Panduan memilih Canon IXUS generasi baru

Canon IXUS (atau Powershot SD series) adalah seri kamera saku modis dengan desain berkelas yang ekslusif. Seri kamera saku premium ini memang punya banderol harga diatas rata-rata kamera saku biasa, meski memang ditunjang oleh fitur dan kualitas yang cukup sepadan. Belum lagi adanya dukungan asesori lengkap seperti underwater case khusus yang bisa menjadikan IXUS ini dipakai memotret di dalam air. Dalam perjalanan sejarah generasi IXUS ini, kini telah banyak varian baru yang masih saja membingungkan mereka yang sedang mencari IXUS mana yang mereka sukai. Alhasil, umumnya pembeli hanya memilih IXUS dari desain bodinya, dan urusan spesifikasi itu masalah belakangan. Salahkah? Tidak juga. Tapi alangkah lebih baik bila kita bisa mengenal dulu seperti apa jajaran IXUS baru yang tersedia di pasaran, barulah menjatuhkan pilihan untuk membeli yang terbaik menurut kita.

Silsilah keluarga besar IXUS (from DCRP review)
Silsilah keluarga besar IXUS (from DCRP review)

Syukurlah IXUS generasi baru ini semuanya telah dilengkapi dengan fitur Image Stabilizer, sehingga pilihan bisa difokuskan kepada spesifikasi lainnya seperti lensa, layar LCD dan keberadaan optical viewfinder. Mengingat tren megapiksel kini telah berada di kisaran 8 MP ke atas, maka jajaran IXUS baru ini memang (suka atau tidak) memiliki pixel density yang amat rapat pada keping sensor CCDnya. Tingginya resolusi pada keping sensor yang kecil tentu punya sumbangsih besar akan tingginya noise dan penurunan dynamic range. Untuk itu saya tidak membahas kemampuan ISO tinggi pada IXUS baru ini, dengan asumsi semuanya akan menghasilkan noise di ISO 400 keatas (adakah dari kita yang memotret memakai ISO 1600 memakai kamera saku?).

Inilah dia, jajaran IXUS terbaru yang tersedia di pasaran :

IXUS 80 (SD 1100), adalah kamera saku IXUS termurah yang dijual di kisaran harga 2,2 jutaan. Faktor utama yang membuatnya murah adalah resolusinya yang ‘cuma’ 8 MP. Mengusung lensa 3x zoom dengan 38-114mm (f/2.8-4.9), IXUS 80 ini jelas bukan kamera berlensa wide. Berkat layar LCDnya yang hanya 2,5 inci, IXUS 80 masih menyediakan sedikit ruang untuk penempatan viewfinder optik yang mungkin berguna saat baterai lithiumnya mulai habis.

IXUS 85 (SD770), adalah IXUS dengan spesifikasi paling standar dengan resolusi 10 MP dan lensa 3x zoom. Lensanya pun amat typical dengan rentang 35-105mm f/2.8-4.9. Demikian juga dengan layar LCDnya yang berukuran 2,5 inci dan tentu sebuah viewfinder optik. IXUS 85 ini dijual di kisaran harga 2,6 jutaan.

IXUS 90 (SD790), adalah varian IXUS 85 namun tanpa jendela bidik optik. Sebagai gantinya, layar LCD jadi ekstra lega dengan lebar 3 inci. Tampaknya soal lensa , IXUS 85 dan IXUS 90 berbagi lensa yang sama. Dengan harga sekitar 2,8 juta, anda hanya bisa memilih IXUS 90 berwarna silver saja.

IXUS 860 (SD 870), adalah seri IXUS berlensa wide. Mengusung resolusi 8 MP, IXUS 860 ini memiliki lensa 3.8x zoom optik dengan jangkauan 28-105mm f/2.8-5.8 (ya, lensa ini termasuk lambat di posisi tele maksimum). layar LCD pada IXUS ini adalah 3 inci, lupakan soal viewfinder optik. Harga sekitar 2,7 jutaan.

