tele maksimum hanya f/5.8 (bandingkan dengan IXUS lainnya yang umumnya di f/4.9). IXUS 960 ini telah dilengkapi dengan viewfinder optik dan sebuah layar LCD berukuran 2.5 inci, serta dibanderol dengan harga 3,3 jutaan.

IXUS 980 (SD990), inilah seri tertinggi dan termahal dari seluruh jajaran IXUS. Dengan resolusi ambisius yaitu 14 MP, IXUS 980 ini terpaksa dijual dengan harga kelewat tinggi yaitu sekitar 4,8 juta. IXUS 980 adalah penerus IXUS 960 yang memakai Digic 4 dan memiliki spesifikasi lensa yang sama. Seperti IXUS lain yang memakai Digic 4, IXUS inipun belum menyediakan fitur HD movie recording, sayang seribu sayang.

IXUS 860IS
IXUS 860IS

Lantas, manakah diantara semua seri IXUS baru di atas yang saya sukai? Personally, saya suka lensa wide. Oleh karena itu IXUS 860 dan IXUS 870 telah membuat saya jatuh hati. Naun saya tidak perlu resolusi hingga 10 MP pada sebuah kamera saku, apalagi bila disertai harga yang jadi lebih tinggi. Oleh karena itu IXUS 860 dengan 8 MP lebih menarik bagi saya, apalagi perbedaan zoomnya dengan IXUS 870 hanya beda tipis. Soal Digic III vs Digic 4, tampaknya juga tidak ada perbedaan signifikan, terlebih Digic 4 belum mendukung fitur movie HD. Dengan harga IXUS 860 yang berkisar di 2,7 juta, rasanya masih tergolong wajar dan berimbang antara harga dan kualitas. Namun anda tidak harus sepaham dengan saya, bisa jadi anda perlu lensa zoom hingga 5x atau (karena suatu alasan tertentu) perlu kamera dengan resolusi hingga 14 MP. Anda tentu punya pilihan sendiri kan?

Update : Panduan lain dalam memilih Ixus bisa dibaca di Cnet Australia yang memberi gambaran lengkap plus skor penilaian seperti tampak pada gambar berikut ini :

Skor Ixus versi Cnet
Skor Ixus versi Cnet
Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

31 thoughts on “Panduan memilih Canon IXUS generasi baru”

  1. heheheh.. trus dengan budget 3,5jt komplit plus casing underwater kira kira ambil ixus apa ya mas?? soalnya saya kurang paham harga casing underwater,,,,, browsing harga casing underwater kok susah ya?

    1. Underwater case canon yg asli itu mahal lho, seharga bodi kamera sendiri. Mending beli kamera dulu lalu casingnya nanti. Ixus sekarang 2-3 jutaan banyak dan bagus kok.

    2. aq mo jual camera canon ixus 860 is msih mulus 98% cma ga da dus ma kabel data ja…aq kluarin dengan harga Rp 2000.000 ja klo da yg minat hub ke no 08882183418

  2. Saya ingin beli kamera digital tapi bingung mau milih yang mana. ada 2 pilihan yang sesuai dengan budget saya yaitu canon ixus 105 is dan panasonic lumix fs62. Dari 2 merk kamera digital tersebut kira-kira mana lebih bagus kualitasnya? mohon sarannya, terima kasih

Comments are closed.