IXUS 870 (SD880), adalah kelanjutan dari IXUS 860 yang juga berlensa wide. Bedanya, IXUS 870 sudah memakai resolusi Digic 4 processor dan resolusinya kini 10 MP serta zoomnya sedikit bertambah menjadi 4x zoom optik (28-112mm). Berkat Digic 4, kini IXUS 870 telah dilengkapi fitur baru bernama i-Contrast. untuk menjaga dynamic range tetap baik. Sayangnya, kamera seharga 3,5 juta ini belum dilengkapi fitur HD movie recording.

IXUS970 (SD890), adalah IXUS yang cocok bagi mereka yang mengejar zoom optik tinggi pada kamera saku. Bagaimana tidak, inilah satu-satunya seri IXUS dengan lensa 5x zoom optik, setara dengan 37-185mm f/3.2-5.7 yang tergolong lambat. Dengan resolusi standar 10 MP, IXUS 970 ini memiliki layar 2,5 inci dan tentunya sebuah optical viewfinder. Harga sekitar 3,1 jutaan.

IXUS 960 (SD950 Ti), adalah seri premium dari generasi IXUS. Dengan bodi berbalut titanium, IXUS 960 ini mengusung resolusi setinggi 12 MP dan lensa zoom 3,7 x zoom optik. Jangkauan lensa ini setara dengan 36-133mm f/2.8-5.8, cukup mengecewakan karena bukaan diafragma maksimal di posisi tele maksimum hanya f/5.8 (bandingkan dengan IXUS lainnya yang umumnya di f/4.9). IXUS 960 ini telah dilengkapi dengan viewfinder optik dan sebuah layar LCD berukuran 2.5 inci, serta dibanderol dengan harga 3,3 jutaan.

IXUS 980 (SD990), inilah seri tertinggi dan termahal dari seluruh jajaran IXUS. Dengan resolusi ambisius yaitu 14 MP, IXUS 980 ini terpaksa dijual dengan harga kelewat tinggi yaitu sekitar 4,8 juta. IXUS 980 adalah penerus IXUS 960 yang memakai Digic 4 dan memiliki spesifikasi lensa yang sama. Seperti IXUS lain yang memakai Digic 4, IXUS inipun belum menyediakan fitur HD movie recording, sayang seribu sayang.

IXUS 860IS
IXUS 860IS

Lantas, manakah diantara semua seri IXUS baru di atas yang saya sukai? Personally, saya suka lensa wide. Oleh karena itu IXUS 860 dan IXUS 870 telah membuat saya jatuh hati. Naun saya tidak perlu resolusi hingga 10 MP pada sebuah kamera saku, apalagi bila disertai harga yang jadi lebih tinggi. Oleh karena itu IXUS 860 dengan 8 MP lebih menarik bagi saya, apalagi perbedaan zoomnya dengan IXUS 870 hanya beda tipis. Soal Digic III vs Digic 4, tampaknya juga tidak ada perbedaan signifikan, terlebih Digic 4 belum mendukung fitur movie HD. Dengan harga IXUS 860 yang berkisar di 2,7 juta, rasanya masih tergolong wajar dan berimbang antara harga dan kualitas. Namun anda tidak harus sepaham dengan saya, bisa jadi anda perlu lensa zoom hingga 5x atau (karena suatu alasan tertentu) perlu kamera dengan resolusi hingga 14 MP. Anda tentu punya pilihan sendiri kan?

Update : Panduan lain dalam memilih Ixus bisa dibaca di Cnet Australia yang memberi gambaran lengkap plus skor penilaian seperti tampak pada gambar berikut ini :

Skor Ixus versi Cnet
Skor Ixus versi Cnet

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

31 thoughts on “Panduan memilih Canon IXUS generasi baru”

  1. saya baru aja beli Canon IXUS 870 IS. Harganya turun 100rb. Hasil fotonya memang luar biasa. Ada fitur i-Contrastnya juga.

  2. Mas,diatas ditulis kalau canon ixus80is yg pling murah . Apa kalau dibedakan dengan ixus870 beda jauh ya? Apa ixus80is ada i-contrast ?Dan berapa harga ixus80 sekarang?Terima kasih

  3. Mas sekarang harga ixus 80is itu berapa .?Kalau 2.2juta itu kan harga dulu ! Kalau sekarang berapa harganya ?
    Trims.

    Saya tidak mungkin update harga tiap saat mengingat ini bukan blog jual beli. Untuk info harga bisa lihat toko online. Ixus 80 sudah dibawah 2 juta skrg.

  4. Setahu saya IXUS 80 masih di harga 2,1 – 2,2jt tuh belum dibawah 2jt. Thanks ya info-nya, semakin mantap nih ambil IXUS 860IS keliatannya paling balance antara harga dan kualitas.

  5. saya pakai ixus 860 IS sejak 2008 ____ sip semuanya … bebas berexxpresi___ batrei nya ada yang jual tdk ya ?? berapa harganya … trims

  6. Kamis tanggal 2 April ini saya kamera kesayangan saya IXUS 850 IS terkena air, yang langsung saya bawa ke canon service center yang di jalan angkasa saat itu juga. Hari senin, tanggal 6 April ini saya coba telpon ke sana, sepertinya belum dikerjakan. Kemudian tanggal 8 saya mendapat SMS yang menyatakan bahwa biasa perbaikan 850IS saya adalah 3,372,600!! Harga yang sama sekali tidak masuk akal saya.

    Yang ingin saya tanyakan di sini adalah, bagaimana seharusnya penanganan kamera yang terkena air? Apakah ada peluang selamat? Apakah jika saat itu tidak saya serahkan ke canon service center dengan prosedur baku-nya, tapi saya bawa ke tempat service biasa untuk langsung dibongkar dan dikeringkan, apakah akan bisa selamat karena penanganan segera?

    Lalu, jika saya ingin mencari gantinya (saya suka sekali IXUS 850 IS tersebut), dan pertimbangan saya saat ini adalah:
    1. IXUS 870 IS (3.449.900 – jpckemang)
    2. IXUS 970 IS (2.549.900 – jpckemang)
    3. IXUS 860 IS (2.099.900 – jpckemang)
    Apa rekomendasi dari Mas Gaptek?

    Yang sangat suka dari 850IS itu adalah penampilan fisiknya yang full metal dan tidak terlalu ada lengkung seperti 960 IS, sementara di 860 IS itu ada bagian yang terbuat dari plastik, walaupun untuk harga termasuk sangaaaaaaat murah.

    Oia Mas Gaptek, mengapa harga IXUS 870 IS itu bisa dibilang tidak turun yah, dibandingkan dengan yang lain di posting Mas Gaptek per November 2008 ini.

    Mohon pencerahan, terima kasih sebelumnya.

  7. thank atas review-nya.
    saya juga lagi cari2 DC yang bagus
    di pameran Komputek di Java Mall semarang hari ini (15/06/2009) saya ditawarin IXUS-860 IS dengan harga 2,2 jt, IXUS-85 IS = 2 jt dan IXUS-80 IS = 1,9 jt ( semuanya ada bonus : case dan SD 4 GB .
    Bgmn Mas Gaptek…???

  8. Mas Gaptek yang banyak tahu…
    mw nax nih… saya lagi cari kamera canon ixus atw powershot yang pux casing underwater+ada manualx P/A/S/M. kira2 yang mana yah…? harga 2-3jt

  9. apakah semua ixus punya fitur color accent & color swap?
    kalo Lumix punya fitur itu gak? kalo’ada, yang seri apa ya?
    tqtq

    1. Fitur merubah warna memang khas canon dan di lumix tampaknya tdk ada. Menurut saya itu bukan fitur penting dan bisa dilakukan di software.

  10. mas gaptek, apa artikel mengenai CHDK sudah pernah dimuat di sini?

    Canon Hack Development Kit

    saya yakin akan sangat berguna buat canoners yg pake pocket camera

  11. Gw beli ixus 960is titanium made in japan 12,1mp + 2gb + case aja
    Dr org hanya 1,4jt..super murah.
    Wew HASIL FOTO + VIDEO NYA CANON MEMANG MANTAB
    Ada menu underwater gambarnya ikan

  12. waduh makin bingung aja beli kamera digital, apalagi dgn budget minim only 1,5 jutaan, dapat kamera apa yah segini

  13. Saya pribadi suka dengan IXUS 980 IS..

    Modus manualnya (M) LUAR BIASA sekali… (untuk seukuran camera digital pocket lho ya…) 5 jempol buat canon..!!
    untuk ukuran camera pocket, speed lensanya tergolong maknyuus dan menghasilkan gambar yang oke.
    menghasilkan noise sedikit dan hampir tidak kelihatan di ISO 400, di ISO 800 lumayan kelihatan, kalau diatas 800 memang sudah jelas terlihat.

    Jika anda sering menggunakan fitur AUTO atau SCN,
    ya jangan berharap lebih dengan kamera ini, perbedaan dari semua seri terlihat “hampir” sama, bedanya 980 IS bisa menghasilkan resolusi 14 MP dan gambar yang lebih bagus dari seri sebelumnya..

    jika mau dibandingkan dengan olympus, sony, atau nikon dengan yang sejenis.. jaauuhhhh sekali.. tetap canon yang terbaik.. yang hampir menyamai hanya panasonic lumix spec sejenis, tapi jangan dibandingkan dengan merk lain selain yang saya sebutkan diatas ya.. sudah jelas nggak sekelas banget deh.. ya canon tetap yang terbaik..

    kalau anda lebih suka menggunakan fitur video atau hd video.. ya jangan beli camera digital.. beli aja handycam.
    karena sebagus apapun fitur video di camera digital, jelas masih tetap kalah dengan handycam..

    camera digital ya tetap berfokus pada kemampuan membekukan gambar, bukan merekam gambar bergerak.. walau sekarang ada yang mendukung fitur hd video, itu sebagai pelengkap perkembangan teknologi saja..

    kronologinya seperti pada handphone, sebagus apapun camera di HP, setinggi apapun pixel yang sudah dapat dicapai, dan sebagus apapun lensanya, seperti menggunakan carl Zeis, dst.. dst…
    Tapi apa yang didapat?? noise tetap tinggi sekali, pada kondisi kurang cahaya.. fokus amburadul, speed??? yah.. mengecewakan, hasilnya?? udah sukur bisa pas-pasan banget… hehehehe…

    ini hanya opini dan pendapat dari saya yang sudah mencoba dengan maksimal IXUS 980 IS.. mudah2an bermanfaat…

    mau yang lebih oke lagi?? coba canon EOS D1S Mark III pasti hasilnya nggak bisa dibandingkan dengan yang lain.. hehehehehehe….

  14. mas..ixus 100 gmn? di focus nusantara 1.990.000..ada yg lebih murah ngk.??hehehe…

  15. saya punya 80 is, yg saya gak suka dari brg ini adalah auto flashnya, jadi kalo siang2 kadang blitsnya gak nyala, karena dianggap sudah cukup oleh auto nya, padahal kalo agak melawan cahaya, muka pasti agak gelap, bisa gak sih auto nya dimatiin? jadi keluar blits terus gitu, walau siang hari
    trus dari kamera ixus 860 , ada gak sih fitur mematikan auto blitsnya?
    versi brp yg ada? soalnya sebel bgt tuh kalo motret siang muka agak gelap karena blits gak keluar
    mohon pencerahan, thx

  16. Mas gaptek yang nggak gaptek…
    saya mau beli camdig budget 3,5jt an… apa ya??? uhm binggung antar Canon Powershot D10 and ixus…. katanya D10 cuma menang di underwater saja? kualitas gambar jelek/…

    trus katanya kalau ixus meskipun pakai casing underwater masih tetep riskan kalau kena air ataupun digunakan di air..

    1. Kamera underwater memang agak kurang tajam dibanding kamera biasa, mending beli Ixus dikasi underwater asli (kalo yg resmi/asli mestinya sih gak usah kuatir kemasukan air).

Comments are closed.